Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartphone Rp4 Jutaan

Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartphone Rp4 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Smartphone direntang harga Rp4 jutaan hingga Rp5 jutaan, merupakan smartphone kelas menengah, yang tentunya smartphone ini telah dibekali spesifikasi mumpuni.

Jelasnya deretan smartphone harga Rp1 juta hingga Rp3 jutaan memang bisa jadi pilihan, untuk menunjang aktivitas komunikasi penggunanya karena harga yang ditawarkan. Namun terkadang spesifikasi yang diusung masih kurang sesuai dengan kebutuhan, sehingga beralih ke smartphone Rp4 jutaan.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel Rp4 jutaan sudah cukup mumpuni, baik untuk tugas ringan sehari-hari, maupun tugas menengah hingga berat yang sesekali dibutuhkan penggunanya.

Di Editor’s Choice 2021, Selular pun memiliki nominasi yang cukup memiliki tempat di kelasnya, dan sudah tak diragukan lagi kemampuannya, berikut nominasi dan pemenangnya:

Oppo Reno6
Infinix Zero X Pro
Realme GT Master Edition
Xiaomi 11T

Oppo Reno6
Oppo Reno6 menyematkan empat kamera belakang beresolusi 64MP, lensa wide 8MP, lensa makro 2MP dan lensa mono 2MP. Sementara kamera selfienya beresolusi 44MP.

Dapur pacunya, Reno6 diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Tak ketinggalan, fitur gaming juga tidak pernah absen dari Reno series. Fitur game pada Reno6 telah ditingkatkan seperti Quick Startup, Game Focus Mode, dan teknologi Hyperboost 4.0 dari Oppo sehingga mampu memberikan kinerja optimal ketika bermain game.

Oppo Reno6 dibekali layar AMOLED 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz. Sistem operasi yang digunakan Reno6 adalah ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Sumber energinya, Reno6 disokong baterai besar 4310 mAh. Didukung teknologi 50W Flash Charge, ponsel ini dapat terisi daya 100% hanya dalam waktu 45 menit.

Infinix Zero X Pro
Infinix Zero X Pro hadir dengan teknologi kamera 60x Telescope Zoom, dan sudah dilengkapi flash depan ganda 16MP dan teknologi pemotretan AI yang disempurnakan untuk menangkap selfie.

Untuk video Zero X Pro menawarkan video dengan gerakan super lambat 960fps dan selang waktu 4K.

Beranjak ke soal performa, Infinix Zero X Pro dibekali prosesor octa-core 64-bit dengan dua inti kinerja ARM Cortex A-76, enam CPU inti Cortex-A55 yang masing-masing memiliki clock 2,05GHz dan 2GHz. MediaTek Helio G95 juga dilengkapi GPU ARM Mali-G76 MP4.
Infinix Zero X Pro dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh dengan teknologi pengisian cepat 45W.

Realme GT Master Edition
Realme GT Master Edition ditenagai prosesor Snapdragon 778G 5G yang menggunakan teknologi proses TSMC 6nm.

Realme GT Master Edition memiliki varian memori RAM 8GB + 256GB. Pada sektor layarnya pun sudah mengusung panel AMOLED yang memiliki kemampuan refresh rate 120Hz.

Tak ketinggalan, tersematkan satu buah lensa bergaya punch hole di bagian kiri layar dengan resolusi 32MP.Sedangkan untuk kamera belakang terdapat skema Triple Camera yang dipunggawai oleh 64MP main camera, 8MP ultrawide, dan 2MP macro.

Seluruh aktivitas di realme GT Master Edition turut ditopang oleh baterai sebesar 4.300mAh + 65W SuperDart Charge.

Xiaomi 11T
Dan dari nominasi untuk Best Smartphone RP4 jutaan, tahun ini salah satu seri smartphone Xiaomi menjadi juaranya, yakni Xiaomi 11T. Xiaomi 11T berjalan pada Android 11 dengan MIUI 12.5 di atasnya, dan menampilkan layar AMOLED datar 6,67 inci dengan kecepatan refresh 90Hz.

Smartphone ini didukung oleh octa-core MediaTek Dimensity 1200-Ultra SoC, bersama dengan 8GB RAM sebagai standar. Xiaomi 11T hadir dengan penyimpanan internal hingga 256GB.

Xiaomi 11Tdilengkapi dengan pengaturan tiga kamera belakang yang menampung sensor utama 108 megapiksel, lensa ultra lebar 8 megapiksel, dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 120 derajat, dan penembak telemakro dengan lensa f/2.4.

Pengaturan kamera belakang juga memungkinkan perekaman video hingga 8K dan dukungan HDR10+ “end-to-end”. Selanjutnya, ada mikrofon ketiga di samping dua mikrofon standar untuk mengaktifkan fitur yang disebut Audio Zoom. Ini disebut-sebut untuk menangkap audio dari jarak jauh.

Untuk selfie dan video chat, Xiaomi 11T memiliki sensor kamera selfie 16 megapiksel di bagian depan. Untuk konektivitas, didukung 5G , 4G LTE, Wi-Fi 6, Bluetooth v5.2, GPS/A-GPS, NFC, blaster Inframerah (IR), dan port USB Type-C. Ada juga sensor sidik jari yang dipasang di samping. Selanjutnya, ponsel ini dilengkapi dengan speaker ganda dan termasuk dukungan Dolby Atmos.

Baca Juga:Editor’s Choice: Best Smartphone Rp3 Jutaan

Xiaomi telah menyediakan baterai 5.000mAh pada Xiaomi 11T yang mendukung pengisian turbo Xiaomi 67W, dapat mengisi penuh telepon dalam 36 menit. Ponsel ini berukuran 164.1×76.9×8.8mm dan berat 203 gram.

Selular Editor’s Choice: Best Smartphone Rp4 JutaanXiaomi 11T sangat memumpuni untuk menjawab kebutuhan aktivitas sehari-hari, dan ideal bagi pengguna yang mobile.

Simak video berikut ini: