spot_img
BerandaDevicesTabletiPad Mini 2021, Dengan Chip A15 dan Port USB-C

iPad Mini 2021, Dengan Chip A15 dan Port USB-C

-

Jakarta, Selular.ID – Apple telah menggelar acara secara virtual Rabu dini hari, 15 September 2021, dalam peluncuran itu Apple merilis beberapa produk, yakni iPad 10.2 dan iPad Mini 2021. Kedua perangkat tersebut dibekali dengan chip garapan Apple sendiri A15 Bionic.

Seperti sudah disinggung di atas, di sisi layar, iPad Mini adalah tablet Apple yang paling kecil. Kalau sebelumnya iPad Mini hanya memiliki layar seluas 7,9 inci, pada model baru layarnya bertambah luas hingga mencapai 8,3 inci.

Menariknya lagi, meski secara ukuran layarnya bertambah luas, dimensi perangkat ini tetap sama dengan iPad Mini sebelumnya. Buat pengguna, hal ini tentu menarik jika mereka tak menginginkan perangkat bertambah besar dan berat namun layarnya tetap lega.
Hal ini bisa dilakukan karena layarnya punya bezel atau area frame yang tipis, sama seperti iPad Pro dan iPad Air. Tombol powernya kini menyatu dengan sensor Touch ID, ada di bagian kanan atas.

Sementara untuk chip, Apple mengklaim bahwa performa chip A15 dengan 6-core CPU, 5-core GPU, dan 16-core Neural Engine meningkat 40% lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lebih jauh, dengan chip Apple Bionic A15, Apple mengungkapkan bahwa iPad Mini 2021 mumpuni digunakan untuk pembuatan konten, sekolah online, dan bermain game kelas menengah.

Dari segi kamera, iPad Mini 2021 membawa kamera utama beresolusi 12MP dengan teknologi Focus Pixel, Cinematic Video Stabilization dan Smart HDR. Kamera utama iPad Mini 2021 juga membawa aperture yang lebih besar dan mampu merekam video kualitas 4K 60FPS.
Untuk kamera depan, iPad Mini 2021 menggunakan kamera beresolusi 12MP dengan fitur Center Stage. Fitur Center Stage memungkinkan pengguna untuk tetap dalam frame kamera meski ia bergerak ke berbagai arah.

Selain itu, port USB-C baru memungkinkan konektivitas yang lebih cepat namun relevan dengan tren saat ini. Hal tersebut membuat penggunaan iPad Mini baru lebih luwes dengan perangkat lainnya yang juga mendukung konektivitas dan pengisian daya USB Type-C.
Selain iPad Mini baru, Apple juga merilis iPad generasi ke-9 dari iPad pertama yang dirilis pada 2010 silam. Pembaruan utamanya ada pada prosesor A13 Bionic, juga kamera depan 12 MP yang mendukung Center Stage.

Baca Juga:Apple iPad Mini 6 Bakal Hadir dengan Desain Lebih Tipis

Kecuali prosesor dan kamera depan, bisa dibilang tak ada perubahan dibanding iPad generasi sebelumnya. Layar, bezel, kamera belakang, dan port Lightning. Prosesor baru ini menurut Apple 20 persen lebih kencang dibanding model sebelumnya.
IPad yang akan dikapalkan dengan iPadOS 15 ini ditingkatkan kapasitas penyimpanan minimalnya dari sebelumnya 32 GB menjadi 64 GB dengan harga varian termurah yang sama. iPad Mini baru atau iPad Mini 6 dijual dengan harga mulai USD 499 (setara Rp 7,1 jutaan) dan iPad 9 harganya mulai dari USD 329 (setara Rp 4,6 jutaan).

spot_img

Artikel Terbaru