spot_img
BerandaNewsKorea Selatan Uji Transpotasi Umum Berbasi Urban Air Mobility

Korea Selatan Uji Transpotasi Umum Berbasi Urban Air Mobility

-

Jakarta, Selular.ID – Korea Selatan dilaporkan kini mulai menguji kendaraan mobilitas udara perkotaan (urban air mobility/UAM). Uji coba dilakukan guna melihat apakah moda transportasi baru tersebut bisa digunakan untuk perjalanan antar bandara utama.

“Karena UAM diharapkan menjadi salah satu alat transportasi umum yang digunakan warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat penting bagi kami untuk menguji dan mencoba layanan UAM di berbagai lingkungan,” kata Menteri Perhubungan Korea Selatan, Noh Hyeong-ouk.

Keunggulan dari taksi udara ini ialah memangkas waktu perjalanan antara bandara-bandara utama, yang konon kabarnya mampu mengurangi waktu perjalanan untuk jarak antara 30 hingga 50 kilometer dari durasi 1 jam menjadi hanya 20 menit melalui udara.

Dalam penggujian ini melibatkan pilot yang menerbangkan model dua kursi yang dibuat oleh Volocopter Jerman di bandara Gimpo Seoul untuk menjajal kontrol dan koordinasi. UAM yang dimaksud adalah berbasis VTOL (vertical take off and landing) dan menampilkan helikopter seperti rotor.

Dan yang paling menariknya lagi, kendaraan khusus transpotasi ini pun bisa beroperasi secara otonom. Meski canggih faktanya pejabat kementerian tetap meminta untuk masih mengandalkan pilot, guna mengendalikan pesawat dan juga demi memastikan keselamatan penumpang di dalam pesawat, yang juga penting untuk menarik masyarakat umum terhadap moda perjalanan baru ini.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru