Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Samsung Galaxy A32: Spesifikasi Mumpuni Berkreasi Tanpa Batas

Review Samsung Galaxy A32: Spesifikasi Mumpuni Berkreasi Tanpa Batas

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung Galaxy A32 mengombinasikan inovasi untuk mendukung penggunanya berkreasi tanpa batas, A32 dibekali dengan quad-camera 64MP, layar Super AMOLED dengan refresh rate 90hz, dan baterai 5.000mAh.

Dengan kombinasi di atas, sepertinya tidak berlebihan jika Galaxy A32 cocok bagi kalian yang mengandalkan smartphone untuk melakukan apa pun, kapan pun, di mana pun. Performa Galaxy A32, sangat pas untuk mendukung berbagai aktivitas, mulai dari gaming hingga pembuatan konten maupun pengalaman streaming.

Unboxing Samsung Galaxy A32
Di dalam kotak kemasan Samsung Galaxy A32 terdapat buku panduan singkat, garansi, charger 30W, kabel USB-A to USB-C, earphone dan jelly case transparan yang akan melindungi dan memberikan pegangan ekstra.

Empat Lensa Kamera
Samsung Galaxy A32 hadir dengan kamera utama 64MP. Ultra Wide Camera 8MP dengan sudut pengambilan gambar yang luas hingga 123° juga memungkinkan lebih banyak objek yang masuk ke dalam frame sehingga cocok untuk fotografi pemandangan alam saat travelling, serta memberikan hasil foto yang optimal untuk update di media sosial.

Selain itu, Depth Sensor 5MP dari kameranya mampu menampilkan foto bokeh dengan efek blur mendalam yang lebih rapi. Lensa makro 5MP Galaxy A32 juga sangat pas untuk mengambil gambar dengan jarak fokus 3-5 cm yang dapat membuat detail-detail kecil pada objek tampak lebih nyata. Selalu tampil percaya diri saat selfie menggunakan efek Portrait Mode dengan kamera depan 20MP.

Selular mencoba mengambil beberapa foto dalam keadaan mendung, full cahaya serta memaksimlkan zoom pada kamera A32, berikut hasilnya:

Foto ini diambil saat cuaca mendung, perlu diketahui pengambilan gambar ini tidak menggunakan efek apapun, hanya berfokus pada mode foto, gambar yang dihasikan pun cukup baik dan detail.

Begitupun saat pengambilan siang diterik matahari, foto ini diambil pada pukul 12.30Wib di luar ruangan, hasilnya sangat terang. Ketika memaksimalkan zoom dari jarak 200 meter dengan 4x zoom, hasilnya tidak terlalu blur, dan cukup jelas.

Begitu juga ketika pengambilan gambar di dalam ruangan, warna-warna yang dihasilkan jelas dan tidak berlebihan. Ini berkat tingkat kecerahan hingga 800 nits yang tetap jernih dengan kondisi ruangan tidak terlalu terang.

Bagaimana foto malam hari, kondisi malam hari yang lebih minim cahaya kadang dapat membuat hasil foto terlihat tidak fokus, shaking atau bergoyang, blur alias berbayang, bahkan terlihat banyak noise atau bintik-bintik. Kami pun coba mengambil foto malam hari dengan Samsung Galaxy A32.

Foto dibawah ini menggunakan fitur night mode, dari hasilnya pun cukup bagus, cukup detail, warnanya pun cukup jelas.

Lalu bagaimana jika memotret malam hari tanpa fitur night mode, kami pun melakukan itu. Foto ke dua malam hari, kami tidak menggunakan fitur apapun, hasilnya sepertinya tidak berbeda jauh dengan memotret menggunakan night mode. Bagaimana menurut kalian?

Layar Responsif
Samsung Galaxy A32 memiliki layar FHD+ Super AMOLED Infinity-U Display berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90hz. Kehadiran refresh rate 90hz Samsung Galaxy A32 memberikan pengalaman gaming dengan tampilan visual yang lebih hidup di setiap frame-nya. Tidak ketinggalan, respons sentuh layar yang mencapai 180hz menghadirkan sensasi mengontrol game melalui layar yang bebas ghost touch.

Fitur ini pun dapat membantu pengguna dalam memberikan pengalaman bermain mobile games bersama teman yang lebih menyenangkan karena aksi para karakter dalam permainan bisa dinikmati dengan lebih mulus. Selain itu, refresh rate tinggi juga memanjakan pengguna dengan scrolling layar yang lebih mulus sehingga membuat perpindahan antar aplikasi terasa lebih seamless.

Prosesor
Galaxy A32 diberikan chipset yang lebih andal yang dikhususkan untuk performa dan gaming.Dengan Helio G80, aktivitas gaming dengan ponsel bisa dilakukan secara lebih mumpuni tanpa hambatan berarti.

Prosesor ini sendiri memiliki delapan inti dengan kecepatan hingga 2,0 gigahertz (Hz) dan dibangun dengan teknologi fabrikasi yang sudah lumayan canggih.
Tak hanya dukungan chipset yang andal, Samsung juga menyempurnakan performa Galaxy A32 dengan fitur bernama Game Booster. Yang fungsinya untuk membuat grafis lebih smooth, optimasi baterai hingga menjaga temperatur.

Performa
Kapasitas baterai 5.000mAh membuat aktivitas seharian mulai dari menjelajah media sosial, menonton streaming serial kesukaan maupun bermain mobile gaming berjalan tanpa terputus karena habis daya. Peningkatan teknologi layar dan kamera tentunya juga diimbangi dengan performa RAM 6/8GB yang dilengkapi memori internal 128GB juga dapat ditingkatkan dengan menambahkan external memori hingga kapasitas 1TB. Dengan kapasitas yang dihadirakan pengguna dapat memnyimpan beragam video maupun foto.

Sebagai ponsel generasi terbaru, Galaxy A32 telah menjalankan sistem operasi Android 11 dan antarmuka khas Samsung, OneUI 3.0.

Nikmati pengalaman yang lebih nyaman dengan proteksi layar Galaxy A32 yang sudah menggunakan on-screen fingerprint, dan fitur NFC untuk mengecek sekaligus top-up saldo kartu tol secara praktis sebelum mulai berkendara.

Desain
Galaxy A32 menawarkan dimensi panjang 158.9mm, lebar 73.6mm dan ketebalan 8.4mm. Wujudnya pas dalam genggaman, tidak terlalu tebal dan nyaman ketika digunakan untuk mengetik pesan. Bentuknya juga nyaman ketika dimasukkan ke saku celana.

Desain tampilan empat kamera pada punggung ponsel cukup membuat kalian langsung terkesima. Meskipun memiliki 4 lensa, nampaknya Samsung sengaja mendesain tata letak bulatan kamera menjadi 3 bagian. Hal yang baru saya temukan ketika jajaran smartphone lain biasanya menyertai modul kamera sesuai dengan lensa yang disematkan. Desain seperti ini memberikan gaya yang cukup minimalis. Jadi bulatan cuma 3 lubang. Pada bagian lensa makro memiliki bulatan kecil di sampingnya, yang sama ukuran dan posisinya dengan penerang cahaya kamera (flash).

Ponsel menawarkan casing glossy yang memukau pandangan ketika pertama kali melihatnya. Tidak seperti namanya, balutan desain berwarna Awesome Black tidak seluruhnya diwarnai dengan warna hitam. Pada bagian punggung ponsel memiliki warna abu kegelapan yang dibalut dengan material plastik terlihat agak glossy.

Bagi kalian yang langsung ingin memiliki smartphone ini, Samsung Galaxy A32 dibandrol dengan harga Rp3,599 juta untuk varian RAM 6GB/ROM 128 GB, dan varian RAM 8GB/ROM 128GB Rp3,799 juta.

Kesimpulan
Dengan harga kurang dari Rp4 juta, smartphone ini bisa menjadi pilihan, karena di dalamnya telah dibekali fitur dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, mulai dari kamera, baterai besar, layar lapang dan desain yang carntik. Sehingga cocok bagi kalian yang memiliki mobilitas tinggi namun tetap ingin berkereasi.

 

Artikel Terbaru