Klarifikasi Huawei Terkait Ancaman Malware di Aplikasi App Gallery

Klarifikasi Huawei Terkait Ancaman Malware di Aplikasi App Galery

Jakarta, Selular.ID – Usai perusahaan keamanan cyber Doctor Web Anti-virus mengungkapkan bahwa toko aplikasi Huawei bernama App Gallery mempunyai sekitar 190 aplikasi yang telah terinfeksi malware jenis trojan Cynos, raksasa teknologi China bergegas menangani dan mengumumkan platformnya kini sudah bebas dari trojan.

Huawei melakukan gerak cepat setelah mendapatkan kabar bahwa platform distribusi aplikasi App Gallery terdapat malware trojan bahaya berjenis Cynos, yang telah diklarifikasi oleh Huawei bahwa aplikasi-aplikasi di App Galery sudah bersih dari trojan dan aman untuk diunduh kembali.

Huawei berkerjasama dengan para pengembang aplikasi yang telah terkena dampak dari trojan Cynos ini untuk segera menuntaskan permasalahan tersebut. Sebelumnya perusahaan melakukan tindakan pertama dengan menghapus aplikasi yang terkena malware bahaya tersebut.

“Kami bisa mengonfirmasi jika aplikasinya kini sudah bersih. Aplikasi tersebut akan dipajang kembali di App Gallery sehingga konsumen bisa mengunduh kembali aplikasi favoritnya,” ucap Huawei.

Trojan ini tak hanya menyerang pengguna yang mengatur perangkat mereka dengan bahasa Inggris, tapi juga game berbahasa Rusia dan China.

Doctor Web selaku pendeteksi aplikasi yang mengandung trojan bernama Android.Cynos.7.origin mengungkap bahwa malware berusaha untuk mencuri informasi perangkat dan nomor telepon korban,karena kebanyak adalah aplikasi game hal ini berbahaya saat dimainkan anak-anak.

Setelah kejadian tersebut Huawei mengungkapkan bahwa, mereka semakin mengenjot usaha dalam menjaga  keamanan dan privasi pengguna, lalu Huawei akan selalu membuka ruang untuk informasi yang di berikan oleh pihak ketiga.

“Menjaga keamanan jaringan dan privasi pengguna adalah prioritas Huawei. Kami menyambut baik semua pengawasan dan tanggapan dari pihak ketiga, dan pada waktu yang sama kami juga memasang teknologi paling inovatif dan canggih untuk menjaga privasi pengguna,” lanjutnya.

Doctor Web juga mengungkapkan 3 aplikasi yang terinfeksi Trojan Cynos, dengan pengunduhan terbanyak di App Galery, Diantaranya Hurry Up and Hide – 2 juta kali di-download, Cat Adventures – 427 ribu kali di-download, Drive School Simulator – 142 ribu kali di-download.

Dari ketiga aplikasi tersebut adalah game mobile yang sebenarnya masih ada 187 aplikasi lagi yang jika ditotal secara keseluruhan mendapatkan 9 juta kali pengunduhan.