Beranda Devices MediaTek Siap Garap Chipset dengan Fabrikasi 4nm

MediaTek Siap Garap Chipset dengan Fabrikasi 4nm

-

Jakarta, Selular.ID – MediaTek dikabarkan tengah sibuk mengembangkan chipset baru yang lebih canggih. Chipset ini bakal menggunakan arsitektur 4nm, yang merupakan lompatan dari chip berbasis 5nm yang tersedia saat ini.

Berdasarkan laporan dari dua sumber yang berbeda, MediaTek disebut akan memulai produksi chipset dengan fabrikasi 4nm ini pada akhir tahun 2021 atau sebagai alternatif pada awal tahun 2022 mendatang.

Menariknya, beberapa produsen smartphone sudah mengungkapkan minatnya pada chipset high end milik MediaTek ini. Mulai dari Samsung, Oppo, Xiaomi dan juga Vivo menyatakan ketertarikan menggunakan chipset ini di calon smartphone terbaru mereka.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, chipset baru MediaTek tersebut diklaim akan mampu menantang chipset Snapdragon seri 800 dan mampu mengurangi konsumsi daya secara signifikan.

Guna merealisasikan chipset ini, MediaTek sudah melakukan pemesanan komponen pada TSMC untuk chipset berbasis 4m. dan chipset 3nm generasi selanjutnya.

Karena teknologinya yang lebih maju, kemungkinan besar harga chipset ini juga akan ikut naik, dari USD 30 menjadi USD 80, yang tentunya juga dapat meningkatkan pendapatan yang signifikan pada perusahaan.

Artikel Terbaru