spot_img
BerandaNewsSecurityRatusan Aplikasi di AppGallery Huawei Disusupi Malware Berbahaya

Ratusan Aplikasi di AppGallery Huawei Disusupi Malware Berbahaya

-

Jakarta, Selular.ID – Malware mengintai AppGallery milik Huawei, toko aplikasi AppGallery resminya setelah menerima laporan dari perusahaan keamanan Rusia Dr.Web bahwa aplikasi tersebut berisi katalog monetisasi yang terlalu agresif yang mengumpulkan detail ekstensif dari perangkat pengguna.

Malware trojan ini sebelumnya ditemukan pada aplikasi Android sejak 2014 lalu. Ia berfungsi mengumpulkan beberapa data sensitif seperti nomor ponsel, lokasi, jejaring seluler, dan akses poin Wifi.

Dr. Web dalam laporannya seperti dilaporkan Tech Radar, bahwa game-game yang mengandung trojan bernama Android.Cynos.7.origin ini sudah di-install lebih dari 9 juta kali.

Huawei untuk sementara menghapus 190 game Android. Huawei mengatakan sekarang bekerja dengan pengembang aplikasi untuk menyelidiki apakah pengumpulan data telah terjadi di belakang mereka dan menemukan perpustakaan monetisasi pengganti.

Trojan ini tak hanya menyerang pengguna yang mengatur perangkat mereka dengan bahasa Inggris, tapi juga game berbahasa Rusia dan China.

Peneliti mengungkap bahwa celah kerentanan seperti nomor telepon perangkat memang bisa dibilang masalah kecil. Akan tetapi, itu tetap merugikan pengguna karena game tersebut banyak dimainkan oleh anak-anak.

Baca Juga:Tumbuh Pesat, Huawei AppGallery Tambah Jutaan Pengembang

Para peneliti Doctor Web sendiri sudah melaporkan celah tersebut kepada Huawei. Untungnya, aplikasi tersebut sudah dihapus dari AppGallery.

Meskipun game telah dihapus dari toko aplikasi resmi, game tersebut masih diinstal di perangkat pengguna, dan pengguna harus mencopot pemasangannya secara manual.

Artikel Terbaru