BerandaTipsPenyebab Smartphone Lemot, dan Tips Agar Lancar

Penyebab Smartphone Lemot, dan Tips Agar Lancar

-

Jakarta, Selular.ID – Kinerja smartphone Android akan semakin lambat seiring dengan rutinitas pemakaian dan lamanya waktu pemakaian. Namun hal itu dapat disiasati jika pengguna smartphone memahami letak kenapa smartphone menjadi lemot.

Karena ada sejumlah faktor yang membuat ponsel jadi berjalan lambat, meskipun smartphone ini masih belum lama dibeli. Kali ini Selular akan mengulas apa penyebab smartphone berjalan pelan dan bagaimana mengatasinya. Supaya kalian tidak terburu-buru unruk mengganti smartphone baru. Berikut rangkumannya:

Penyebab smartphone lambat

-Banyak aplikasi terinstal
Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi karena bisa menjadi penyebab smartphone Android lemot, blank, crashing, force close dan erorr. Setiap aplikasi yang terinstal membutuhkan proses kinerja RAM untuk menjalankan prosesnya dan bahkan aplikasi yang kita instal dan tidak pernah kita gunakan lagi masih menjalankan proses serta memerlukan resource RAM tersebut.

-Aplikasi menumpuk di background
Smartphone sudah memiliki kemampuan multitasking yaitu menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Terkadang kita lupa, bahwa aplikasi yang sudah kita buka sebelumnya belum di tutup secara sempurna lalu kita berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Hal ini yang menyebabkan RAM habis terkonsumsi dan menjadi penyebab smartphone Android lemot

Nah jika sudah mengetahui penyebabnya, pengguna smartphone pun harus memperhatikan trik supaya smartphone tidak lemot lagi.

Tips mengatasinya

Pakai aplikasi Files untuk bersihkan data

Aplikasi Files buatan Google ini bisa dipakai untuk membersihkan beragam file atau dokumen “sampah” yang tidak diperlukan lagi oleh ponsel. Sehingga beban media penyimpanan ponsel (storage) akan semakin ringan dan performa pun kemungkinan akan meningkat

Perbarui OS secara berkala

Pastikan ponsel Android yang Anda pakai sudah diperbarui (update) ke sistem operasi (OS) versi terbaru. Biasanya, OS terbaru juga akan meningkatkan performa ponsel.Langkah untuk memperbarui OS bervariasi tergantung pembuat ponselnya. Namun, biasanya Anda bisa meng-update OS dengan cara masuk ke menu “Setting” > “About device” > dan “Software update”. Lalu, klik tombol “Check for updates”.

Gunakan aplikasi versi “Lite”

Pengguna bisa memakai aplikasi versi Lite ini dengan mengunjungi laman resmi pengembangnya masing-masing di Google Play Store. Caranya adalah dengan membubuhkan kata kuncu “Lite” di akhir aplikasi yang diinginkan, misalnya “Facebook Lite”, “TikTok Lite”, dan lain sebagainya.

Restart ponsel secara berkala

Kegiatan mematikan ponsel dan menyalakannya kembali (restart) diyakini bisa meningkatkan performa ponsel. Sebab, ketika ponsel di-restart, sistem konon bakal menghapus aneka sampah di storage dan RAM. Artinya, restart ponsel secara berkala apabila memiliki ponsel dengan RAM yang sedikit.

Bersihkan home screen

Home screen seringkali dipenuhi berbagai shortcut aplikasi, baik yang baru dipasang atau karena sering dipakai.Cobalah untuk membersihkan shortcut tersebut, merapikannya dalam satu folder, atau hapus dan sisakan seperlunya saja agar animasi terkesan lebih mulus dan terlihat lebih rapi.

Baca Juga:Waspada Cryptomining, Serangan Siber yang Membuat Perangkat Lemot!  

Bersihkan cache aplikasi

Aplikasi biasanya menyimpan data cached agar bisa dibuka kembali dengan cepat.
Seiring berjalannya waktu dan pemakaian ponsel, data cached tersebut bisa menumpuk makin besar dan memakan banyak memori dan memperlambat kinerja ponsel.
Agar tidak demikian, cobalah longgarkan memori ponsel Anda dengan mengakses menu “Settings” > dan “Apps”.

Reset ponsel

Reset ponsel akan membuat software ponsel kembali pada kondisi saat baru membelinya dan membersihkan segala data yang ada di dalamnya. Biasanya, factory reset bisa dilakukan dengan mengunjungi menu “System” > “Reset” > dan “Erase all data”. Memang ini tidak sederhana, karena akan menghapus semua aplikasi dan data. Bahkan Anda mesti mengunduh ulang beberapa aplikasi yang memang penting, lalu menyalin ulang data-data. Namun, dengan cara melakukan Factory Reset, kinerja ponsel bisa kembali seperti sediakala.

Artikel Terbaru