spot_img
BerandaNewsMarket UpdatePenjualan Ponsel Bekas dari Tiga Brand ini Bersaing

Penjualan Ponsel Bekas dari Tiga Brand ini Bersaing

-

Jakarta, Selular.ID – Ponsel bekas menjadi alternatif bagi pembeli saat hendak membeli ponsel. Karena ponsel baru dijual dengan harga lebih tinggi, tak mengherankan jika ponsel-ponsel second pun disediakan penjaja ponsel.

Sejumlah pedagang menyebutkan jika smartphone harga Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan, banyak dicari ponsel bekasnya, di luar harga itu pembeli memilih ponsel baru.

Untuk saat ini seri ponsel Redmi 9A, 9C, Xiaomi Note 9, Oppo A53, Samsung A12 dan Samsung A22 masih banyak dicari pembeli.

Daniel Pemilik GG Cell ITC Roxy Mas Jakarta Pusat menyebutkan, seri-seri tersebut hingga saat ini selain seri baru, ponsel secondnya banyak diminati. Walaupun selisih harga yang ditawarkan tak terlalu jauh dengan harga ponsel baru.

Kalau selisih harga ponsel bekas dan baru mencapai Rp200 hingga Rp500 ribuan, menurutnya tergantung dengan kondisi ponsel.

“Kalau kondisinya masih bagus selisihnya tak terlalu banyak dari harga baru. Umumnya ponsel seperti ini baru dibeli sekitar semingguan, jadi selisihnya Rp200 ribuan. Atau ponsel yang baru dirilis umumnya harga secondnya masih tinggi,” ujar Daniel.

Namun berbeda halnya dengan ponsel-ponsel yang sudah lama, itu selisihnya mencapai Rp1 jutaan dari pertama dirilis.

“Dilihatnya seperti ini misalnya ponsel yang dirilis tahun lalu, pembeli cari secondnya saat ini itu bisa selisih Rp1 jutaan, bahkan lebih,” kata Daniel lagi.

Hal senada pun diungkapkan Putri, Karyawan Happy Cell ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, Putri memberikan contoh jika saat ini pembeli mencari Realme 5i yang saat dirilis tahun lalu  RAM 4GB + ROM 128GB dibanderol 2.299.000, saat ini secondnya Rp1.2 jutaan, atau Rp1.5 jutaan. Menurutnya, tergantung kondisi smartphonenya.

Putri menyebutkan jika ponsel di harga Rp1 hingga Rp2 jutaan selisihnya Rp200 hingga Rp500 ribuan dari harga baru. Berbeda halnya dengan smartphone second premium, menurut Putri selisih harganya cukup banyak.

Misalnya Samsung S20 FE saat dirilis tahun lalu Smartphone flagship premium ini dibandrol mulai dari Rp9.999.000, saat ini harga secondnya di kisaran Rp7.690.000.

“Kalau lagi ada stoknya selisihnya seperti itu, namun ponsel second tak selalu ad stoknya,’’tutur Putri.

Namun untuk memilih ponsel second, Putri memberikan Tips, karena ada kemungkinan hal yang terjadi ketika membeli ponsel second.

Berikut tips memilih ponsel second:

  • Tahu ponsel apa yang akan dibeli.
  • Mencari tahu spesifikasi ponsel tersebut.
  • Jika ponsel yang dicari tidak ada di toko, jangan mengikuti pilihan dari penjual.
  • Membeli di toko offline.
  • Pilih yang masih memilik garansi.
  • Kalau membeli ponsel yang sudah tidak ada garansi resmi (karena sudah lebih dari satu tahun), minimal masih memberikan garansi toko.

 

Artikel Terbaru