spot_img
BerandaNewsEnterpriseMediatek Dimenisty 2000 SoC Diprediksi Bakal Mendominasi Flagship Android di 2022

Mediatek Dimenisty 2000 SoC Diprediksi Bakal Mendominasi Flagship Android di 2022

-

Jakarta, Selular.ID – Qualcomm diperkirakan akan merilis prosesor andalan generasi baru, Snapdragon 898 SoC pada akhir tahun ini. Chipset tersebut diharapkan untuk menjadi standar untuk flagships Android tahun depan.

Namun, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa saingan Qualcomm, yakni MediaTek, juga sedang membangun prosesor andalan generasi berikutnya, Dimensity 2000. Chipset besutan MediaTek tersebut diprediksi akan menjadi prosesor kelas atas unggulan MediaTek untuk ponsel Android di tahun 2022.

Menurut @DCS, beberapa produsen sudah menguji SoC MediaTek Dimensity 2000. Model pengujian chip ini menunjukkan bahwa ini adalah prosesor unggulan kelas atas. Spesifikasi unggulan dari chip ini antara lain dukungan pengisian cepat 100W, layar beresolusi 2K dan kamera utama outsole.

Hal tersebut juga menandakan bahwa tahun depan, beberapa flagship Android akan menggunakan chip kelas atas MediaTek. Secara tak langsung, itu juga akan mematahkan dominasi Snapdragon di pasar smartphone kelas atas di kubu Android.

Menurut laporan sebelumnya, chip andalan MediaTek berikutnya adalah Dimensity 2000. Chip ini menggunakan arsitektur tiga inti yang meliputi inti super besar, inti besar, dan inti kecil. Inti super besar adalah Cortex X2 terbaru.

Selain itu, karena penggunaan proses 4nm TSMC, prosesor Dimensity 2000 memiliki beberapa keunggulan. Chip ini diklaim akan memiliki konsumsi daya yang lebih baik serta waktu siaga yang lama. Prosesor andalan Qualcomm Snapdragon 898 akan menggunakan proses manufaktur Samsung.

Dimensity 2000 akan mengadopsi arsitektur ARM V9 yang akan meningkatkan kinerjanya secara signifikan. Menurut sebuah laporan baru-baru ini, Dimensity 2000 akan dikirimkan dalam jumlah kecil pada akhir tahun ini.

Selanjutnya, pabrikan batch pertama sudah melakukan tes yang relevan. Jika semuanya berjalan dengan baik, waktu peluncuran smartphone Dimensity 2000 kemungkinan akan bertepatan dengan Snapdragon 898. Ini berarti bahwa bisa jadi ada persaingan langsung antara chip ini. Jika dilihat dari situasi pasar sebelumnya, chip Snapdragon selalu menjadi yang teratas.

Skor berjalan dari chip ini dapat melebihi 900.000 poin. Namun, proyeksi untuk Snapdragon 898 menunjukkan bahwa skor berjalannya mungkin melebihi satu juta untuk pertama kalinya. Dibandingkan dengan inti Cortex X1 yang digunakan oleh Snapdragon 888, kinerja inti X2 juga akan meningkat setidaknya 17%.

Juga, konsumsi daya dapat berkurang 10%, yang berarti efisiensi energi secara komprehensif lebih baik. Selanjutnya, peningkatan kinerja core A710 dan core A510 juga sangat signifikan. Lantaran prosesor Snapdragon 888 dan Snapdragon 888 Plus tahun ini memiliki konsumsi daya yang besar, sangat sulit untuk menekan panas dari produk itu sendiri.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru