Ini Gebrakan Wajib Dilakukan Penyedia Logistik Sukses Terhubung Pelanggan

Ini Gebrakan Wajib Dilakukan Penyedia Logistik Sukses Terhubung Pelanggan

Jakarta, Selular.ID – Mitra Bukalapak dari Bukalapak, memperkenalkan fitur Agen BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak. Fitur ini pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dapat menjadi agen pengiriman barang untuk sejumlah jasa penyedia logistik di tanah air, yaitu SiCepat Ekspres, J&T Express, Lion Parcel, Ninja Xpress, Anteraja dan Grab tanpa harus mengumpulkan modal.

Victor Lesmana, President Commerce & Fintech Bukalapak menuturkan sejak diluncurkan di aplikasi Mitra Bukalapak, jumlah Agen BukaSend sudah mencapai lebih dari 12.000 dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

“Situasi pandemi telah mendorong perkembangan industri e-commerce sebagai sarana masyarakat Indonesia memenuhi berbagai kebutuhan. Semakin pesatnya pengembangan infrastruktur oleh pemerintah, menyediakan titik-titik pengambilan barang offline dalam jumlah besar telah menjadi salah satu tantangan utama bagi pelaku bisnis logistik Indonesia. Seiring dengan hal tersebut peran teknologi kian besar dalam membantu para pelaku industri logistik menjawab kebutuhan ini dengan lebih efisien”, ujar Victor.

Baca Juga: KargoNexus Tangkap Peluang Pengelolaan Data Logistik

Victor melanjutkan bahwa tantangan ini disebabkan oleh sulitnya membangun jaringan
konektivitas di Indonesia. Meskipun terdapat 270 juta jiwa, Indonesia hanya memiliki 4.800 kantor pos, dan kurang dari 30.000 kantor cabang bank, juga kurang lebih 100.000 ATM, walaupun terdapat lebih dari 100 bank komersial.

Karenanya, menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan, yang berkontribusi terhadap lebih dari ⅔ GDP Indonesia, menjadi sangat sulit.

Fitur agen BukaSend ini diharapkan dapat membantu para Mitra Bukalapak mengembangkan bisnisnya sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Fitur baru ini juga memberikan solusi bagi para penyedia jasa logistik untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai pelosok tanah air melalui titik-titik penjemputan barang yang disediakan oleh para Mitra Bukalapak.

“Sebagai salah satu perusahaan logistik tanah air yang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia akan pengiriman barang yang cepat dan aman, SiCepat melihat kerjasama dengan BukaSend sebagai perwujudan komitmen tersebut. Misi dari Mitra Bukalapak untuk membantu teman-teman UMKM yang tergabung di Mitra Bukalapak melalui fitur agen BukaSend ini juga menjadi nilai tambah bagi kami sebagai mitra rekanan BukaSend”, ujar Vonny Rayau, Senior Sales Manager E-Commerce SiCepat.

Baca Juga: Pendapatan Bukalapak Tumbuh 37 Persen, Tapi Harga Saham Makin Anjlok

Sementara itu, Stevan Valentino, Manager E-Commerce Relations J&T, mengemukakan dengan perkembangan yang terjadi bersama Mitra Bukalapak, J&T berhasil menghemat biaya pick-up dengan coverage yang lebih luas.

“Hal penting lainnya adalah pick-up service dari J&T yang semakin bisa dioptimalkan melalui kemitraan ini. Pick-up service ini tentunya menjadi solusi bagi para pengguna J&T agar bisa terus melakukan pengiriman barang dengan aman dan nyaman di tengah pandemi,”ujarnya.