Beranda Smartphone Huawei P40 Dapat Pembaruan HarmonyOS April 2021

Huawei P40 Dapat Pembaruan HarmonyOS April 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Huawei P40 series, resmi dirilis pada Juni 2020 lalu. Dan kabar terbaru menyebutkan, Huawei diketahui akan mulai menggulirkan HarmonyOS ke perangkat flagship-nya pada April 2021. Informasi ini diungkap perusahaan pada Februari 2021.

Dan Huawei P40 disebut akan menjadi smartphone pertama yang mendapat HarmonyOS. Seperti dilaporkan Gizchina, untuk smartphone lain yang masih menggunakan EMUI 11 akan mendapatkan HarmonyOS secara bertahap sebelum akhir tahun ini. Berdasarkan informasi, kehadiran sistem operasi ini akan tergantung pula dengan chipset yang digunakan.

Meski belum dapat dipastikan, berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, sistem operasi ini kemungkinan akan hadir lebih dulu untuk lini flagship, seperti seri P dan Mate, lalu menyusul lini Nova.

Huawei menyatakan bahwa HarmonyOS adalah sistem operasi open source berbasis microkernel. Artinya, perangkat lunak ini memiliki fungsi minimal yang diperlukan untuk membuat sebuah OS berbasis Android. Tapi, mereka tidak langsung mengemasnya menjadi sebuah OS, namun mengemasnya sebagai OS untuk perangkat IoT.

Baca Juga:HarmonyOS 2.0 Beta Sudah Tersedia untuk Huawei P30 dan Mate 30 Pro 5G

Perlu diingat, meskipun Android adalah sebuah OS open source, tetapi Google telah memberlakukan pembatasan tertentu pada produsen smartphone dan tablet tersebut, dengan imbalan menjalankan aplikasi dan layanan utama di perangkat mereka.
Oleh karena sistem operasi HarmonyOS didasarkan pada microkernel, ada lebih sedikit kode yang harus dihadapi, menghasilkan komunikasi yang lebih cepat dan mengurangi latensi yang signifikan antara komponen perangkat keras. Hal ini menggambarkan preferensi untuk produk IoT.

Mungkin fitur yang paling menarik adalah OS tersebut telah dirancang agar berguna pada beberapa jenis perangkat sekaligus, bukan fokus ke smartphone dan tablet saja. Itulah mengapa orang menyebutnya sebagai ancaman langsung terhadap sistem operasi serupa yang dikembangkan Google, Fuchsia.

Artikel Terbaru