spot_img
BerandaNewsE-CommerceIni yang Dilakukan GoTo Guna Tingkatkan Daya Saing UMKM Lokal Maju Digital

Ini yang Dilakukan GoTo Guna Tingkatkan Daya Saing UMKM Lokal Maju Digital

-

Jakarta, Selular.ID – GoTo, melalui ekosistem Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial berupaya meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal lewat pemanfaatan teknologi agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs Grup GoTo, mengatakan, selama pandemi, solusi dari Grup GoTo telah membantu UMKM dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia hingga 2% PDB.

“Hal ini mendorong kami untuk berkolaborasi dengan mitra strategis, menghadirkan berbagai inisiatif turunan gerakan #BangkitBersama untuk memperkuat kontribusi Grup GoTo terhadap Indonesia, salah satunya dengan Konferensi Nasional Maju Digital.”ujar Nila, baru-baru ini.

Dijelaskan Nila, konferensi Nasional Maju Digital menghadirkan belasan sesi edukatif dan inspiratif, dibawakan oleh sejumlah ahli dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta skala usaha. Masyarakat, terutama pegiat UMKM lokal, bisa mengikuti konferensi ini secara gratis.

“Konferensi Nasional Maju Digital ini merupakan salah satu langkah konkretnya. Konferensi nasional UMKM lokal terbesar dan pertama dari GoTo menargetkan belasan ribu UMKM untuk mengikuti berbagai sesi dengan berbagai topik dalam satu hari. Kami berharap inisiatif akbar ini bisa mendorong kapasitas para pelaku UMKM Indonesia lewat pemerataan pengetahuan berbisnis,” tambah Nila.

Menurut Nila, sebagai perpanjangan dari Konferensi Nasional Maju Digital, GoTo juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal dengan menggelar Kelas Maju Digital di Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Jabodetabek dan akan terus bertambah di kota-kota lainnya.

“Setiap bulannya, Kelas Maju Digital memberikan pendampingan dan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan bagi UMKM lokal. Mereka juga bisa berbagi wawasan dengan UMKM lainnya lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG) dan Keluarga Tokopedia (K-Top),” jelas Nila.

Selama pandemi, lebih dari 4 juta mitra usaha tergabung di ekosistem GoTo – yaitu Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Mengingat UMKM penyokong >60% terhadap PDB Indonesia, maka akses terhadap ilmu keterampilan usaha menjadi prioritas agar UMKM dapat terus berkontribusi memulihkan ekonomi dalam negeri.

Burgreens-Green Rebel, Utama Spice serta Hairnerds Professional merupakan contoh UMKM lokal yang telah merasakan manfaat dari produk dan solusi ekosistem GoTo. Di sisi lain, Burgreens-Green Rebel juga berpartisipasi sebagai pembicara dalam rangkaian Konferensi Nasional Maju Digital.

Helga Angelina, Co-Founder dan CEO Burgreens & Green Rebel Foods, mengatakan, peran digitalisasi sangat penting untuk bisnis yang tadinya usaha rumahan menjadi bisnis kuliner dengan skala seperti sekarang, terutama selama pandemi.

“Kami mengandalkan layanan GoFood, GoPay, dan Tokopedia untuk bertahan dan bangkit. Kami berharap Konferensi Nasional Maju Digital bisa membantu UMKM di seluruh Indonesia menemukan momentumnya dan maju bersama melalui ekosistem GoTo.”jelas Helga.

Baca Juga:Empat Juta Lebih UMKM Bergabung di Ekosistem GoTo Selama Pandemi

Ria Templer, Co-Founder Utama Spice, percaya konferensi dan kelas ini dapat menjadi wadah pegiat UMKM untuk saling berbagi pengalaman serta informasi.

Ria menekankan, salah satu ekosistem GoTo, yaitu Tokopedia, menjadi titik terang ketika pandemi menyebabkan penjualan offline bisnisnya turun hingga 80%.

“Penjualan kami di Tokopedia meningkat 5 kali lipat selama pandemi,” ujarnya.

Konferensi virtual sudah digelar pada Sabtu, 13 November 2021 mulai pukul 09.00 WIB di Tokopedia Academy, YouTube Tokopedia Seller, YouTube Mitra Usaha Gojek, Tokopedia Play, dan GoPlay.

Artikel Terbaru