spot_img
BerandaTipsPixel Shift Ultra HD Berikan Pengalaman Fotografi di Smartphone Serupa Kamera DSLR

Pixel Shift Ultra HD Berikan Pengalaman Fotografi di Smartphone Serupa Kamera DSLR

-

Jakarta, Selular.ID – Sebagai professional photography dan videography flagship smartphone, Vivo X60 Series 5G menyematkan berbagai teknologi premium ke dalam perangkatnya demi memberikan hasil tangkapan layaknya profesional. Salah satu teknologi kamera yang menjadi keunggulan smartphone ini adalah fitur Pixel Shift Ultra HD Imaging yang akan menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam dengan warna yang lebih akurat. Ponsel menjadi smartphone Vivo pertama yang dibekali teknologi Pixel Shift Ultra HD Imaging, teknologi yang sebelumnya hanya ada di kamera digital DSLR.

Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala mengungkapkan, “Kami menyematkan Pixel Shift Ultra HD Imaging sebagai fitur premium di Vivo X60 Series 5G untuk menghasilkan gambar yang detail dengan akurasi warna yang lebih baik. Teknologi ini umumnya digunakan pada kamera, lalu kami coba mengadaptasi teknologi ini melalui X60 Series 5G.”

Pixel Shift Ultra HD Imaging, Hasilkan Gambar Lebih Detail dengan Akurasi Warna Lebih Baik

Pixel Shift adalah teknologi pergeseran sensor yang memastikan pengambilan foto dengan informasi dan akurasi warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan cara biasa. Sensor kamera secara otomatis akan bergeser saat melakukan pengambilan gambar yang akan mengambil lebih banyak cahaya. Untuk menangkap warna sebenarnya dari objek yang ditangkap, teknologi kamera pada sistem ini menggunakan pola Bayer (bayer pattern) yang menggunakan rangkaian filter warna di depan sensor, sehingga hanya satu warna yang diukur dalam setiap piksel. Dalam hal ini, terdapat tiga warna piksel utama yaitu merah, hijau, atau biru yang diatur dalam pola bayer. Pola ini menyerupai papan catur dengan tiga warna.

Lebih lanjut, piksel-piksel warna tersebut dikelompokkan berdasarkan 2×2 pada sebuah sensor, dan cahayanya disaring oleh filter warna dengan warna tertentu saat tertangkap kamera, dengan detail warna gambar berupa piksel hijau mencakup 50%, saluran merah dan biru hanya mendapat cakupan masing-masing 25%. Hal ini karena mata manusia paling sensitif terhadap warna hijau. Berdasarkan pemrosesan informasi piksel warna ini, pipa pemrosesan kamera akan merekonstruksi warna sebenarnya dari semua detail piksel secara keseluruhan.

Cara kerja teknologi Pixel Shift ini menghasilkan terobosan baru dalam fotografi dan videografi untuk smartphone. Sistem teknologi Pixel Shift Ultra HD Imaging pada smartphone ini bekerja bersama dengan kemampuan Gimbal Stabilization 2.0. Secara teknis, Pixel Shift bekerja dengan cara menggeser sensor secara vertikal dan horizontal mulai dari atas, kiri, kanan, dan bawah, sebelum akhirnya kamera merekam gambar. Hasilnya kamera akan mengambil banyak gambar/foto dalam bentuk raw yang memiliki komposisi RGB berbeda untuk melengkapi satu sama lain, sehingga mempertajam hasil akhir agar menghasilkan gambar yang berkualitas Ultra HD. Lewat teknologi ini juga, Vivo bisa meningkatkan zoom digital dan tetap menghasilkan akurasi foto yang tak tertandingi. Hasilnya, pengguna akan mendapat kesempurnaan dan kejernihan gambar di setiap piksel, terutama saat menangkap momen arsitektur, lanskap, dan objek menarik di sekitar mereka.

Modul kamera dari Vivo X60 Series 5G dilengkapi dengan resolusi 32MP untuk kamera depan dan untuk kamera belakangnya terdiri dari 48MP Main Camera, 13MP Portrait Camera – 2x Optical Zoom, serta 13MP Super Wide – Angle Camera with 2.5cm Macro. Secara khusus, kamera belakang didukung dengan teknologi ZEISS Co-engineered Imaging System yang membuat fotografi lebih bertenaga dengan tampilan khas ZEISS.

Vivo X60 Pro 5G juga mengusung kemampuan Gimbal Stabilization 2.0 yang dihadirkan pada kamera utama dan mampu memberikan hasil tangkapan gambar foto maupun video yang tetap stabil bahkan saat diambil dalam situasi guncangan atau kondisi bergerak. Pada dapur pacunya, vivo X60 Series 5G dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G dengan System-on-Chip (SoC). Lewat kemampuan chipset ini, pengguna akan mendapatkan pengalaman smartphone dengan lebih kencang dan aksesibilitas luas dengan jaringan 5G.

Sudah tersedia di pasar Indonesia dan bisa didapatkan secara online maupun offline, Vivo X60 Pro 5G yang dijual seharga Rp9.999.000 dan Vivo X60 5G yang dijual dengan harga Rp7.999.000.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru