spot_img
BerandaDevicesSmart ComputingApple Akan Bekali Mac dengan Fitur Face ID

Apple Akan Bekali Mac dengan Fitur Face ID

-

Jakarta, Selular.ID – Kabar mengenai Face.id yang akan terpasang di Mac telah berhembus sejak beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, Apple memang belum mengadopsi teknologi Face ID, di Mac, berbeda halnya dengan iPhone dan iPad yang sudah mengunakan Face ID.

Dilaporkan Mac Rumours, pentingnya keamanan menggunakan pengenal wajah, membuat Apple akan membenamkan pengenal wajah Face ID di Mac. Teknologi itu menyertai sistem operasi baru macOS Big Sur.

Mark Gurman, leaker sekaligus jurnalis pertama kali menyebarkan rumor ini. Mark Gurman menyebarkan rumor ini lewat salah satu tulisan publikasi majalah Bloomberg yang dirilis minggu ini.

Lewat tulisan tersebut, Mark secara jelas menyatakan bahwa perangkat Mac akan segera memiliki sebuah fitur baru. Seolah ingin membawa kesuksesan fitur Face ID di iPhone dan iPad, Apple dirumorkan akan membawa fitur ini di perangkat Mac termasuk MacBook dan iMac, dalam beberapa tahun ke depan. Informasi tersebut menandai revisi dari ekspektasi sebelumnya yang menyatakan bahwa Apple dapat memperkenalkan FaceID pada desain ulang iMac tahun 2021.

Mark Gurman juga mencatat bahwa sementara teknologi otentikasi Wajah pada iMac 2021 akhirnya mundur. Apple bertujuan untuk memprioritaskan dan mengenalkan prosedur otentikasi biometrik pada perangkat MacBook dan iMac-nya dengan segera.

Saingan terbesar Apple, Microsoft, menawarkan infrastruktur Windows Hello untuk semua PC Windows. Itu dapat menggunakan webcam terintegrasi atau eksternal yang kompatibel untuk menggunakan otentikasi wajah untuk membuka kunci PC.

Menariknya, sistem otentikasi Keyless bisa lebih aman karena membantu pengguna menghindari ancaman dunia maya yang memerlukan kata sandi. Meskipun seseorang bisa mendapatkan akses ke data, kata sandi, dll, tidak mudah untuk mendapatkan data biometrik .

Dengan Face ID, Apple juga dapat memperkenalkan pengaturan otentikasi biometrik terbaru di PC-nya. Menurut Mark Gurman, Apple tidak akan mulai menyematkan fitur Face ID di perangkat Mac dalam waktu dekat.

Baca juga :  Chip Bionic A15 di iPad Mini 2021 Kurang Bertenaga Dibandingkan iPhone 13

Mark Gurman memprediksi Apple baru akan mulai menyematkan fitur Face ID di perangkat Mac dalam beberapa tahun kedepan. Hal tersebut lantaran Apple memerlukan pengembangan lebih lanjut sebelum resmi menyamtkan fitur baru ini di perangkat Mac. Oleh karenanya, Mark berpendapat bahwa kemungkinannya kecil fitur ini akan hadir dalam waktu dekat.

Informasi sebelumnya menyebutkan, bahwa Apple diperkirakan masih perlu waktu untuk mengembangkan fitur Face ID di Mac, saat ini hanya MacBook Air dan macBook Pro yang memiliki fitur biometrik berupa Touch ID di keyboard.

Baca juga :  Rumor: Huawei Bakal Hadirkan Laptop Anyar yang Didukung Aplikasi Android

Baca Juga:Apple Sebut Mac Mudah Disusupi Malware

Seperti diketahui teknologi pendeteksi wajah ini merupakan fitur keamanan unggulan ponsel Apple. Dengan teknologi ini, ponsel hanya bisa dibuka oleh wajah yang didaftarkan.
Dalam sistem ini, wajah menjadi “kata kunci” untuk mengoperasikan smartphone tersebut. Face ID bahkan dirancang agar bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi hingga melakukan pembayaran dengan Apple Pay.

Kelemahan fitur Face ID
Face ID memiliki beberapa pilihan terbaru dalam pengaturan Face ID yaitu pengaturan penampilan alternatif. Face ID dapat mengenali tampilan alternatif dan terus belajar mengenali bagaimana penampilan pengguna.

Apple Face ID dapat mengenali wajah kedua seperti topeng. Tentunya, fitur itu bisa dimanfaatkan oleh pencuri untuk membobol data pengguna iPhone.

Fitur itu juga bisa digunakan para orang tua untuk mengontrol iPad anaknya yang didukung Face ID, meskipun fitur tersebut baru terpasang pada iPhone X. Salah satu kelemahan lain Face ID tersebut adalah pengguna tidak dapat mengubah satu wajah yang didaftarkan ke dalam sistem. Jika pengguna menambahkan wajah baru, pengguna akan diminta untuk menghapus kedua wajah yang sudah didaftarkan.

 

 

spot_img

Artikel Terbaru