spot_img
BerandaTipsBagaimana Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus di Ponsel Android

Bagaimana Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus di Ponsel Android

-

Jakarta, Selular.ID – Mungkin anda tidak akan pernah terbiasa dengan momen cukup memilukan saat pesan SMS penting telah dihapus. Apa yang akan anda lakukan sekarang, pengguna yang putus asa akan melakukan apa saja untuk menyimpan pesan-pesan penting itu.

Memulihkan pesan yang dihapus bukanlah hal yang mudah, tetapi melompat beberapa rintangan pasti akan membawa ke suatu tempat. Ada kemungkinan anda bisa mendapatkan pesan teks berharga itu kembali, dan anda dapat mendapatkannya kembali dengan cara-cara berikut ini.

Cara kerja penghapusan dan penyimpanan

Pernahkah mendengar orang mengatakan bahwa file tidak selalu hilang dari komputer saat menghapusnya Ini benar. Semua file tersebut tersembunyi di suatu tempat di hard drive, menunggu untuk diambil atau diganti.

Inilah yang terjadi dengan ponsel Android juga. Semua yang dihapus, termasuk pesan SMS, tetap ada hingga waktu yang cukup berlalu dan atau ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan data lain.

Mungkin anda masih bertanya-tanya bagaimana ini bisa terjadi. Ini sebenarnya bukan konsep yang sangat rumit setelah memahami cara kerja penghapusan. Dalam kebanyakan kasus, membuang file dalam hal ini pesan SMS atau MMS tidak benar-benar menghapusnya dari sistem atau setidaknya tidak langsung melakukannya.

Perangkat anda akan menandai file ini sebagai tidak aktif. Dengan kata lain, itu dibuat tidak terlihat dan bisa diganti. Saat anda terus menggunakan perangkat dan menambahkan file baru, ini mulai menggantikan konten yang “dihapus”.

Dengan kata lain, anda harus berhenti menggunakan ponsel jika benar-benar perlu memulihkan pesan teks tersebut, karena pesan tersebut dapat terhapus secara permanen setelah beberapa saat.

Operator sering kali menyimpan semua teks anda

Ini belum tentu merupakan solusi, namun tetap merupakan informasi yang mungkin berguna dalam beberapa kasus. Ternyata, banyak penyedia nirkabel menyimpan catatan pesan teks anda dan data lainnya untuk waktu yang lama. Satu-satunya masalah adalah mereka kemungkinan besar tidak akan memberikan informasi itu kepada anda hanya karena anda tidak sengaja menghapus sesuatu.

Namun, beberapa operator dapat bekerja sama dengan polisi jika perlu. Perusahaan-perusahaan ini juga dikenal membantu pengguna menghadapi masalah hukum, karena pesan-pesan ini dapat menjadi bukti di pengadilan. Ini tidak akan membantu sebagian besar dari kita, jadi mari kita lanjutkan ke apa yang dapat anda lakukan untuk benar-benar mendapatkan hasil.

Beberapa operator menawarkan solusi mereka sendiri. Ada Pesan Verizon, misalnya, yang dapat mencadangkan pesan anda, dan bahkan menyinkronkannya di seluruh perangkat. Mereka bahkan menawarkan aplikasi web dan perangkat lunak desktop sehingga anda dapat menikmati teks anda dari mana saja.

Gunakan software pemulihan data

Misalkan semuanya hilang dan anda benar-benar ingin memulihkan pesan tersebut. Anda dapat memperolehnya menggunakan perangkat lunak pemulihan data, yang dapat memindai ponsel untuk mencari konten yang dihapus dan mengambil apapun yang mungkin masih ada.

Melakukan pencarian Google sederhana akan menunjukkan banyak alat pemulihan data untuk perangkat Android. Beberapa gratis, beberapa tidak, tetapi banyak yang berbayar masih menawarkan masa uji coba gratis. Beberapa yang paling populer adalah Android Data Recovery, Dr. Fone, Tenorshare UltData, dan FonePaw.

Setelah anda memiliki perangkat lunak, prosesnya cukup mudah. Cukup instal program di PC dan jalankan. Anda mungkin perlu menyambungkan perangkat ke komputer, atau beberapa program memanfaatkan aplikasi. Instruksi lengkap pasti akan disertakan dengan perangkat lunak.

Setelah anda membiarkan program melakukan tugasnya, anda akan disajikan dengan semua file yang dapat anda pulihkan.

Memastikan ini tidak terjadi lagi

Mungkin anda baru saja menyadari bahwa memulihkan seluruh pesan teks yang dihapus ini bukanlah hal yang mudah. Dan itu seharusnya tidak benar anda baru saja menyingkirkan itu anda beruntung perangkat komputer bekerja dengan cara tertentu.

Terlepas dari itu, cara terbaik untuk menyelesaikan sesuatu adalah dengan mencegahnya. Banyak aplikasi dapat membantu anda membuat cadangan pesan teks anda, serta konten lainnya. Mari kita salah satunya.

Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud yang hebat, dan dapat melakukan lebih dari sekadar menyimpan dokumen dan file. Anda benar-benar dapat mencadangkan pesan teks ke Google Drive ini adalah bagian dari layanan cadangan cadangan Android, jadi kita semua dapat menikmati ini.

Cara mem-backup pesan teks ke Google Drive:

  1. Masuk ke aplikasi Pengaturan ponsel Android anda
  2. Pilih Google
  3. Ketuk Cadangan
  4. Pastikan Cadangan ke Google Drive telah diaktifkan
  5. Tekan Cadangan sekarang.
spot_img
spot_img

Artikel Terbaru