spot_img
BerandaNewsAndroid 12 Bakal Tersedia Untuk Layar Besar

Android 12 Bakal Tersedia Untuk Layar Besar

-

Jakarta, Selular.ID – Usai menggulirkan Android 12, Google mengumumkan Android 12L. Huruf L dimaksudkan sebagai large screen atau layar besar. Android 12L ini akan dipakai di perangkat seperti tablet, layar lipat, hingga ChromeOS.

Android 12L akan mengemas panduan baru untuk membantu pengembang mengoptimalkan aplikasi mereka untuk perangkat layar besar seperti perangkat yang dapat dilipat, tablet, dan Chromebook. Ini membawa beberapa penyempurnaan UI untuk membuat Android lebih dapat digunakan di layar besar.

Misalnya, pada perangkat dengan layar di atas 600 dp, bayangan notifikasi, layar kunci, dan permukaan sistem lainnya menggunakan tata letak dua kolom baru untuk memaksimalkan real estat layar ekstra.

Android 12L dijanjikan tersedia tahun depan. Pengujian beta akan segera tersedia di perangkat seperti Lenovo Tab P12 Pro.

Nantinya, tampilan antarmuka (UI) akan disesuaikan dengan ukuran layar. Penyesuaian ini mencakup berbagai fitur seperti notifikasi, quick settings, lockscreen, home screen, dan lainnya.

Untuk multitasking, Android 12L akan memiliki taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi lebih cepat. Kemudian fitur split screen juga lebih mudah ditemukan.

Google turut meminta pengembang untuk memperbarui aplikasi mereka agar bisa bisa lebih mudah beradaptasi dengan berbagai ukuran layar Android.
Selain itu, Google telah meningkatkan mode kompatibilitas dengan peningkatan visual dan stabilitas di Android 12L.

Google juga memberikan alat OEM untuk menyesuaikan kotak surat, memungkinkan mereka untuk mengatur warna atau perawatan kotak surat khusus, menyesuaikan posisi jendela sisipan, menerapkan sudut membulat khusus, dan banyak lagi.

Baca Juga:Android 12 Resmi Bawa Nama Makanan Penutup, Snow Cone

Perlu dicatat bahwa Android 12L kemungkinan menyertakan beberapa perubahan lebih banyak daripada yang diungkapkan Google. Perusahaan mengkategorikan ukuran compact yang dipakai di smartphone, medium untuk perangkat layar lipat dan tablet kecil, lalu Expanded yang dipakai di tablet dalam mode landscape maupun komputer.

Selain itu, Google juga akan memperingatkan pengguna jika masih ada aplikasi di Play Store yang belum dioptimalkan untuk perangkat layar besar. Lalu bakal ada daftar peringkat aplikasi (app rating) khusus layar besar mulai tahun depan di Play Store.

 

Artikel Terbaru