spot_img
BerandaNewsXiaomi Siap Untuk Produksi Kendaraan Listrik Pada Tahun 2024

Xiaomi Siap Untuk Produksi Kendaraan Listrik Pada Tahun 2024

-

Jakarta, selular.ID – Usai resmi mendaftarkan perusahaan smart car di China bulan lalu, pembuat smartphone Xiaomi disinyalir akan memproduksi mobil pintarnya secara massal pada paruh pertama tahun 2024.

Zang Ziyuan, seorang direktur di departemen pemasaran internasional Xiaomi, memposting kabar tersebut di akun Weibonya yang terverifikasi.

Mengutip dari Reuters, tanggal tersebut menjadi target utama divisi Xiaomi EV, perusahaan kendaraan listrik yang secara resmi diumumkan Xiaomi awal tahun ini.

Saham Xiaomi melonjak 5,4% dari bursa saham Tiongkok, persentase kenaikan harian terbesar sejak 12 Mei 2021, memperpanjang kenaikan untuk sesi ketiga berturut-turut. Pada bulan Maret, Xiaomi mengatakan akan berkomitmen untuk menginvestasikan $ 10 miliar di divisi mobil listrik baru selama sepuluh tahun ke depan. Perusahaan menyelesaikan pendaftaran bisnis unit EV-nya pada akhir Agustus.

“Kendaraan pintar listrik menjadi peluang bisnis terbesar pada dekade mendatang dan merupakan bagian tidak terpisahkan dari gaya hidup pintar,” ujar Lei Jun saat pengumuman nilai investasi tersebut.

Memasuki bisnis kendaraan listrik, menurut Jun, merupakan hal wajar sebagai bagian dari ekspansi ekosistem AIoT. Ia menjelaskan bahwa keputusan untuk membentuk bisnis baru diambil setelah serangkaian diskusi dengan seluruh mitra Xiaomi.

Perusahaan telah melakukan perekrutan untuk unit tersebut, meskipun belum mengungkapkan apakah akan memproduksi mobil secara mandiri atau melalui kemitraan dengan produsen mobil yang ada. Namun pada awal bulan ini, Xiaomi mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan kendaraan otonom, Deep Motion. Nilai akuisisi sekitar US$77,37 juta (Rp 1,1 triliun).

Ini bisa menjadi ancaman bagi para produsen kendaraan listrik seperti Tesla, walaupun memiliki jam terbang yang lebih lama dalam bidang kendaraan listrik. Berkaca dari gebrakan Xiaomi yang mendisrupsi pasar smartphone dan menjadi tokoh antagonis bagi vendor ponsel terkemuka di masanya seperti Sony, Nokia dan Blackberry, langkah perusahaan ke panggung smart car, bukan hal yang mustahil.

Fenomena produsen smartphone yang gencar masuk ke ranah kendaraan listrik mulai marak, karena sebelum Xiaomi, beberapa rival dari raksasa teknologi lain yang berambisi menguasai pasar otomotif adalah Biadu, Huawei, Xpeng dan Nio.

Artikel Terbaru