spot_img
BerandaNewsSecurityUC Browser Diam-diam Melacak Jutaan Pengguna iOS dan Android

UC Browser Diam-diam Melacak Jutaan Pengguna iOS dan Android

-

Jakarta, Selular.ID – UC Browser aplikasi milik Alibaba Ini dilaporkan telah melacak kebiasaan pengguna di perangkat iOS dan Android. Aplikasi juga disebut mengirim data pengguna ke server perusahaan. Hal ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan siber Gabi Cirlig.

Dalam sebuah posting blog, seperti dilaporkan Techradar, Cirlig menjelaskan aplikasi itu mencatat semua website yang dikunjungi pengguna, termasuk informasi alamat IP, yang dapat digunakan untuk melacak pergerakan mereka di berbagai situs web. Terlebih, informasi tersebut masih tetap dikumpulkan meski pengguna sudah menjelajah situs web dalam incognito mode.

Meskipun tidak jelas persis apa yang dilakukan Alibaba dan anak perusahaannya dengan data tersebut, Cirlig mengatakan bahwa “pelacakan semacam ini dilakukan dengan sengaja tanpa memperhatikan privasi pengguna.”

Cirlig kemudian membandingkan UC Browser dengan aplikasi browser lainnya. Nyatanya, UC Browser ditemukan mengumpulkan URL, memasukkannya ke data, dan melarikan diri bersama data tersebut. Dibandingkan dengan Chrome, aplikasi ini tidak mengumpulkan riwayat penelusuran, cookie dan data situs, ataupun informasi yang dimasukkan pengguna saat mengisi formulir online.

Cirlig memiliki kemampuan untuk mengungkap aktivitas tidak umum yang dilakukan browser China. Tahun lalu ia menemukan browser Xiaomi menunjukkan perilaku dan detail yang serupa tentang situs web yang dikunjungi, bahkan saat dalam mode penyamaran, kembali ke kantor pusatnya.

Saat ini plikasi ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali untuk pengguna Android dan dinobatkan sebagai aplikasi browser nomor empat yang paling banyak digunakan di dunia, dengan pengguna paling banyak di Asia.

Baca Juga:TikTok, WeChat, UC Browser Di Antara 59 Aplikasi Cina yang Dilarang Permanen di India

Di sisi lain, UC Browser juga menunda memasukkan aplikasinya ke laman App Store milik Apple setelah perusahaan akhirnya mengakui bahwa UC Browser melacak pengguna. Hingga saat ini, UC Browser versi bahasa Inggris tidak tersedia di App Store, meskipun versi bahasa Mandarin sudah muncul.

Seperti diketahui UC Browser merupakan salah satu aplikasi seluler yang dilarang digunakan di India, bersama lebih dari 250 dalam rentang beberapa bulan, dengan alasan masalah pengumpulan data dan privasi pengguna.

 

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru