spot_img
BerandaNewsMarket UpdateNokia Bersiap dengan Tablet 10 Inci, Begini Prediksi Penjualannya

Nokia Bersiap dengan Tablet 10 Inci, Begini Prediksi Penjualannya

-

Jakarta, Selular.ID – Nokia sedang menyiapkan tablet, perangkat ini terlihat di Komisi Ekonomi Eurasia (EEC). Tablet itu terlihat dengan nomor model seperti TA-1397 dan TA-1392.

NokiaMob.net menyebutkan bahwa perangkat anyar dengan nama Nokia T20 juga muncul di UEA dan Inggris. Ini memancing spekulasi bahwa tablet Nokia selanjutnya bisa membawa identitas sebagai T20.

Melalui daftar pada situs retailer di Inggris, Nokia T20 menggunakan layar 10,36 inci. Tablet ini mengusung RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Daftar tersebut juga menunjukkan bahwa ada dua varian T20. Salah satunya tampaknya merupakan varian Wi-Fi saja, sedangkan yang lainnya adalah model 4G. Tablet ini diharapkan tiba dalam warna biru.

Situs retailer di Inggris bahkan sudah mencantumkan harga pada dua model Nokia T20. Varian WiFi terdaftar dengan harga 185 poundsterling atau Rp 3,7 juta sementara varian 4G dapat dibeli seharga 202 poundsterling atau Rp 4,1 juta.

Seperti diketahui, berbagai merek smartphone bersiap meluncurkan tablet tahun ini. Realme akan meluncurkan tablet Realme Pad dalam beberapa bulan mendatang. Merek lain seperti Oppo, Vivo, dan iQOO juga diperkirakan akan meluncurkan tablet mereka tahun ini. Sekarang tampaknya HMD Global juga akan meluncurkan tablet dalam waktu dekat.
HMD Global diperkirakan akan mengadakan acara peluncuran sekitar bulan Oktober. Acara ini diharapkan untuk melihat kedatangan Nokia G50 dan ponsel seri X baru. Kemungkinan dalam event itu, perusahaan akan menggunakan platform yang sama untuk mengumumkan tablet Nokia T20.

Pasar Tablet 10 Inci
Jika melihat ukuran tablet yang akan dirilis Nokia, tentunya dengan ukuran yang cukup besar sepertinya tidak menjadi masalah. Tergantung selera pengguna tablet.
Namun jika berkaca tablet manakah yang lebih disukai pengguna tablet, besar dengan ukuran layar 10 inci, atau perangkat serupa yang lebih ringkas dengan ukuran layar 7 inci atau 8 inci?

Menurut survei yang dilakukan developer aplikasi lintas platform Animoca beberapa waktu lalu, dan belum diperbarui hingga saat ini, ukuran tablet Android terpopuler tak lain dan tak bukan adalah 7 inci, dan lebih besar sedikit berada di ukuran 8 inci, tetapi tidak 10 inci.

Baca juga :  Spesifikasi Andal, Strategi Jitu Infinix Bersaing di Pasar Laptop Indonesia

Saking populernya kategori ukuran tablet ini, bahkan Apple sekalipun akhirnya memutuskan untuk memproduksi iPad Mini berukuran 7,9 inci setelah sebelumnya hanya membuat versi tablet berukuran 10 inci.

lalu seperti apa peluang Tablet Nokia
Seperti dirangkum dari berbagai sumber, dalam laporan terbaru Canalys, pasar PC dan tablet di kuartal pertama (Q1) 2021 tumbuh mengesankan, dengan peningkatan dua kali lipat. Pasar perangakt tablet, secara umum mengalami peningkatan kuartalan yang stabil, tetapi dibandingkan dengan Q1 2020, peningkatannya adalah 51,8%. Yang menarik, semua pemain berhasil mencatatkan pertumbuhan tahunan, kecuali Huawei yang kini masih berjuang untuk tetap bertahan tanpa akses ke teknologi buatan AS.

Baca juga :  Spesifikasi Andal, Strategi Jitu Infinix Bersaing di Pasar Laptop Indonesia

Sementara pasar untuk PC, juga demikian masih di dominasi oleh brand lama yang juga merupakan pemuncak sebelumnya, sebut saja seperti Lenovo Apple, HP, Dell, dan Samsung. Lima brand raksasa teknologi itu berhasil mempertahankan posisi mereka sebenarnya, dan rata-rata semuanya berhasil meningkatkan hasil penjualan mereka.

Baja Juga:Vendor Bersiap Dengan Tablet Terbaru, Seperti Apa Marketnya Saat Ini

Analis Canalys, Brian Lynch mengungkapkan jika soal penjualan perangkat komputasi yang meningkat itu di dorong dengan kebiasaan baru belajar dari rumah. Sebelumnya bos Intel Pat Gelsinger sebelumnya juga mengungkapkan, jika permintaan PC di 2021 bakal menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

Hal ini dikarena didorong dengan cara kerja masyarakat yang bisa dilakukan di rumah, dan para perserta didik yang juga melakukan pembelajaran jarak jauh sejak masa pandemi Covid-19 melanda. Dengan situasi seperti ini, dan jika Nokia bisa merilis dalam waktu dekat, bahkan bisa lebih dulu dari brand yang tersebut di atas (brand smartphone), tentu dengan catatan spesifikasi dan harga mendukung, bukan tak mungkin Nokia bisa mendapat tempat dan peluang untuk menjual tabletnya.

spot_img

Artikel Terbaru