spot_img
BerandaNewsFinTechRiset: 83% Masyarakat Andalkan Mobile Banking Untuk Transaksi Finansial

Riset: 83% Masyarakat Andalkan Mobile Banking Untuk Transaksi Finansial

-

Jakarta, Selular.ID – Jenius melalui Jenius Study baru saja mengeluarkan hasil riset dalam melihat perilaku finansial digital selama tahun 2020.

Waasi B Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN mengatakan, menurut hasil riset tersebut, tampak ada perubahan perilaku masyarakat yang berpindah ke transaksi non-tunai akibat dampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan riset yang dilakukan terhadap 567 responden usia 26 hingga 40 tahun, mobile banking tetap nomor satu, persentasenya naik dari 71% menjadi 83%. Nomor dua internet banking menjadi 34%, dari yang sebelumnya hanya 32%,”tutur Waasi, dalam konferensi pers, (15/04/21).

Dikatakan dia, perubahan perilaku transaksi itu juga dirasakan oleh Jenius, menurut Waasi, penarikan uang tunai mengalami penurunan. Pada saat bersamaan, fitur transfer dan top up dana mengalami peningkatan.

“Intinya mendukung transaksi non tunai. Dari transaksi Jenius Pay juga meningkat,” kata Waasi

Tidak hanya itu, menurut Waasi transaksi masyarakat yang menggunakan Automatic Teller Machine (ATM), di masa pandemi turun menjadi 25% dari yang sebelumnya mencapai 45%. Kebalikan, penggunaan internet banking meningkat menjadi 34% dari yang sebelumnya hanya 32%

“Artinya transaksi tunai kecenderungannya semakin berkurang,” ujar Waasi.

Penurunan transaksi juga terjadi di mesin Cash Deposit Machine (CDM )dari sebelum pandemi 17 persen menjadi 12 persen, dan kantor cabang bank dari 7 persen menjadi hanya 3 persen.

Baca Juga:Genjot Ekosistem Digital, Jenius Pay Gandeng Sejumlah Mitra

Baca juga :  Sepak Terjang Bank Jago dari Bank Konvensional Bertransformasi ke Bank Digital

Waasi menyebutkan, fitur-fitur yang berkaitan dengan transaksi keuangan digital lainnya juga mengalami peningkatan, mulai dari pembayaran e-commerce hingga pengunaan QR code.

Baca juga :  2 Bulan Lagi, OJK Siap Sahkan Panduan Data Nasabah Bank Digital

“Transaksi-transaksi lain atau fitu-fitur lain yang relevan dengan kondisi pandemi ini, itu juga terjadi peningkatan,” pungkasnya

spot_img

Artikel Terbaru