Beranda News Telco EBITDA XL Axiata Capai Rp13 Triliun di 2020  

EBITDA XL Axiata Capai Rp13 Triliun di 2020  

-

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata hari ini telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2021. Diantara yang disetujui dalam rapat tersebut ialah pembagian dividen untuk pemegang saham sebesar 50% dari keuntungan setelah penyesuaian, perubahan atas susunan Dewan Komisaris, serta penambahan bidang usaha Perseroan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Tahun ini menyetujui penggunaan 50% dari keuntungan setelah menyesuaian untuk dibagian sebagai dividen kepada para pemegang saham. Totalnya dividen ini kurang lebih sebesar Rp 339,4 miliar yang atau setara dengan Rp31,7 per saham. Sisa dari keuntungan lainnya akan kami pergunakan sebagai alokasi cadangan umum sebesar Rp100 juta dan selebihnya dicatat dalam saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan,” ujarnya, Jumat (23/4).

Baca juga: Sambut Ramadan, XL Axiata Persiapkan Jaringan dan Promo Menarik

Dari kinerja pendapatan, Dian menceritakan  terjadi kenaikan sebesar 3%, jika dibanding tahun lalu. Bahkan earning before interest, Taxes, depreciation, and Amortization (EBITDA) di 2020 tercatat merupakan yang paling tinggi dalam sejarah Xl Axiata, yaitu mencapai Rp13 triliun, atau naik 31 persen.

Faktor yang membuat XL Axiata berhasil gapai pencapaian pendapatan itu menurut Dian karena adanya strategi yang tepat, dan difokuskan untuk perusahaan dan juga menghadirkan layanan terbaik ke pelanggan.

“Memang sebetulnya dengan adanya situasi pandemi covid-19 mendorong agenda akselerasi digital yang kita miliki. Ada banyak sekali langkah yang kita ambil, pada dasarnya ialah untuk mengapai efisiensi yang lebih tinggi, yang bisa mempercepat time to market oprasional kami lebih simple. Kami berhasil menerapkan SAP S/4 HANA Cloud, kami juga meluncurkan aplikasi untuk consumer yang lebih baru. Untuk menunjang transformasi digital kita juga adopsi Google cloud, kemudian juga banyak hal sistem yang kami buat untuk digunakan meningkatkan sales dan lain sebagainya,” tutur Dian.

Baca juga: Hadapi Ramadan, Smartfren Perkuat Jaringan di Wilayah Jabotabek

Lalu investasi jaringan yang berkelanjutan terutama pada 4G di luar pulau Jawa juga menjadi poin pada pertumbuhan pendapatan. Yang dimana kontribusinya mencapai 25%.

Dian menyinggung fokus Xl Axiata untuk 2021 ini ialah tetap melanjutkan strategi operational excellence dengan berfokus pada custumer intimacy. Ditargetkan tahun ini meraih pendapatan tumbuh rata-rata indusri. Marjin EBITDA ditargetkan sekitar 50 persen, dan CAPEX (Capital Expenditure sebesar Rp7 Trilliun.

Artikel Terbaru