Beranda News Market Update TSMC Kebanjiran Pesanan Chip 5nm Berkat Huawei

TSMC Kebanjiran Pesanan Chip 5nm Berkat Huawei

-

Jakarta, Selular.ID – Pabrik pengecoran terbesar di dunia saat ini sedang kewalahan akibat tingginya permintaan chip 5nm. Chip ini memiliki kepadatan transistor yang lebih besar dan jumlah transistor yang membuatnya lebih bertenaga dan hemat energi daripada chip yang lebih lama dan kurang canggih.

TSMC telah memproduksi chip 5nm untuk Apple, Qualcomm, MediaTek dan AMD. Hingga pertengahan September lalu, mereka juga mengirimkan chip 5nm ke Huawei yang merupakan pelanggan terbesar kedua TSMC setelah Apple.

Namun, perubahan yang dibuat oleh Departemen Perdagangan A.S. ke aturan ekspor mengharuskan setiap pengecoran mendapatkan lisensi untuk mengirimkan chip yang dibuat menggunakan teknologi Amerika ke Huawei. Meskipun kehilangan semua bisnis ini, TSMC menemukan pesanan untuk menggantikan pesanan dari Huawei yang harus dibatalkan.

Pengecoran dipesan karena kekurangan semikonduktor telah berdampak pada industri otomotif.

Jadi dengan keseluruhan permintaannya yang utuh, AsiaTimes melaporkan TSMC mengirim lebih dari 1.000 insinyur ke fasilitasnya di Taman Sains Tainan di Taiwan Selatan untuk meningkatkan produksi. Dengan adanya karyawan tambahan ini, TSMC akan meningkatkan kapasitas 5nm dari 60.000-70.000 unit per bulan menjadi 120.000 unit per bulan.

Fasilitas di Tainan membuat chip 16nm dan 10nm di Fab 14 sementara Fab 18 bertanggung jawab atas chip 5nm. Dan kota ini juga akan menjadi tuan rumah untuk pengerjaan chip 3nm TSMC. Ini akan menjadi node proses paling canggih yang menggantikan komponen 5nm yang dimulai pada paruh kedua tahun 2022.

Sama seperti ponsel dalam seri iPhone 12 adalah yang pertama menggunakan chipset 5nm dengan A14 Bionic, lini iPhone 14 tahun 2022 bisa menjadi smartphone pertama yang didukung oleh chip 3nm.

Belanja modal TSMC diprediksi melonjak 60% tahun ini menjadi kisaran $25-28 miliar. Perusahaan telah melihat kapitalisasi pasarnya meningkat 70% selama setahun terakhir menjadi $560,7 miliar.

Berkat peluncuran seri 5G iPhone 12, TSMC memiliki kuartal keempat yang kuat tahun lalu. Pendapatan selama periode Oktober-Desember naik 22% mencapai rekor perusahaan $12,68 miliar. Pendapatan bersih naik 23% menjadi $5,1 miliar selama periode tersebut.

TSMC berencana terbang ke Amerika terkait pekerjaan yang dimulai tahun ini pada fabrikasi semikonduktor tingkat lanjut. Produksi diharapkan dimulai pada 2024.

Artikel Terbaru