spot_img
BerandaSmartphoneAmbisi Xiaomi Menjadi Brand Smartphone No.1 Dunia, Geser Samsung dan Apple

Ambisi Xiaomi Menjadi Brand Smartphone No.1 Dunia, Geser Samsung dan Apple

-

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi saat ini berada di posisi nomor 3 berkat penampilan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan terknologi asal China itu kini telah mengumumkan proyeksi untuk lima tahun ke depan, dan target siap mengeser dominasi Samsung dan Apple dalam bisnis smartphone.

Lu Weibing, presiden Xiaomi Group dan Redmi GM, mengabarkan bahwa perusahaan kini menaruh harapan besar menjadi vendor smartphone nomor satu dunia, dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Dan kemudian menggantikan Samsung sebagia pemuncak pasar smartphone yang sudah mereka duduki cukup lama.

Baca juga: Pendapatan Xiaomi Meroket Imbas Pembatasan Terhadap Huawei

Weibing juga menceritakan bisnis ponsel Xiaomi kini menargetkan bisa mengungguli Apple dan menjadi vendor smartphone nomor 2 dunia tahun ini. Berdasarkan data terbaru yang dirilis firma riset pasar Canalys pada April tahun ini menunjukkan bahwa pengiriman smartphone global mencapai 347 juta pada kuartal pertama 2021.

Diantaranya, Samsung menduduki peringkat pertama dengan pangsa 22% dan mengapalkan 76,5 juta unit. Apple mengikuti dengan pengiriman 52,4 juta unit, dengan pangsa 15%. Sedangkan dikursi ketiga ada Xiaomi dengan pertumbuhan tahun ke tahun (YoY) sebesar 62%. Menjadi menarik pasalnya ini menjadi tingkat pertumbuhan tercepat di dunia dengan pengiriman 49 juta unit.

Kini perusahaan asal China itu juga meraup hingga 14% pangsa pasar, dengan perbedaan antara Apple dan Xiaomi hanya terpaut di sekitar 3 juta unit.

Tentunya Apple harus waspada, pasalnya melalui produk unggulan terbaru Xiaomi yaitu Mi 11 Ultra, lalu Mi MIX Lipat, dan model premium lainnya akan membantu perusahaan mencapai margin penjualan yang mengesankan di pasar kelas atas. Lalu Xiaomi selama bertahun-tahun juga mendapatkan reputasi sekaligus kesan yang baik pada smartphone premium yang dikenal selalu memiliki harga jual terjangkau.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone 5G Harga Termurah Mulai Rp3 Jutaan     

Apple sendiri diprediksi tidak akan meluncurkan model baru, dalam waktu dekat sehingga bukan tidak mungkin bagi Xiaomi untuk menjual lebih banyak unit dari pada Apple di Q2.

Namun berdasarkan spekulasi yang beredar apabila disalip Xiaomi, Apple kemungkinan akan dapat kembali ke posisi nomor dua pada kuartal ketiga, atau keempat ketika meluncurkan model andalan di 2021. Selain itu, Apple dipastikan juga akan terus mendominasi posisi teratas dari segi pendapatan.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru