spot_img
BerandaTipsPanduan Cara Backup Kontak di Android

Panduan Cara Backup Kontak di Android

-

Jakarta, Selular.ID – Membackup kontak di Android adalah salah satu cara untuk memudahkan ketika mengganti perangkat lama dengan yang baru atau ketika perangkat yang digunakan hilang atau rusak.

Ada banyak cara untuk membackup kontak di Android. Beberapa diantaranya dengan cara mudah dan beberapa tidak, tetapi tidak ada alasan mengapa anda harus kehilangan semua kontak anda lagi. Kami di sini untuk membantu anda menemukan metode terbaik, jadi mari kita mulai.

Backup kontak Android ke akun Google anda

Ini adalah cara termudah dan ternyaman untuk memastikan kontak anda selalu dicadangkan. Karena Google memiliki Android, layanannya terintegrasi dengan sangat baik dengan sistem operasi seluler populer. Salah satu dari banyak manfaat yang dapat anda nikmati adalah menyimpan kontak ke server Google.

Jika anda memutuskan untu menggunakan cara ini maka, kontak anda akan terus disinkronkan ke akun Google anda. Ini termasuk semua kontak saat ini, serta yang anda tambahkan atau hapus kapan saja.

Apakah ponsel anda tiba-tiba rusak, berhenti bekerja, atau anda perlu berpindah perangkat, mereka yang mencadangkan kontak Android ke akun Google mereka akan selalu memiliki nomornya di cloud dan siap untuk diunduh.

  1. Dari perangkat Android Anda, buka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih opsi Akun.
  3. Cari akun Gmail atau Google Anda. Pilih itu.
  4. Masuk ke Sinkronisasi akun.
  5. Pastikan Kontak dicentang.
  6. Buka aplikasi Kontak.
  7. Ketuk tombol menu 3 baris.
  8. Pilih Pengaturan.
  9. Tekan Pengaturan sinkronisasi kontak.
  10. Di bawah Juga sinkronkan kontak perangkat, pilih Kelola Pengaturan.
  11. Aktifkan Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.

Backup kontak Android menggunakan kartu SD atau penyimpanan USB

Untuk beberapa orang menyukai hal-hal dengan cara kuno atau tidak mempercayai cloud. Inilah sebabnya mengapa menggunakan penyimpanan eksternal untuk mencadangkan kontak Android adalah cara utama lain untuk menjaga nomor anda tetap aman dan sehat. Ini dapat dilakukan dengan kartu SD atau perangkat penyimpanan USB apa pun.

  1. Buka aplikasi Kontak Anda.
  2. Tekan tombol menu 3 baris dan masuk ke Pengaturan.
  3. Pilih Ekspor.
  4. Pilih di mana Anda ingin file kontak Anda disimpan. Dalam hal ini, itu akan berada di suatu tempat di kartu SD atau unit penyimpanan USB Anda.
  5. Ikuti petunjuk dan simpan perangkat penyimpanan Anda di tempat yang aman. anda juga dapat menyimpannya di layanan cloud Anda dan menariknya kapan pun diperlukan.

Backup kontak Android ke kartu SIM anda

Perangkat Android terbaru membuat lebih rumit untuk menyimpan kontak di kartu SIM anda. Aplikasi Kontak resmi Google sekarang hanya mengizinkan impor kontak dari kartu SIM, tetapi tidak mengekspor.

Demikian juga, anda tidak dapat lagi menambahkan kontak satu per satu ke kartu SIM anda dari aplikasi tersebut. Ini mungkin karena proses ini dianggap tidak perlu, untuk itu salah satu cara alternatif yang lebih nyaman digunakan untuk mencadangkan kontak anda.

Beberapa dari anda mungkin menggunakan aplikasi kontak buatan pabrikan, dan ini mungkin masih memungkinkan anda untuk mentransfer kontak ke kartu SIM anda. Seperti halnya dengan aplikasi Kontak Samsung.

Jika anda menggunakan aplikasi Samsung, yang harus anda lakukan adalah menekan tombol menu 3 baris, pergi ke Kelola kontak, tekan Impor / ekspor kontak, pilih Ekspor, pilih kartu SIM, dan ketuk Ekspor. Prosesnya mungkin serupa dengan aplikasi kontak non-Google lainnya.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga memudahkan untuk membuat cadangan kontak Android. Ada Titanium Backup, Easy Backup, dan banyak lagi.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru