Beranda News Snapdragon 888 Diluncurkan, Peningkatan Mayor pada GPU, AI, dan Modem 5G

Snapdragon 888 Diluncurkan, Peningkatan Mayor pada GPU, AI, dan Modem 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Qualcomm mengungkap produk mobile platform baru dengan nama baru, arsitektur baru, dan modem baru. Ya, Snapdragon 888 resmi diumumkan.

Seperti biasa, chip telah dipamerkan sebelum pengumuman ini untuk produsen-produsen smartphone kelas kakap termasuk Asus, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, Realme, OnePlus, Oppo, Sharp, Sony, vivo, Xiaomi dan ZTE. Dengan kata lain, ponsel unggulan bertenaga 888 akan datang dari mereka.

GPU Adreno baru menargetkan game 144fps dan mendukung driver GPU yang dapat diperbarui. Ini adalah “peningkatan paling signifikan dalam kinerja GPU Qualcomm Adreno,” menurut perusahaan. Namun, beberapa detail (terutama tentang CPU) masih dirahasiakan.

Spectra ISP sekarang 35% lebih cepat dari generasi sebelumnya, yang berarti dapat menelan data gambar pada 2,7 gigapiksel per detik (kira-kira 120 foto dengan resolusi 12MP). Ini akan menjadi keuntungan bagi fotografi komputasi seperti halnya hardware machine learning yang ditingkatkan.

Qualcomm sepenuhnya merekayasa ulang prosesor Hexagon, yang sekarang menghasilkan 26 TOPS. Sebagai perbandingan, S865 dinilai 15 TOPS sementara Apple mengiklankan 11 TOPS untuk M1.

888 juga dilengkapi modem Qualcomm Snapdragon X60 5G generasi ketiga. Ini menawarkan dukungan sub-6 dan mmWave 5G untuk “semua band utama di seluruh dunia”, multi-SIM global, agregasi operator, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Untuk konektivitas nirkabel lokal, chipset baru ini mendukung Wi-Fi 6E (ax yang bekerja pada pita 6GHz) serta Bluetooth 5.2.

“Saya senang bahwa smartphone andalan baru kami Mi11 akan menjadi salah satu perangkat pertama dengan Snapdragon 888,” kata Lei Jun, CEO Xiaomi. Dan seperti yang disebutkan di awal, Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang mengerjakan ponsel bertenaga 888.

Artikel Terbaru