Apps

Fitur Ini Diandalkan Pengguna Jenius Dalam Mengelola Keuangan

Jakarta, Selular.iD – Jenius meluncurkan program Month of Women. Terinspirasi dari International Women’s Day dan Hari Kartini, Jenius mengajak perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian dan tujuan dalam hidup, karir, bisnis, dan keuangan mereka.

Jenius juga mengapresiasi cara unik perempuan Indonesia dalam beradaptasi menjalani hidup dan mengelola keuangan selama pandemi.

Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN menjelaskan latar belakang program Month of Women. Jenius percaya bahwa perempuan memiliki peran penting dalam mengelola banyak hal.

“Termasuk soal finansial dan beradaptasi dalam situasi saat ini, ujar Anita, dalam media brifieng yang digelar secara online, (27/04/21).

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Jenius yang diikuti oleh 4.354 responden, ditemukan bahwa 93% mengakui penting bagi perempuan untuk memiliki penghasilan sendiri, serta 94% responden juga setuju jika perempuan dapat meneruskan karir dan mewujudkan impiannya setelah menikah.

Lima tujuan finansial utama yang ingin mereka capai adalah memiliki aset properti (30%), financial freedom (26%), menyiapkan dana pensiun (18%), investasi (17%) dan tujuan personal lainnya seperti memulai bisnis & melanjutkan pendidikan (9%). Bagi mereka yang telah menikah, sebanyak 60% setuju keuangan keluarga dikelola oleh perempuan.

Baca juga :  Pasca Bobolnya Data eHAC dan Jokowi, Pakar: Kalau Sudah Bocor ‘Berabe’ Urusan

Lebih lanjut lagi, berdasarkan Jenius Study yang bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi yang melibatkan 278 responden perempuan berusia 26-40 tahun, terungkap lima topik yang paling banyak dicari selama pandemi adalah investasi (26%), Covid-19 (22%), financial planning (12%), memasak (11%), dan bisnis (11%).

Cara digital savvy perempuan beradaptasi dan tetap bahagia selama pandemi adalah menonton atau mencari hiburan (18%), bersyukur (16%), berpikir positif (16%), menekuni hobi (11%), dan olah raga (9%). Tiga barang yang paling sering dibeli secara online ketika pandemi adalah make up/skincare (50%), produk fashion (39%), dan produk kesehatan (26%).

Anita menambahkan bahwa pengguna perempuan di aplikasi Jenius sendiri terbilang banyak. Baik pengguna perempuan dan laki-laki tidak adanya perbedaan fitur di dalam aplikasi. Namun ia mengungkapkan pengguna Jenius perempuan lebih sering menggunakan fitur transfer, mCard, dan Flexy Saver.

Maureen Hitipeuw, Founder Single Moms Indonesia (@singlemomsindonesia) dan Tiara, Founder Lenthick (@Lenthick), memiliki kisah inspiratif dalam menemukan cara-cara untuk beradaptasi.

Sebagai salah satu teman Jenius, Maureen juga membagikan bagaimana Jenius dapat membantu dirinya dalam mengelola finansial komunitas Single Moms Indonesia.

Baca juga :  Solusi Telemedicine Bakal Menjadi Tren, Walapun Pandemi Covid-19 Berakhir

Dalam mengelola keuangan bisnisnya, Maureen merasa sangat terbantu dengan solusi dari Jenius, yaitu Jenius untuk Bisnis yang terdiri dari Akun bisnis Jenius dan Bisniskit. Akun bisnis Jenius membantu Maureen dalam memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dalam satu aplikasi,

“Proses pembukaan akunnya sangat mudah dan cepat. Sementara aplikasi Bisniskit membantu saya untuk mencatat inventori produk dan pembelian yang tidak melalui e-commerce, atau membeli langsung,” kata Maureen lagi.

Bagi Maureen, fitur keuangan Jenius yang paling ia sukai adalah Monetory. Menurutnya fitur Monetory dapat memudahkannya mengetahui pengeluaran mana yang membuat keuangannya tidak terkendali sehingga ia secara langsung dapat melakukan proses audit sendiri.

Baca Juga:Genjot Ekosistem Digital, Jenius Pay Gandeng Sejumlah Mitra

“Misalnya ketika tahu ada yang bocor bulan depan mesti agak direm. Aku suka bisa transfer antar rekening, kartu bisa minta tiga sekaligus, dan semua fiturnya terpakai,” ujar Maureen.

Fitur laiinya adalah kuota free transfer,  yang membantu dirinya adalah kuota free transfer yang bermanfaat untuk pengguna yang memiliki.usaha dagang.

About the author

Yuni Riadi