BerandaDevicesWearable DevicesYouCare, T-Shirt Pintar yang Bisa Mendeteksi Kesehatan

YouCare, T-Shirt Pintar yang Bisa Mendeteksi Kesehatan

-

Jakarta, Selular.ID – YouCare resmi diperkenalkan di acara Mobile World Conference (MWC) 2021 yang sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol. YouCare adalah teknologi baru yang memungkinkan pemantauan kesehatan dengan menggunakan t-shirt.

T-shirt ini jelas bukan t-shirt biasa. Terdapat sensor yang disematkan dan transmisi data melalui jaringan 5G. T-shirt juga dapat dicuci, digunakan kembali dan terlihat seperti t-shirt biasa.

Proyek YouCare dihadirkan untuk mengembangkan perangkat tekstil yang dapat digunakan untuk pemantauan kesehatan tanpa menggunakan bahan logam yang tidak nyaman.

Menurut pengembangnya, t-shirt ini dapat mendeteksi beberapa penanda biologis penting di tubuh dan mengirimkannya dengan mulus menggunakan infrastruktur jaringan 5G yang disediakan oleh penyedia infrastruktur jaringan China ZTE.

Pada peluncuran proyek di Barcelona, ZTE menekankan kegembiraannya menjadi bagian dari tim yang telah menghasilkan proyek pemantauan layanan kesehatan yang revolusioner.

ZTE lebih lanjut menegaskan dukungannya yang berkelanjutan untuk pekerjaan inovatif oleh tim pengembang asal Italia tersebut. Perusahaan juga mengatakan akan segera memulai tes YouCare 5G.

YouCare bekerja dengan mendeteksi parameter kesehatan bio-vital menggunakan sensor polimer tak terlihat yang tertanam di baju. Kontrol mini merekam data, yang kemudian diubah ke format digital.

Data ini kemudian dikirim ke platform dua arah, yang kemudian mengirimkan data ke smartphone atau jam tangan pintar. Data juga dapat dikirimkan ke unit jarak jauh untuk dianalisis.

Beberapa parameter kesehatan vital dapat dideteksi oleh t-shart YouCare. Parameter bio-vital ini meliputi analisis tindakan pernapasan, elektrokardiogram, keringat, dan aktivitas otot yang dapat membantu mengidentifikasi berbagai kondisi kesehatan menggunakan sensor tekstil.

Data yang dihasilkan kemudian dikirim melalui infrastruktur 5G yang diaktifkan oleh ZTE ke pusat khusus atau pengguna individu. Proyek ini juga dapat memperluas akses ke perawatan kesehatan untuk beragam orang dan pemantauan jarak jauh.

Sayangnya perangkat ini belum tersedia secara komersial, sehingga kita masih harus menunggu sampai resmi tersedia untuk publik.

Artikel Terbaru