Solusi Keuangan Smart dan Fleksibel Wajib Diadopsi Perbankan

Jakarta, Selular.ID – Era digital banking 4.0 menjadi peluang bagi perbankan di Tanah Air untuk lebih berinovasi memberikan layanan kepada nasabah. Dan disebut-sebut perbankan akan terpengaruh dengan disrupsi dari era digital teknologi dalam revolusi industri 4.0 jika tidak menyikapi secara tepat dan cepat. Perubahan perilaku konsumen menuntut perbankan untuk lebih adaptif dengan teknologi digital. Karena jika tidak, bukan hal mustahil perbankan akan ditinggal nasabah.

Hal itu pun membuat perbankan mengadopsi teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Salah satunya yang dilakukan Bank Maybank Indonesia, yakni dengan meluncurkan solusi keuangan U by Maybank, yaitu produk tabungan Maybank Tabungan U, dan U iB dengan prinsip Syariah berakad Mudharabah, yang dirancang untuk memberikan keleluasaan bagi nasabah bertransaksi keuangan sehari-hari, dan secara bersamaan membantu nasabah menyisihkan dana tabungan untuk kebutuhan finansialnya dikemudian hari dalam satu solusi tabungan.

Steffano Ridwan, Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, menjelaskan, solusi Maybank Tabungan U dan U iB dapat diakses Nasabah maupun masyarakat secara umum melalui platform digital Maybank Indonesia, M2U ID.
Mengusung tema U spend, U save, U earn, #UptoU!, Maybank Tabungan U dan U Ib, menurut Steffano merupakan produk inovatif Maybank Indonesia untuk menjawab aspirasi Nasabah khususnya masyarakat urban millenials, young professional dan digital savvy, serta keluarga muda yang gemar mengikuti perkembangan gaya hidup masa kini, juga beraspirasi untuk menyiapkan dana tabungan sesuai rencana finansial Nasabah.

“Maybank Tabungan U dan U iB hadir dengan dua rekening (2-in-1) dalam satu tabungan. Rekening U Transactional berfungsi sebagai rekening utama yang dapat digunakan untuk transaksi keuangan sehari-hari seperti, berbelanja, membayar tagihan bulanan, melakukan transfer antar bank hingga isi ulang berbagai aplikasi e-wallet,”terang Steffano.

Sementara, rekening U Goal Saver, yang adalah bagian dari solusi tabungan Maybank Tabungan U dan U iB berfungsi sebagai rekening untuk menabung. Nasabah dapat menyisihkan dana untuk ditabung ke dalam U Goal Saver mulai dari Rp100,000/bulan dengan beragam pilihan durasi menabung.

Dijelaskan Steffano, seluruh aktivitas keuangan Maybank Tabungan U dan U iB mulai dari pembukaan tabungan, pengelolaan dana dan rekening hingga mengatur tabungan rutin dapat dikendalikan oleh Nasabah melalui platform M2U ID yang kini sudah terintegrasi.

“Dengan integrasi ini, Nasabah dapat membuka Maybank Tabungan U dan U iB secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang. Selain itu, Nasabah Maybank Tabungan U dan U iB kini juga dapat melakukan Tarik tunai di seluruh ATM Maybank di Indonesia melalui fitur QR Cardless Withdrawal hanya dengan memindai QR melalui aplikasi M2U ID,”kata Steffano.

Konsep dasar yang melandasi produk tabungan U by Maybank adalah untuk membantu Nasabah mengembangkan finansialnya, dimana dengan semakin sebanyak Nasabah bertransaksi, demikian juga nilai tabungannya meningkat. Nasabah yang menyukai belanja atau bersantap di restoran-restoran terkemuka, bisa mendapatkan potongan langsung di lebih dari 500 merchant dan cashback 10% yang akan secara otomatis ditabungkan ke dalam rekening U Goal Saver, sehingga dapat meningkatkan saldo tabungan Nasabah ketika jatuh tempo.

Ada pun nilai cashback 10% tersebut akan didapatkan dari setiap transaksi Nasabah yang menggunakan kartu debit dan QRIS di seluruh merchants, termasuk juga ketika Nasabah melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan melalui M2U ID. Cashback tersebut dapat dicek melalui M2U ID App Nasabah.

Baca Juga:Diberlakukan Akhir 2021 Perbankan Didorong Segera Implementasikan Bi-Fast Payment

Seperti diketahui, Revolusi industry 4.0 merupakan revolusi industry generasi ke empat yang telah muncul dipermukaan dan membawa banyak dampak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat, tak luput dalam aspek ekonomi khususnya dunia perbankan yang dikenal dengan era digital Banking 4.0.

Era digital banking 4.0 menjadi ladang bagi perbankan tanah air untuk melakukan berbagai inovasi-inovasi yang memberikan dampak besar bagi pertumbuhan perbankan tanah air, terutama dalam hal pelayanan. Selain peluang untuk melakukan inovasi-inovasi dalam menyIkapi persaingan yang semakin pesat, era digital banking 4.0 juga menghadirkan banyak tantangan-tantangan yang dapat menghambat proses inovasi yang akan dilakukan. Oleh karena itu, perbankan dituntut untuk dapat lebih cermat dan adaptif dalam menyikapi tantangan-tantangan yang hadir dalam era digital banking 4.0 ini.