spot_img
BerandaAppsSpotify Uji Fitur Live Streaming Lirik

Spotify Uji Fitur Live Streaming Lirik

-

Jakarta, Selular.ID – Spotify mengonfirmasi pada Selasa, (9/2/2021) bahwa perusahaannya secara resmi sedang menguji fitur lirik langsung untuk pengguna Amerika Serikat. Melansir dari Engadget, pihaknya telah menanyakan kepada Spotify terkait rencana uji coba tersebut melalui email.

Spotify mengatakan fitur lirik baru diluncurkan sebagai tes untuk beberapa pengguna di AS mulai hari ini. “Kami dapat mengonfirmasi bahwa kami sedang menguji fitur lirik kami ke sejumlah pengguna tertentu di AS,” ungkap juru bicara Spotify.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah pengujian dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa dari pengujian tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. ” imbuhnya.

Namun sayangnya, perusahaan tersebut masih bungkam untuk membagikan detail tambahan terkait rencananya, ia hanya membocorkan bahwa mitra AS-nya pada fitur lirik baru ini adalah Musixmatch yang dimana layanan ini sudah mendukung fitur lirik Spotify di berbagai pasar non-AS.

Musixmatch sendiri pun telah mengonfirmasi bahwa perusahaannya telah bermitra dengan Spotify pada uji coba fitur kali ini. CEO sekaligus pendiri Musixmatch Max, Ciociola, mengatakan kepada TechCrunch bahwa pihaknya sekarang lebih fokus untuk menghadirkan lebih banyak data dalam hal memperkaya pengalaman audio secara global.

Baca juga: Pelanggan Spotify Mencapai 155 Juta Selama 2020

Jika kita mengingat ke belakang, ini bukan pertama kalinya Spotify menjalankan fitur lirik di A.S. Layanan streaming Spotify awalnya bekerja dengan Musixmatch dari 2011 hingga 2016, sebelum mengakhiri hubungannya demi bermitra dengan Genius. Alih-alih banyaknya permintaan dari pengguna agar mengembalikan fitur lirik tersebut kala itu, Spotify tak pernah mengembalikan fitur tersebut ke AS.

Kurangnya dukungan Spotify untuk lirik di AS telah memberikan keuntungan bagi pesaing musik streamingnya. Amazon Music, misalnya, memungkinkan pengguna untuk melihat lirik saat lagu diputar dan mengikat fitur tersebut ke platform suara Alexa, sehingga konsumen dapat meminta Alexa untuk mencari lagu berdasarkan lirik.

Sementara itu, Apple Music versi terbaru yang diluncurkan dengan iOS 12 pada 2018 menyertakan cara untuk mencari berdasarkan lirik, bukan hanya artis, album, atau judul lagu. Kemungkinan beberapa landasan tersebut merupakan acuan Spotify saat ini dalam mengadakan uji coba streaming lirik tersebut di AS.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru