spot_img
BerandaDevicesSmart CarMengaspal di Indonesia, Mobil Pintar MG Dilengkapi Teknologi Otonom

Mengaspal di Indonesia, Mobil Pintar MG Dilengkapi Teknologi Otonom

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen mobil asal Inggris MG meluncurkan varian terbaru di lini HS, yaitu Magnify. Diperkuat dengan MG Pilot – ADAS yang menjadikannya mobil otonom dan implementasi teknologi cerdas yang dinamakan MG i-SMART, MG HS tipe tertinggi ini mampu memberikan pengalaman berkendara layaknya mengendarai mobil otonom.

Sekumpulan kecerdasan yang menjadi simbol keistimewaan baru pada MG HS tipe Magnify ini terletak pada pengadopsian teknologi MG i-SMART. Implementasi teknologi cerdas yang meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect mewujudkan kemajuan teknologi Internet of Things (IoT) yang memungkinkan penggunanya untuk selalu terhubung dengan kendaraannya setiap saat. Seluruhnya disematkan guna memberikan kemudahan dan keselamatan yang prima bagi seluruh pengendara MG.

“Teknologi memang menjadi fokus terbesar MG di tahun ini, terlebih dengan kondisi yang terus mendorong setiap perusahaan untuk bertransformasi lebih pesat menjadi perusahaan teknologi, tidak terkecuali bagi manufaktur kendaraan seperti MG. Sebagai merek kendaraan kenamaan kelas dunia, keistimewaan MG terletak pada desainnya yang elegan, performa yang terbaik di kelasnya, serta kelengkapan dari sisi teknologi yang akan terus menjadikan MG merek mobil yang semakin relevan bagi para penggemarnya yang tersebar dari benua Eropa hingga Asia dan Australia. Dengan diluncurkannya MG HS i-SMART hari ini, kami yakin penggemar MG di Indonesia akan terus bertumbuh,” sambut Donald Rachmat, General Director MG Motor Indonesia dalam sesi konferensi pers dengan wartawan.

Smart Drive

MG Pilot yang merupakan kesatuan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada MG HS merupakan teknologi berkendara otonom yang canggih dan memampukan pengemudi untuk berkendara dengan ekstra percaya diri dan selalu aman selama di perjalanan. Kamera 360 kini melengkapi visualisasi pengemudi dari segala sudut saat menyetir—memberikan kemampuan ekstra agar terhindar dari kemungkinan benturan—dan dapat disaksikan pada layar sentuh infortainment display yang kini tampil lebih luas dengan penampang berukuran 10.1”.

Kemampuan ‘pintar’ pada MG HS i-SMART ini pun semakin terasa canggih dengan adanya Lane Assist System (LAS) yang terdiri dari Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP) serta Lane Keep Assist (LKA) yang akan memperingatkan serta mengoreksi pengendara agar tetap berada pada lajur yang tepat saat berkendara.

Kemudian, Front Drive Assist (FDA) juga tersedia untuk memberi ragam kemampuan pada kendaraan yang dapat menyesuaikan dengan keadaan di depannya. Contohnya adalah Adaptive Cruise Control sebagai sistem otomatis yang menyesuaikan kecepatan dan jarak kendaraan dari kendaraan lain yang ada di depannya, atau Traffic Jam Assist (TJA) yang mampu mengatur laju kendaraan secara otomatis pada saat kendaraan berada di tengah kemacetan.

Terakhir adalah Rear Drive Assist (RDA) yang akan membantu pengemudi lebih memperhatikan keadaan di bagian belakang kendaraan lewat fitur keselamatannya yang canggih seperti Door Opening Warning (DOW) dan Blind Spot Detection (BSD).

Smart Check

Dengan teknologi MG i-SMART, pengguna MG HS dimudahkan untuk melakukan banyak hal bahkan dari jarak jauh hanya dengan seujung jarinya; mulai dari menyalakan mesin dan AC, membuka dan mengunci pintu, memantau performa dan kondisi mobil seperti status tekanan ban, status persentase bensin, hingga mengecek dan menemukan letak kendaraan.

Selain itu, para pengguna juga dapat menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebelum melakukan perjalanan menggunakan Travel Plan. Seluruhnya dapat diakses pada sebuah aplikasi bernama MG i-SMART yang kini sudah tersedia untuk diunduh pada Google Play Store dan App Store.

Smart Command

Teknologi MG i-SMART pun semakin memudahkan para pengemudi sepanjang perjalanannya bersama MG HS yang kini memungkinkan mereka tetap fokus dalam berkendara. Cukup sapa mobil dengan “Hello, MG!” maka sistem kendaraan dapat membantu pengemudi untuk melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara. Saat berkendara di siang hari yang panas, pengemudi dapat mengatakan “temperature down” dan kendaraan akan secara otomatis menurunkan suhu AC.

Apabila ingin melihat indahnya bintang dan bulan saat berkendara di malam hari, perintah “open the sunroof” akan secara otomatis membuka Electric I-MAX Panoramic Sunroof. Di tengah kemacetan Ibu Kota, pengendara juga dapat memainkan music dengan mengucapkan “play the music” atau juga melakukan dan mengangkat panggilan telepon melalui perintah suara pada layar infotainment system.

Smart Connect

Di zaman yang serba modern saat ini, para pengendara pun tetap dapat terhubung saat berkendara dengan adanya Smart Connect pada teknologi MG i-SMART. Mencari lokasi penting yang ingin dituju seperti tempat-tempat kekinian, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lainnya menjadi sangat mudah karena dapat diakses langsung pada layar infotainment system dalam kendaraan. Belum lagi aktivitas streaming musik secara online untuk menemani para pengguna MG melewati kemacetan, melihat keadaan jalanan secara real time lewat Smart Navigation, atau pun selalu update dengan informasi cuaca terkini melalui AVN Weather.

Seluruh fitur canggih yang semakin memudahkan para pengendara MG ini menjadi mungkin berkat dukungan besar dari sejumlah mitra MG. Misalnya Mobility Assistant Platform yang dikembangkan oleh Cerence memampukan teknologi kecerdasan buatan di dalamnya untuk dapat mengenali hingga lebih dari 100 perintah suara yang dapat diakses pada MG HS i-SMART dan akan terus ditambahkan seiring pembaruan perangkat lunak.

Sementara itu, melalui kolaborasi dengan Bosch, MG telah mengembangkan teknologi MG Pilot – ADAS, yang menjadi ciri khas terbaru dari teknologi MG dan memperkuat reputasinya sebagai mobil yang aman untuk dikendarai. Kerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi lainnya turut menyempurnakan ekosistem MG i-SMART menjadi teknologi cerdas yang dapat diandalkan, beberapa di antaranya adalah Here untuk sistem peta dan navigasi, serta Cloud Service dari Amazon Web Service (AWS). Keseluruhan sistem tersebut dilengkapi juga dengan fungsi FOTA (Firmware Over the Air) yang memudahkan pengguna untuk melakukan membaruan firmware secara online melalui koneksi internet.

“Memasuki tahun kedua MG beroperasi di Indonesia, respons konsumen terasa semakin positif dan membuat kami semakin percaya diri. Kebutuhan masyarakat untuk senantiasa terhubung serta keeratannya dengan teknologi yang kian besar memicu kami untuk menyegarkan MG HS dengan injeksi teknologi MG i-SMART dengan pengalaman berkendara otonom yang telah resmi diluncurkan secara serentak di seluruh penjuru Tanah Air hari ini,” ungkap Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

MG HS i-SMART dihadirkan untuk merespons tingginya permintaan konsumen yang secara mutlak memberikan nilai lebih serta kemewahan ekstra pada SUV berbodi kekar ini. Diperkaya dengan hadirnya teknologi terbaru yang akan semakin mendukung gaya hidup, kenyamanan, dan keamanan para pengendaranya untuk terus terhubung selama berkendara, SUV ini ditawarkan melalui Special Launch Price sebesar Rp469.800.000.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru