spot_img
BerandaAppsKominfo Tutup Situs Pedulilindungi Palsu, Peserta Diminta Bayar Rp1 Juta untuk Pendaftaran...

Kominfo Tutup Situs Pedulilindungi Palsu, Peserta Diminta Bayar Rp1 Juta untuk Pendaftaran Vaksin

-

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) kembali menemukan website palsu mengatasnamakan PeduliLindungi.id.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020, website dan aplikasi PeduliLindungi digunakan pemerintah sebagai surveilans kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Belakangan, muncul website palsu mengatasnamakan PeduliLindungi, yaitu pedulilindungiq.com. Website ini bukan berasal dari pemerintah dan tidak digunakan sebagai surveilans yang sah.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menjelaskan kepada Selular, stus pedulilindungiq.com merupakan situs palsu dan bukan situs yang digunakan Pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19.

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungiq.com tidak terkait dengan situs Pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun,” ujarnya, Rabu (6/10).

Kini Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs pedulilindungi.id.

Yang cukup merugikan dalam situs palsu PeduliLindungi palsu ialah mewajibkan pembayaran sebesar Rp1.000.000 untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19.

“Aplikasi PeduliLindungi dan situs pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apapun kepada para pengguna, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin,” sambungnya.

Kementerian Kominfo dalam hal ini turut mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Google Play Store.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan Aplikasi PeduliLindungi. Apabila masyarakat menemukan situs atau aplikasi lain selain Aplikasi PeduliLindungi yang resmi, Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk melakukan pelaporan ke aduankonten.id atau kanal-kanal aduan konten lain yang telah disediakan,” tandasnya.

Baca juga :  Menjajal Fitur Avatar Digital Terbaru Oppo Omoji
spot_img

Artikel Terbaru