BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Vivo V21 5G: Harga Terjangkau, Asik Diandalkan Berbagai Aktivitas

Review Vivo V21 5G: Harga Terjangkau, Asik Diandalkan Berbagai Aktivitas

-

Jakarta, Selular.ID – Vivo telah resmi merilis smartphone seri V terbaru, Vivo V21 5G di Indonesia, bulan lalu. Ricky Gunardi, Senior Product Manager Vivo Indonesia dalam peluncuran virtual Vivo V21 5G di channel Youtube Vivo Indonesia, mengungkapkan selain konektivitas 5G, perangkat ini didukung teknologi terkini dan ultra slim matte design.
Dengan harga Rp 5.799.000, V21 5G menjadi perangkat terjangkau untuk smartphone yang mendukung 5G tanpa harus membeli seri flagship.

Smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup baik, dan dapat diandalkan penggunanya yang multitasking. Selain dapat memenuhi kebutuhan komunikasi penggunanya. Perangkat ini pun dapat diandalkan untuk bermain game hardcore seperti PUBG ataupun mobile legend.

Seperti apa keunggulan Vivo V21 5G, kali ini Selular coba mengulas perangkat ini, berikut rangkumannya:

Unboxing Vivo V21 5G
Di dalam kota terdapat unit vivo V21 5G, 33W FlashCharge, Kabel USB Type C, Handsfree, Konverter USB Type C ke audio jack 3.5 mm, Case, Screen Protector (terpasang ke layar smartphone), SIM tray ejector, dan paket dokumen. Smartphone dibungkus dalam kotak berwarna biru tua dengan motif tanda panah huruf v ke arah bawah. Ada tulisan V21 besar di bagian tengah, tulisan 5G yang lebih kecil di bagian bawah. Di sudut kanan atas tertera spesifikasi berupa RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Juga ada logo Vivo dan Euro 2020.

Layar
Ukuran layar pada smartphone merupakan salah satu spesifikasi yang sangat penting. Salah satu dari ukuran layar favorit ialah yang berukuran 6inci, lebih tepatnya pada angka 6.4 inci. Untuk layar, Vivo V21 5G mengusung panel AMOLED berukuran 6,44 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus. Layar tersebut kini sudah mengadopsi fitur refresh rate 90 Hz dan HDR10+.

Seperti umumnya layar 6.44 inci, Ukuran layar ini dianggap pas dan tidak terlalu bongsor, sehingga masih sangat nyaman untuk digenggam. Maka tak heran, membaca bermain game dengan smartphone ini cukup nyaman dan pas digenggam.

Dengan panel AMOLED refresh rate 90 Hz menghadirkan layar yang tidak hanya luas, namun juga memiliki komposisi warna yang lebih tajam, hemat energi, dan responsive, ini yang redaksi rasakan saat mengesplore menu yang ada di layar, sejauh ini cukup lancar dan dapat diandalkan. Layar Vivo V21 5G juga menyediakan viewing-angle yang luas, rasio kontras yang tinggi, dan tingkat pencerminan sinar matahari yang lebih rendah untuk menjamin kualitas display yang tinggi. Selain itu, warna hitam pada layar Vivo V21 5G memiliki kegelapan yang lebih pekat serta menghasilkan paduan warna yang redup, terutama saat sedang menonton film, sehngga tak membuat mata cepat lelah.

Fotografi
Di sektor fotografi, V21 5G memiliki keunggulan lainnya yaitu Dual OIS Night Camera dengan 44MP OIS Super Night Selfie pada kamera depan, dan 64MP OIS Night Camera pada kamera belakang yang memiliki konfigurasi 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera yang bisa digunakan untuk Super-Wide Angle dan Bokeh Effect, serta 2MP Macro Camera.

Dalam Fitur Dual OIS fitur ini mendukung kedua kamera pada smartphone, baik kamera depan maupun kamera belakang. Dengan ditenagai dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang akan menangkap foto dan video dengan hasil stabil dan jernih.
Tidak hanya itu, kedua kamera juga memiliki kemampun Ultra Stable Video yang menggabungkan teknologi OIS dan EIS (Electronic Image Stabilization), sehingga hasil video lebih stabil karena berfokus pada objek.

Redaksi mencoba kamera di Vivo V21 5G, dengan mengambil foto selfie dengan mengandalkan mode foto dan potret tanpa mensetting apapun di kamera.
Untuk hasil gambar pada pilihan mode foto, gambar yang dihasilkan memang tampak jelas pori-pori dan detail wajah. Sementara untuk dan detail dengan pengambilan potret wajah memang tidak terlihat natural, tidak tampak kerutan atau pori di wajah. Namun keduanya menghasilkan warna-warna asli, seperti warena kerudung, baju dan lipstick.

Selain mencoba foto selfie, kami juga mengandalkan kamera Vivo V21 5G untuk foto luar ruangan. Kamera ultrawide juga masih oke walaupun tidak ada autofocus. Objek foto masih terlihat jelas detailnya. Warna yang dihasilkan pun tidak jauh berbeda dengan sensor utama. Kami pun mengandalkan Zoom 10x dengan jarak cukup jauh, hasilnya pun masih jelas dan detail, Karena tulisan di sisi lain masih dapat terbaca cukup jelas.

Foto berikutnya adalah memotret pada malam hari. Kondisi malam hari yang lebih minim cahaya kadang dapat membuat hasil foto terlihat tidak fokus, shaking atau bergoyang, blur alias berbayang, bahkan terlihat banyak noise atau bintik-bintik. Kami pun coba mengambil foto malam hari dengan dengan Vivo X215G.

Foto dibawah ini kami memotret menggunakan night mode, foto tidak blur dan terlihat jernih meski minim cahaya. Shutter speed juga tidak lama hanya memakan waktu 2 detik.Saat menggunakan Portrait Mode, pengguna diberikan keleluasaan untuk menentukan efek blur pada background-nya. Perbedaan antar-objek utama dengan latar sudah cukup baik.

Soal perekaman video kamera belakang bisa ambil hingga resolusi 4K 60fps dan kamera depan maksimal 4K 30fps. Adanya OIS membuat video lebih stabil tanpa efek cropping yang bikin gambar jadi aneh.

Fitur Autofocus di kamera depan bakalan cocok buat kamu yang rajin vlogger. Suara yang ditangkap juga memuaskan, namun masih kurang maksimal. Kamu bisa menggunakan mikrofon tambahan.

Extended RAM
Secara teknis, Vivo V21 akan memiliki RAM mencapai 11GB. Tetapi Vivo V21 5G didukung dengan kapasitas Extended RAM. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sistem “meminjam” memori sebesar 3 GB dari media penyimpanan ponsel untuk menambah kapasitas RAM. Artinya, cara kerjanya, kapasitas ROM 128 GB yang ada di Vivo V21 5G, akan berkurang 3 GB untuk diubah ke RAM.

Jelasnya, Vivo V21 5G menggunakan teknologi Extended RAM, yakni 8GB RAM utama dan 3GB RAM tambahan. Jadi kapasitas RAM 8 GB yang ada di Vivo V21 5G bisa ditambah hingga 11 GB dari 3 GB yang ada di ROM atau memori internal. Bagi yang ingin menjalankan banyak aplikasi dan game, smartphone ini jelas bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan adanya RAM tambahan ini, pengguna bisa membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa harus menutupnya. Proses Extended RAM, dapat membantu pengguna untuk membuka hingga 25 aplikasi sekaligus secara instan, dan membuat semuanya tetap aktif dan berjalan sempurna tanpa adanya lag. Adapun fitur Extended RAM ini didukung oleh Mediatek Dimensity 800U.

Fitur ini bisa diaktifkan apabila pengguna memerlukan RAM lebih banyak. Singkatnya fitur ini tidak bersifat permanen. Jika Extended RAM tidak digunakan, maka fitur ini bisa dinonaktifkan dan kapasitas RAM akan kembali ke 8 GB.
Vivo V21 5G sendiri didukung prosesor MediaTek Dimensity 800U yang diklaim memiliki performa tinggi dan tak kalah canggih dibanding kompetitor lainnya.

Dukungan 5G
Vivo menghadirkan V21 5G dengan Dual Mode 5G yang mendukung jaringan mode Stand Alone (SA) dan Non-Stand Alone (NSA) pada jaringan 5G guna menghadirkan pengalaman koneksi yang lebih lancar, efisien dan bertenaga yang dapat konsumen nikmati ketika menggunakan smartphone ini.

Teknologi 5G Vivo juga sudah mendukung mode dual sim 5G + 5G yang dapat digunakan konsumen pada saat yang bersamaan. Selain itu, smartphone ini didukung dengan Mediatek Dimensity 800U 7nm octa-core yang memastikan kinerja luar biasa untuk aplikasi dan sistem operasinya, serta dapat bekerja pada kecepatan hingga 2.4GHz.
Kemampuan 5G yang ada di Vivo V21 5G memungkinkan kecepatan downlink hingga 2.77Gbps dan kecepatan uplink hingga 1.25Gbps, yang berarti dibutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk mengunduh film HD berukuran 800MB.

Latensi yang sangat rendah (hampir nol) pada jaringan 5G dan kecepatan akses hingga 100 kali lebih cepat dibanding pendahulunya, membuat perangkat bisa meningkatkan pengalaman konsumen dalam menerima dan mengirim dokumen, menikmati streaming atau bermain game lebih lancar, cepat dan tanpa hambatan (lag).

Kehadiran teknologi 5G menawarkan kemampuan menghubungkan sensor perangkat IoT sekaligus melalui kecepatan data dan mobilitas yang lebih baik. Hal ini memberikan kemudahan konsumen yang akan terhubung ke banyak perangkat IoT sekaligus. Dengan kemudahan tersebut, konsumen dapat tetap membagi momen insipirasional mereka dan tetap bisa terkoneksi dengan perangkat IoT-nya secara bersamaan.

Baterai
Vivo V21 5G menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh dan fast charging 33 W. Dengan kapasitas daya yang ditawarkan, dan kami coba untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti main game bergenre hard core, video streaming bida dibilang cukup awet. Kami melakukan percobaan dari posisi baterai 100 persen kemudian digunakan untuk berbagai hal yang cukup intens, kami tak perlu melakukan pengisian daya lagi, karena dengan pemakain sering, kami hanya perlu melakukan pengecasan kesokan harinya. Artinya dengan penggunaan 1 hari, baterai Vivo tersisa 20 persen saja. Tidak berlebihan jika smartphone ini dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas.

Vivo V21 5G didukung Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11 dengan fitur Jovi Home yang mendukung aktivitas, UFS 2.2 untuk peforma baca dan tulis data yang lebih cepat, Fitur lainnya yang dihadirkan adalah jaringan 5G, hybrid dual SIM, slot Micro SD tambahan yang menggunakan satu slot SIM, USB-C, sensor fingerprint dalam layar.

Tampilan
Smartphone menawarkan Ultra Slim Matte Glass Design yang dibalut dalam dua varian warna, yakni Dusk Blue yang memiliki ketebalan bodi hanya 7.29mm dan berat 176gram yang menjadikan Vivo V21 5G smartphone 5G tertipis di Indonesia saat ini. Serta Sunset Dazzle yang memiliki ketebalan bodi 7.39mm dan berat 177gram.
Material yang digunakan berbahan kaca, bodi ponsel ini tetap aman dari jejak-jejak sidik jari yang bikin kotor.

Bagi kalian yang gemar tidak terlalu suka dengan ponsel warna biasa seperti hitam, Vivo V21 memiliki warna yang cantik, ini terlihat di bodi belakang. Kendati disebut dengan Sunset Dazzle. Tapi, warna yang ditampilkan, terlihat didominasi warna ungu dan tampak ornament warna lain, seperti layaknya pelangi.

Harga dan Ketersediaan
Ponsel hadir dengan varian warna Dusk Blue dan Sunset Dazzle. Harga Vivo V21 5G di Indonesia adalah Rp 5.799.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Kesimpulan
Untuk smartphone 5G, Vivo V21 5G dapat menjadi rujukan untuk digunakan, selain didukung dengan harga yang cukup bersahabat, smartphone ini bisa diandalkan untuk membuat conten video, memotret, bermain game dan menyimpan berbagai file.

Artikel Terbaru