spot_img
BerandaDevicesPertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10

Pertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen perangkat mobile saat ini sedang gencar mengeluarkan produk Tablet, karena kebutuhan elektronik dengan kualitas multitasking sedang tinggi, karena melihat dari efek pandemi yang diharuskan bekerja dari rumah.

Salah satu yang praktis dan mudah untuk diaplikasikan adalah tablet, karena sistem OS yang sama dengan smartphone adalah hal yang memungkinkan untuk cepat beradaptasi menggunakan perangkat tersebut.

Maka Tim Selular ingin memberikan perbandingan dari segi spesifikasi Tablet Xiaomi Pad 5 dengan Huawei Matepad 10.4 Untuk memberikan petunjuk bagi pembaca agar mudah menentukan mana yang lebih baik digunakan untuk Multitasking.

Meskipun Huawei Matepad 10.4 produksi lebih dahulu dari Xiaomi Pad 5, apakah masih memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh perangkat dari xiaomi. Maka Kami akan mengupas tuntas spesifikasi keseluaran dari dua tablet tersebut.

Segi Tampilan

Untuk Dimensi  Mipad 5 memiliki Dimensi 254.7 x 166.3 x 6.9 mm sedangkan Matepad hanya 245.2 x 155 x 7.4 mm Tablet, maka dari segi tersebut Xiaoi pad 5 Lebih Unggul dari  Matepad 10.4. Tapi untuk bobot, matepad 10.4 Lebih ringan karena beratnya 450 gram dibanding MiPad 5, 511 gram, mungkin bobot perangkat ibisa jadi perbandingan karena melihat penggunaa Tablet yang dilihat dari segi mobilitasnya. Dengan Tablet yang ringan Matepad 10.4 build pada Casing terbuat dari bahan almunium. Sedangkan Xiaomi pad masih ada casing yang terbuat dari bahan plastik.

Kualitas layar yang dimiliki  Xiaomi pad 5 adalah IPS LCD, dengan Refresh Rate 120Hz yang berarti  tolak ukur seberapa cepat layar ponsel me-refresh pixel pada layar per detiknya lebih cepat dari Huawei karena Layar yang dimiliki Matepad 10.4 hanya didukung dengan IPS LCD.

Terdapat 3 Varian Warna dari Xiaomi pad 5 yaitu Cosmic Gray, Pearl White, dan Green. Untuk Huawei Matepad 10.2 memiliki 2 varian warna White, Gray.

Segi Perangkat Pendukung.

Karena Huawei Matepad 10.4 produk Tablet yang terlebih dahulu Meluncur untuk komersil, sangat dimaklumi hanya didukung oleh system Android 10 yag kemungkina akan Upgrade ke OS bawaan Huawei terbaru yaitu Harmony OS 2.0, Dan Untuk Xiaomi pad 5 saat ini sudah didukung oleh sistem operasi android 11.

Chipset yang mendukung kinerja kedua tablet ini pun memiliki perbedaan lantaran Xiaomi pad 5 didukung oleh Snapdragon 860 dan Matepad 10.4 didukung oleh Kirin 810, yang menggunakan manufaktur 7 nanometer.

Baca juga :  Empat Smartphone Xiaomi Harga Naik, Ini Respon Pedagang

Huawei Matepad memiliki variasi Ram dan Memori Internalnya 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM dari variasi tersebut sudah menyesuaikan dari harganya. Sedangkan Xiaomi pad 5 hanya memiliki 2 Variasi dan itu hanya dari memori Internalnya saja, yaitu 128GB 6GB RAM, 256GB 6GB RAM.

Hal yang menarik untuk dibahas yaitu kapasitas Baterai yang dimiliki dari pertarungan kedua Tablet karena Xiaomi pad 5 memiliki kapasitas baterai Li-Po 8720 mAh. Lebih besar ketimbang Matepad 10.4 karena ia hanya memiliki daya baterai Li-Po 7250 mAh.Kecepatan Baterainya juga masih diungguli  Xiaomi pad 5 dengan Fast charging 33Watt, perbandingan yang sangat jauh dari Matepad 10.4 hanya memiliki kecepatan pengisian daya 18Watt. Dan keduanya sudah support USB Type C.

Baca juga :  Ini Laptop Perdana Acer yang Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Namun Tablet Huawei unggul karena Matepad 10.4 bisa menggunakan SIMcard, untuk memudahkan social media karena membutuhkan verifikasi Nomor Telepon,juga untuk jaringan Internet Darurat, bahkan untuk fitur panggilan menggunakan Nomor dari Provider. Karena Xiaomi pad 5 tidak memiliki fitur pendukung untuk menggunakan SIMcard.

Penggunaan Tablet saat ini mungkin memerlukan, perangkat PEN tablet untuk mempermudah Content Creator dibidang Design Grafis, maka dari itu Matepad 10.4 sudah didukung oleh perangkat Pen tablet. Yang dijuat terpisah dengan nama Mpen Stylus, sedangkan Xiaomi pad 5 belum diketahui apakah bisa mendukung Pen tablet karena belum ada Produk Xiaomi yang merilis Pen tablet.

Segi Kamera

Fitur kamera yang dimiliki Tablet pastinya tidak memiliki sisi spesial, karena peran dari tablet adalah untuk pekerjaan yang bersifat Multitasking. Namun, untuk keperluan sekolah daring yang mengaruskan memanfaatkan  aplikasi komunikasi menggunakan video. maka kualitas kamera juga bisa menjadi perbandingan.

Karena Kamera belakang yang dimiliki Matepad 10.4 memiliki kualitas 8 megapixel, yang lebih rendah dari Xiaomi pad 5 yang memiliki fitur kamera belakang 13 Megapixel, namun keduanya Imbang untuk kamera belakang karena sama-sama didukung oleh kamera berkapasitas 8 Megapixel.

Dengan Kelebihan Spesifikasi yang dimiliki Xiaomi Pad 5 dijual dengan harga mulai 5 jutaan, harga tersebut sesuai dari Variasi penyimpanan Internal dari Tablet Xiaomi tersebut. Untuk Harga Matepad 10.4 harga dimulai dari 4 jutaan  selisih 1 juta dari pesaingnya. Namun harga murah juga bisa jadi tolak ukur calon pembeli yang memiliki minat kepada perangkat tablet.

spot_img

Artikel Terbaru