spot_img
BerandaNewsMarket UpdateMediaTek Jadi Pemasok Chipset Smartphone Terbanyak di 2020

MediaTek Jadi Pemasok Chipset Smartphone Terbanyak di 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Sebuah laporan baru oleh DigiTimes mengungkapkan bahwa MediaTek dinobatkan sebagai pembuat chip smartphone nomor 1 pada tahun 2020. Apa yang membuat MediaTek menyandang gelar ini?

Menurut laporan dari DigiTimes, MediaTek mengirimkan chipset smartphone terbanyak pada tahun 2020 Pada tahun 2020, MediaTek mengirimkan 351,8 juta unit ke OEM smartphone.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2019 MediaTek hanya memasok sebanyak 238 juta unit chip ke OEM smartphone. Ini berarti peningkatan dari 17,2% pangsa pasar global pada 2019 menjadi 27,2% pangsa pasar pada 2020.

Pencapaian ini juga membuat MediaTek untuk pertama kalinya mengungguli Qualcomm sebagai merek chipset smartphone terdepan dalam jumlah pengiriman.

Xiaomi adalah pelanggan terbesar MediaTek yang mengirimkan 63,7 juta handset dengan chipset MediaTek pada tahun 2020, berbanding 19,7 juta pada tahun 2019.

Oppo mengirimkan jumlah smartphone terbesar kedua dengan chipset MediaTek pada tahun 2020 sebesar 55,3 juta, berbanding 46,3 juta pada tahun 2019. Dikombinasikan dengan Realme, Oppo mengirimkan 83,2 juta perangkat MediaTek tahun lalu. Samsung juga meningkatkan pesanannya dengan pembuat chip tersebut, sebanyak 43,3 juta pengiriman pada tahun 2020.

Dengan larangan Huawei-AS, perusahaan tidak punya pilihan selain mencari pemasok baru untuk portofolio perangkatnya yang luas.Huawei menggunakan MediaTek karena Qualcomm tidak dapat memasok chip ke Huawei karena larangan tersebut.

“Perangkat kelas bawah dan menengah  populer di kalangan pembeli selama pandemi. Kemampuan MediaTek untuk bersaing dan menghadirkan alternatif chip Qualcomm di segmen harga ini membantu perusahaan tumbuh,” ujar Zaker Li, Analis Senior Perangkat dan Komponen Nirkabel di Omdia

Baca juga :  Gandeng Sony, TSMC Berniat Bangun Pabrik Chip Senilai $7 Miliar
Baca juga :  Mediatek Dimenisty 2000 SoC Diprediksi Bakal Mendominasi Flagship Android di 2022

MediaTek diharapkan terus berkembang dalam pengiriman chipset smartphone. Pertumbuhan smartphone di masa depan ada di pasar negara berkembang dengan smartphone murah, dan di sinilah MediaTek menemukan langkah yang tepat.

spot_img

Artikel Terbaru