Beranda Apps Lindungi Privasi Data di Smartphone dengan Aplikasi HideX

Lindungi Privasi Data di Smartphone dengan Aplikasi HideX

-

Jakarta, Selular.ID – Perangkat smartphone menyimpan banyak data penggunanya. Bagi banyak orang, mayoritas data itu bersifat personal. Jadi mungkin kalian perlu menjaganya dari mata orang yang iseng.

Menyembunyikan data pribadi di smartphone membutuhkan aplikasi khusus, salah satunya adalah HideX. Aplikasi yang sudah ada sejak November 2019 ini terbilang unik, karena berkedok kalkulator. Bahkan di Google Play Store, HideX bisa ditemukan dengan nama “Calculator Lock – App Hider & Photo Vault – HideX”.

Sembunyikan foto, file, dan data pribadi di HideX

HideX menggunakan satu PIN untuk semua akses “brankas” digital. Aplikasi dirancang untuk memudahkan pengguna menyembunyikan segala berkas dan aplikasi yang sifatnya pribadi agar terhindari dari teman yang kepo.

Hanya dengan 1 PIN yang bisa diinput ketika pertama kali mengaktifkan HideX, tampilan yang muncul akan menyerupai launcher dengan ragam ikon dan setting yang bisa disetel sesuai kebutuhan.

Sesuai dengan namanya, HideX Calculator Lock ini membuat tampilan PIN input menyerupai kalkulator yang tidak akan menimbulkan kecurigaan siapapun yang membukanya.

Cukup masukkan 4 digit PIN, lalu tekan tombol sama dengan (=), lalu pengguna langsung masuk ke HideX launcher. Selain itu, ikon dan nama HideX pun disesuaikan dengan tema kalkulator.

Fitur galeri HideX untuk sembunyikan file

Ketika sudah masuk ke tampilan utama HideX yang menyerupai launcher, pengguna bisa klik ikon galeri untuk memulai menyembunyikan file di smartphone.

Klik tombol “+” di pojok kanan bawah, kemudian pilih file yang ingin disembunyikan. Setelah itu, file ini tidak akan bisa ditemukan dari file manager biasa, melainkan hanya bisa diakses dari galeri HideX.

Ada browser + VPN bawaan

Selain menyembunyikan file, HideX juga bisa digunakan sebagai browser yang privat. Dari tampilan utama HideX, pengguna bisa klik ikon browser untuk mulai menggunakannya.

Aplikasi browser di HideX sudah termasuk VPN untuk menjamin kerahasiaan data yang dikomunikasikan di internet. Ketika fitur VPN HideX aktif, pengguna akan bisa melihat ada ikon kunci kecil di bagian status bar.

Fitur privasi lain di HideX

HideX menawarkan dua fitur premium, yang utama adalah Hide Apps, yang sesuai namanya, berfungsi buat menyembunyikan aplikasi dari home screen utama.

Selain Hide Apps, ada pula Clone App yang berfungsi untuk kloning aplikasi apapun yang diinginkan, yang biasanya banyak digunakan untuk kloning aplikasi chat dan media sosial.

Dua fitur tadi hanya bisa digunakan jika berlangganan fitur premium. Biaya langganan fitur premium ini adalah Rp69.000 untuk mingguan dan Rp990.000 untuk tahunan.

Artikel Terbaru