BerandaBuyer's GuideRekomendasi Smartphone Oppo Dengan RAM Besar 8GB

Rekomendasi Smartphone Oppo Dengan RAM Besar 8GB

-

Jakarta, Selular.ID – Tak melulu soal chipset, kapasitas RAM merupakan komponen penting yang wajib diperhatikan sebelum membeli smartphone.

Sebab, ponsel yang menyokong RAM jumbo tentunya bakal menjanjikan performa yang sangat mumpuni guna mengakomodir kebutuhan pengguna dalam menunjang performa prosesor ataupun melakukan berbagai aktivitas online seperti bermain game, melakukan bisnis online lewat smartphone, dan lain sebagainya.

Jika ditanya berapa jumlah kapasitas RAM yang terbilang sudah termasuk ideal, maka jawabannya adalah 8GB. Beberapa vendor smartphone ada juga yang menghadirkan jajaran ponsel cerdas dengan kapasitas RAM 8G, salah satuna yakni Oppo.

Selain terkenal dengan kualitas dari sektor fotografinya yang ciamik nan canggih, Oppo juga memperhatikan terkait spesifikasi lainnya demi memuaskan pelanggan setianya. Berdasarkan pantauan team Selular, terdapat 5 smartphone Oppo yang mengusung RAM 8 GB. Guna mengetahui detail dari masing-masing smartphone tersebut, berikut pemaparannya untuk Anda jadikan opsi:

Smartphone  Oppo Dengan RAM 8GB

  1. Oppo Reno5 F
  2. Oppo Reno5 5G
  3. Oppo Reno5
  4. Oppo Reno4 F
  5. Oppo Reno4

Baca juga: Rekomendasi 10 Smartphone Android Terbaru 2021 Harga Sejutaan

Oppo Reno5 F

Rp4.299.000

Rekomendasi smartphone Oppo dengan RAM besar 8G adalah Oppo Reno5 F. Smartphone anyar Oppo yang rilis Maret 2021 ini merupakan anggota terakhir di seri Reno5.

Smartphone ini mengusung perangkat keras bertenaga terbaik di kelas nya, yakni MediaTek Helio P95, sehingga mampu memulai aplikasi 30% lebih cepat.

Kapasitas penyimpanannya pun juga sangat menarik yakni memiliki penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan menggunakan MicroSD.

Soal sektor fotografi, Oppo Reno5 F mengusung kamera 48MP Quad Camera, yang dilengkapi kamera sudut lebar 8MP, kamera makro 2MP serta kamera mono 2MP.

Selain itu, Oppo juga melengkapi kamera depannya dengan resolusi 32MP guna menangkap swafoto lebih baik. Tersemat juga beberapa fitur kamera menarik yang beberapa diantaranya meliputi AI Color Portrait, Dynamic Bokeh, dan AI Beautification 2.0.

Oppo Reno5 F juga mewarisi fitur fotografi dan videografi yang menjadi ciri khas lini seri Reno belakangan ini, seperti Dual-view Video, Monochrome Video, AI Scene Enhancement, dan Night Flare Portrait.

Dengan julukkan ponsel yang memiliki performa tinggi dan kecepatan lebih, Oppo Reno5 F juga mengemas baterai kapasitas 4310mAh dengan teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0, mampu mengisi daya 5 menit untuk menonton YouTube selama 2,9 jam. Dengan kapasitas segitu, pengguna bisa memutar video online selama 16 jam hanya dengan melakukan sekali pengisian daya.

Smartphone anyar Oppo ini juga dilengkapi dengan System Performance Optimizer yang bisa mengenali saat ponsel saat tidak digunakan atau diisi daya, secara otomatis akan mengoptimalkan sumber daya dengan membersihkan sampah, mendefragmentasi penyimpanan, membersihkan memori dan masih banyak lagi.

Dengan Berbagai teknologi hadir melengkapi Oppo Reno5 F terutama untuk memberikan waktu pemakaian yang lebih lama. Di antaranya meliputi Smart Power Saving, Super Power Saving Mode, Super Nighttime Standby, dan Battery Guard.

Berkat ColorOS 11, Oppo Reno5 F juga menawarkan berbagai keunggulan pada sisi produktivitas melalui sistem operasi berbasis Android 11 ini. Diantaranya yakni meliputi: Nearby Sharing, Three-finger Translate yang berkolaborasi dengan Google Lens, Private Safe, HeyTap Cloud, App Lock, Screencast Privacy Shield, dan lain sebagainya.

Berbicara soal layar, Oppo Reno5 F didesain sangat ramping dengan ketebalan bodi 7.8mm dan bobot hanya 172g dengan jenis layar AMOLED 6,43 inci, yang memiliki persentase screen-to-body 90,8%.

Peranti ini hadir dengan tampilan lubang tunggal dengan menghadirkan tampilan layar smartphone yang lebih modern dibandingkan dengan model layar tetesan air dan In-Display Fingerprint 3.0 yang dapat membuka kunci perangkat dengan cepat.

Terakhir, ponsel cerdas ini juga dilengkapi dengan All-day AI Eye Comfort, Sunlight Screen, serta Moonlight Screen, dan AI Backlight.

Oppo Reno5 5G

Rp6.999.000

Rekomendasi yang kedua ada Oppo Reno5 5G. Selain disokong RAM besar 8GB, seperti varian Reno lainnya, Oppo Reno5 5G juga mengungguli sektor kamera. Ponsel pintar itu membawa konfigurasi Quad Camera yang tersusun atas 64MP kamera utama, 8MP Ultrawide angle, 2MP lensa makro dan 2MP lensa mono. Pada bagian depan, terdapat lensa tunggal berkekuatan 32MP.

Tersemat fitur menarik dibalik kameranya, diantaranya yakni fitur AI Highlight Video, yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

Ada juga fitur populer Dual-view Video yang memungkinkan video ditangkap dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Untuk fitur videonya, terdapat fitur AI Scene Enhancement, Ultra-Clear 108MP Image, Ultra Night Selfie Mode, Ultra Dark Mode, Night Flare Potrait, hingga AI Beautifications.

Oppo Reno5 5G hadir dalam dua varian warna, yakni Starry Black dan Galactic Silver, yang masing-masing memiliki tekstur dan bobot yang berbeda. Varian warna Galatic Silver lebih berat 180gram, dibandingkan dengan varian starry black yang berbobot 172gram.

Kendati begitu, keduanya sama-sama membawa layar AMOLED 90Hz 6,4 inci dengan resolusi FHD+ (2400×1080) yang tajam dan kecepatan refresh rate 90Hz.

Dengan ini, pengguna Oppo Reno5 5G juga berkesempatan menyaksikan konten Netflix HD dan Amazon Prime Video HD secara lebih detail.

Di balik cangkang, Reno5 5G mengemas baterai 4300mAh didukung dengan pengisian cepat 65W SuperVOOC 2.0. Hanya butuh waktu sekitar 35 menit untuk mengisi daya Reno5 5G hingga 100%.

Baca juga :  Rekomendasi 5 Smartphone Gaming Terkini, Harga Mulai Rp1-3 Jutaan

Smartphon yang memiliki kapasitas penyimpanan 128GB ini, mengusung prosesor fabrikasi 7nm Qualcomm Snapdragon 765G 5G, sehingga menghadirkan kinerja yang cepat dengan konsumsi daya seimbang.

Selain itu, perangkat ini menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, dan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 5, NFC, 3,5mm Headphone jack, Bluetooth 5.1, serta USB Type C.

 

Oppo Reno5

Rp4.999.000

Selanjutnya ada Oppo Reno5. Smartphone yang menjadi ponsel terbaru pertama Oppo di 2021 ini mengemas baterai 4310mAh dengan peningkatan kemampuan chargingnya yaitu 50W Flash Charge yang dapat mengisi penuh perangkat kurang dari satu jam. Dengan pengisian ini, juga memiliki kompartibilitas dengan protokol pengisian VOOC 4.0, SuperVOOC, PD 2.0 dan Qualcomm Quick Charge 2.0.

Baca juga :  Rekomendasi 4 Smartphone Premium Terkini, Harga mulai Rp8 Jutaan

Spesifikasi lainnya yang ditawarkan yaitu, Oppo Reno5 mengusung layar 90Hz AMOLED Screen, dengan desain ramping dan ringan, serta penyimpanan 128GB yang masih dapat diperluas maksimal dengan kartu tambahan hingga 256GB, bersama dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G yang membuat sistem operasi ColorOS 11.1 dapat berjalan dengan mulus pada perangkat ini.

Selain itu, Oppo juga melengkapi perangkat ini dengan Near-Field-Communication (NFC) untuk mendukung fungsi aplikasi pembayaran digital secara nirkontak.

Untuk kameranya, ponsel pintar ini dilengkapi dengan sistem kamera belakang baru yang menampilkan matriks quadcam 64MP dan kamera depan 44MP. Keduanya hadir dengan peningkatan Oppo Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, sebuah sistem pencitraan yang dirancang untuk efek video potret yang superior. Sistem ini terdiri dari dua mesin, Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret.

Sebagai penerus Reno4, Reno5 hadir dengan dua fitur performa video terdepan yakni AI Mixed Portrait video eksposur ganda pertama pada smartphone dan AI Highlight Video fitur yang menggunakan deteksi cahaya cerdas untuk menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR yang meningkatkan kualitas video secara signifikan dalam suasana cahaya redup dan cahaya latar yang kuat. Perangkat tersedia dalam dua pilihan warna yakni Fantasy Silver dan Starry Black.

Oppo Reno4 F

Rp3.999.000

Rekomendasi selanjutnya ada Oppo Reno4 F. Smartphone Oppo yang dijuluki ponsel nyaman serta menyandang smartphone tertipis dalam series Oppo ini memiliki ketebalan hanya 7,4mm, bobot hanya 164 gram, serta dibekali baterai 4.000mAh yang dilengkapi dengan dukungan fast charging 18W, yang akan mengisi penuh daya hanya dalam 100 menit.

Reno4 F dilengkapi layar 6,43 inci yang datang dengan layar FHD+ Super AMOLED, yang dapat menghasilkan gambar yang lebih hidup dengan piksel yang lebih terang dan lebih jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Layar ini menampilkan Mini Dual Punch-Holes dengan diameter yang lebih kecil (3.7mm) yang berarti dapat lebih banyak memberikan luar layar yang lapang dan dapat menawarkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Disusun persegi, pengaturan empat kamera belakang terdiri dari 48MP Main camera, 8MP Wide-Angle, dan dual lensa mono 2MP. Untuk kamera depan, ponsel ini dilengkapi dengan 16MP Main Camera serta 2MP Depth Camera.

Spesifikasi lainnya yaitu memiliki chipset AI MediaTek Helio P95, memori 8GB dan penyimpanan internal 128GB, yang dapat diperluas hingga 512GB melalui keberadaan 3 slot kartu. Ponsel ini juga menjalankan ColorOS 7.2.

Soal kamera, ponsel ini menghadirkan Fitur AI Color Potrait yang dapat memberikan efek hitam putih pada latar belakang gambar sekaligus tetap menjaga objek orang dalam gambar tampil berwarna.

Selain itu, Reno4 F juga membawa fitur Night Flare Potrait yang menciptakan foto potret malam hari tampil lebih cerah dengan efek bokeh neon yang artistik.

Oppo Reno4

Rp4.999.000

best camera smartphone

Rekomendasi yang terakhir yaitu Oppo Reno4. Smartphone yang tersedia dengan dua pilihan warna Space Black dan Galactic Blue ini mengusung Snapdragon 720G dengan kecepatan clock mencapai 2,3 GHz. Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 8nm serta Low Power DDR4X Semiconductor.

Terkait sektor penyimpanan, ponsel ini memiliki kapasitas penyimpanan memori internal sebesar 128GB dengan menyediakan slot Micro SD guna menambah penyimpanan hingga 256GB.

Soal baterainya, smartphone ini ditenagai oleh baterai 4015mAh yang didukung dengan 30W VOOC 4.0. Berbekal teknologi pengisian cepat, Reno4 diklaim dapat mengisi penuh baterai hanya sekitar 57 menit.

Selain itu, ponsel pintar besutan Oppo ini juga merupakan yang pertama menjalankan CoorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Soal fisik, Reno4 menyuguhkan bodi lebih tipis dari pendahulunya yakni 0,15mm, dengan membawa layar AMOLED 6,4 inci dan memiliki perlindungan Corning Gorilla Glass 3 di bagian depan serta Corning Gorilla Glass 5 pada bodi belakang.

Spesifikasi lain yang disuguhkan smartphone ini yatu layarnya mengusung Dual-punch Hole berupa 32MP kamera depan dan sebuah AON Smart Sensor. Ini merupakan teknologi baru yang diperkenalkan Oppo.

Sensor itu memiliki Smart Always-On agar menjaga layar tetap menyala serta smart spying prevention yang mencegah orang lain mengintip notifikasi, dan juga smart air control yang mendukung kontrol smartphone tanpa menyentuhnya.

Terkait sektor fotografi, Oppo Reno4 menambahkan konfigurasi 4 kamera di bagian belakang. Desain 4 lensa itu tampil vertikal berlapis bingkai persegi, mengadopsi desain masa kini. Itu tersusun atas 48MP kamera utama, 8MP lensa ultra-wide, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa mono.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru