Beranda Apps Spotify Punya Fitur Anti Plagiat

Spotify Punya Fitur Anti Plagiat

-

Jakarta, Selular.ID – Ada begitu banyak not dalam musik, ada kemungkinan beberapa lagu akhirnya terdengar mirip satu sama lain. Dalam beberapa kasus, ini telah menyebabkan tuduhan plagiarisme yang bisa menjadi sangat buruk dengan cepat serta cukup merugikan bagi sang musisi. Untuk membantu musisi menghindari masalah ini, Spotify dilaporkan telah menciptakan alat yang bisa mengatasinya.

Menurut laporan dari BMW, mereka telah menemukan paten yang diajukan oleh Spotify yang merinci alat anti-plagiarisme yang dapat digunakan musisi untuk memeriksa ulang apakah karya mereka mirip dengan yang lain di luar sana.

Ini berfungsi seperti yang diharapkan, yakni musisi dapat mengirimkan lembar utama mereka ke dalam sistem. Selanjutnya, daftar itu akan diperiksa dengan lembar utama lain di luar untuk memeriksa kesamaan, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (3/12).

Baca juga: Waspada Ribuan Akun Spotify Diretas

Fitur ini akan sangat membantu bagi musisi yang tidak suka melapor ke pengadilan, apalagi tindakan ini membutuhkan dana, terutama jika mereka menghadapi penerbit atau label rekaman besar.

Meski cukup berguna, sayangnya tidak ada yang tahu kapan Spotify berencana meluncurkan alat semacam itu. Namun, jika mereka melakukannya, ini dapat mendorong lebih banyak musisi untuk menggunakan Spotify untuk meluncurkan musik mereka.

Artikel Terbaru