Beranda News Samsung Perkenalkan Sensor Kamera ISOCELL GN2

Samsung Perkenalkan Sensor Kamera ISOCELL GN2

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung mengumumkan sensor kamera 50MP baru yang dijuluki ISOCELL GN2. Sensor ini merupakan peningkatan model tahun lalu ISOCELL GN1 yang diumumkan dengan fokus otomatis yang lebih cepat.

Penerus ISOCELL G1 ini tetap mengusung resolusi 50MP, namun dengan ukuran piksel lebih besar, konsumsi daya lebih efisien, dan dilengkapi teknologi Phase Detection Auto-Focus (PDAF) baru yang disebut Dual Pixel Pro.

Ukuran sensor Samsung ISOCELL GN2 ini ialah 1/1,12 inci dengan ukuran per piksel 1,4μm dan menjadi yang terbesar di smartphone.

Sebelumnya sensor kamera terbesar dimiliki oleh flagship Huawei, P40 dan Mate 40 series yakni Ultra Vision Wide 50MP yang berukuran 1/1,28 inci dengan piksel 1,22µm dan sebagai pembanding sensor ISOCELL HM3 yang tersemat di Galaxy S21 Ultra berukuran 1/1,33 inci.

Seperti ditulis Samsung dalam laman resminya, sensor ini juga menerapkan teknologi binning empat piksel untuk mencapai ukuran piksel 2,8μm. Teknologi ini mampu menghasilkan gambar berkualitas di lingkungan dengan pencahayaan rendah.

Lebih lanjut, sensor Samsung yang baru mampu menangkap foto 100MP dengan mengatur ulang piksel warna. Samsung menyebutnya sebagai algoritma mosaik ulang yang cerdas.

Cara kerjanya, sensor menangkap tiga lapisan 50MP dalam warna hijau, biru, dan merah. Kemudian dilapiskan, ditingkatkan skalanya, dan digabungkan untuk menghasilkan foto resolusi tinggi.

Baca Juga:Jelmaan Galaxy F62, Samsung Galaxy M62 Rilis Pekan Depan

Dengan cara ini, fokus otomatisnya cepat dan presisi, bahkan dalam kondisi buruk seperti lingkungan dengan cahaya redup atau objek yang bergerak cepat.

Sensor juga akan menampilkan Smart ISO Pro yang membuat gambar HDR instan dengan artefak gerak yang lebih sedikit dan mendukung perekaman video 1080p @480fps atau 4K @120fps. Samsung mengatakan sensor kameranya sudah diproduksi secara massal.

Namun, Samsung belum menginformasikan seri apa yang akan membenamkan sensor kamera terbaru ini.

Artikel Terbaru