spot_img
BerandaGamesPisah dari FIFA, EA Sport Ganti Nama

Pisah dari FIFA, EA Sport Ganti Nama

-

Jakarta, Selular.ID – EA Sport disinyalir akan berganti nama tahun depan. Kabar itu terendus setelah FIFA membuka ruang bagi pengembang game sepak bola, dan disambut juga oleh EA yang akan membuat nama game sepakbolanya tanpa label “FIFA”. Hal itu menjadi tanda bahwa kerjasama mereka telah berakhir.

FIFA menegaskan akan menjadi wadah bagi perusahaan teknologi dan mobile yang sedang aktif bersaing untuk dikaitkan dengan FIFA.

Lembaga tersebut  akan terlibat dengan berbagai pihak dalam industri game seperti pengembang, investor, dan analis, untuk membangun jangka panjang dari sektor game, E-sports, maupun hiburan interaktif.

Menyambut pernyataan dari FIFA, Cam Weber, selaku EA Sports General Manager menjelaskan melalui situs resmi Electronic Art, nama “FIFA” yang digunakan pada game sepak bola buatan EA selama ini berbeda lisensi dengan, Lembaga FIFA yang mengurus kebijakan sepak bola sesungguhnya yang bermakas di Zurich, Swiss.

“Ini berarti kami sedang meninjau perjanjian hak penamaan kami dengan FIFA, yang terpisah dari semua kemitraan dan lisensi resmi kami lainnnya di seluruh dunia sepak bola,” tulisnya dalam blog perusahaan.

Kerena selaku pengembang game tersebut, EA membayar untuk produksi game setiap tahunnya menggunakan nama “FIFA”, untuk mendapatkan lisensi dan juga membayar 17.000 atlet, 700 tim, dan 30 liga berbeda.

Mengutip IGN Southeast Asia,hal itu menjadi penyebab perselisihan antar FIFA dan EA yang terkait masalah biaya. Karena FiFA disebutkan menagih biaya  US$ 1 miliar sekitar Rp 14 triliun setiap empat tahun. Untuk memberikan EA lisensi atlet dan klub yang dimilikinya.

Sebagai informasi, kesepakatan lisensi antara EA dan FIFA akan berakhir usai ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Laporan dari PC Gamer, bahwa EA sudah mendaftarkan merk dagang dengan nama baru EA Sport FC, pengajuan nama tersebut dibuat di Kantor Kekayaan Intelektual Inggris dan Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa untuk perangkat lunak permainan komputer.

Ini menjadi langkah yang sama dari franchise gim sepak bola Independen lainnya yaitu Konami dengan dari nama Pro Evolution Soccer (PES), dan berubah ,yang saat ini sepenuhnya sudah memakai nama eFootball.

Tujuan pergantian nama gim asal Jepang tersebut karena ingin menjadi wadah kompetisi di e-sport. Mungkin inovasi yang dimiliki oleh Konami akan diikuti oleh EA setelah ia berpisah dari FIFA.

TONTON JUGA VIDEO INI :

Artikel Terbaru