Beranda Bincang Eksekutif Shinji Teraoka: Sharp Akan Lengkapi Ekosistem AIoT di Indonesia

Shinji Teraoka: Sharp Akan Lengkapi Ekosistem AIoT di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Aquos V menjadi penanda comeback-nya Sharp ke pasar ponsel Indonesia tahun ini. Selang empat bulan kemudian, perusahaan menggebrak segmen premium dengan mengeluarkan duo flagship, Aquos Zero 2 dan Aquos R3.

Tahun depan, Sharp berencana menghadirkan lebih banyak produk AIoT-nya ke tanah air dengan target menjadi pemimpin pasar di industri smartphone, seperti di kategori elektronik lainnya.

Guna mengupas strategi perusahaan dalam sepak terjangnya di pasar smartphone tanah air pada tahun 2021 mendatang, Selular.ID berbincang-bincang dengan Shinji Teraoka selaku Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Shinji menuturkan, Sharp mendatang akan terus menawarkan inovasi dan teknologi baru pada tiap produknya, dengan tetap menjaga kualitas khas jepang yang memiliki standar tinggi, dan merupakan brand nomor 1 di Jepang.

Guna mengetahui lebih dalam tentang strategi perusahaan, berikut petikan wawancara Selular.ID dengan Shinji Teraoka.

Bagaimana perkembangan bisnis Sharp di Indonesia?

Sharp mengawali perjalanannya sejak tahun 1970 melalui perusahaan PT Yasonta yang didirikan oleh Jauw Tjong Kie dan Martua R. Panggabean. Awalnya PT Yasonta hanya mengimpor produk televisi hitam putih milik Sharp dari Singapura untuk dipasarkan di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya permintaan produk TV di Indonesia pada masa itu, pada tahun 1971 PT Yasonta memutuskan untuk membangun pabrik televisi hitam putih yang kemudian dilanjutkan dengan pembangunan pabrik lemari es dan mesin cuci.

Berkembang menjadi salah satu pionir perusahaan elektronik di Indonesia, Sharp Corp. mengakuisisi PT Yasonta yang merubah namanya menjadi PT Sharp Yasonta Indonesia pada 1994, dan diresmikan menjadi PT Sharp Electronics Indonesia seperti yang kita kenal sekarang ini pada tahun 2005.

Sejak saat itu Sharp Indonesia terus berupaya memperluas cakupan bisnis, hingga kini memiliki 25 kantor cabang, 8 sub branch, 46 Direct Service Station, 275 Sharp Authorized Service Station, 46 Sharp Service Representative, dan 106 Sharp Authorized Installer contractor. Ke depannya perusahaan akan berupaya untuk ekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia demi memenuhi kebutuhan alat elektronik dari konsumen.

Sharp yang telah menjadi pionir di industri elektronik Indonesia, dengan menghadirkan ragam kategori elektronik yang membantu kebutuhan hidup pelanggan setianya. Beberapa kategori produk seperti air purifier, LED TV, mesin cuci dan lemari es menjadi telah menjadi pemimpin pasar selama bertahun-tahun.

Hal ini merupakan wujud keberhasilan perusahaan dalam menginovasi produk yang menyediakan ribuan fitur terkini. Tidak hanya membantu kebutuhan hidup saja, Sharp juga memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan penggunanya, serta ramah untuk lingkungan.

Produk apa saja yang dihadirkan Sharp di Indonesia?

Sharp Electronics Indonesia Memiliki 3 kategori utama yang terbagi dalam Audio Visual, Home Appliance, dan Small Home Appliance, di tahun 2020 Sharp telah menghadirkan produk berbasis ekosistem AIoT, seperti Smart TV, Smart Home Appliance seperti Air Conditioner dan Air Purifier yang dapat dikendalikan dari smartphone, bahkan saat tidak berada di rumah.

Melengkapi ekosistem AIOT, pada pertengahan tahun 2020, perusahaan kembali menambah 2 lini terbaru melalui peluncuran Smartphone dan Notebook. Membawa produk unggulan ke Indonesia, kami percaya akan memberikan gebrakan di pasar.

Kejutan di tahun 2020 tidak berhenti di sana, pada September 2020 kemarin Sharp Indonesia memperluas usahanya dengan meluncurkan produk terbaru, dengan menghadirkan folding bike yang dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia. Hal ini pula yang mendasari peluncuran masker di pertengahan November ini, dengan tujuan memberikan kemudahan dan fleksibilitas konsumen dalam melakukan aktivitas di masa pandemi seperti ini.

Bagaimana dampak pandemi terhadap perusahaan?

Tidak dapat dipungkiri, pada awal masa pandemi di bulan Maret dan April kami mendapatkan tantangan yang luar biasa, dimana kami harus menyesuaikan banyak hal termasuk dengan pembatasan karyawan di masa PSBB. Namun sejak awal Juni lalu kami sudah dapat pulih, dan beberapa kategori produk mengalami pertumbuhan, seperti Air Purifier, Air Conditioner, dan Washing Machine.

Keberhasilan ini dilandasi oleh 3 kunci utama, pertama Sharp Indonesia dapat dengan cepat beradaptasi dan mengalihkan penjualan offline ke online, melalui berbagai channel yang kami miliki. Optimalisasi penggunaan internet ini terbukti melalui peningkatan penjualan online hingga 200%.

Kedua Sharp juga menghitung dengan presisi terhadap potensi permintaan pasar, dimana data yang akurat sangat esensial pada poin ini. Sebab, berdasarkan acuan ini perusahaan akan melakukan estimasi penyediaan produk. Selain itu, informasi ini juga menjadi penentu di poin ketiga, yaitu dengan menghadirkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Kami percaya dengan memberikan kebutuhan yang tepat pada publik, menjadi kunci dari keberhasilan Sharp Indonesia dalam menjaga eksistensinya selama 50 tahun di Indonesia.

Khusus divisi smartphone, Sharp sepertinya sangat berhati-hati dalam mengeluarkan produk baru. Apa yang menjadi pertimbangan Sharp dalam merilis produk baru?

Pada dasarnya, kami selalu menganalisa tiap segmentasi produk menggunakan 3 poin dari jawaban pertanyaan sebelumnya, namun khusus smartphone kami memang cukup spesifik. Berupaya memberikan produk terbaik kepada publik di Indonesia, Sharp Indonesia selalu menganalisa perkembangan kebutuhan konsumen. Sebab, ragam pangsa pasar di smartphone ini cukup unik, dimana terdapat banyak spesifikasi spesifik yang diinginkan oleh publik.

Seperti misalnya saat kami meluncurkan Sharp Aquos Zero 2, sebagai smartphone gaming “teringan” di dunia dan juga refresh rate layar “tertinggi” dengan 240 Hz. Inovasi ini kami hadirkan setelah melihat kebutuhan para gamers yang mengeluhkan smartphone dengan spesifikasi tinggi, selalu memiliki bobot yang jauh lebih berat dibanding dengan smartphone pada umumnya. Hal ini mengakibatkan lengan mereka cenderung lebih mudah lelah.

Selain mempertimbangan keinginan spesifik dari publik, tentunya kami juga ingin memberikan produk yang memiliki variasi berbeda dengan seri lainnya. Karena kami tidak ingin memberikan kuantitas, cenderung lebih memilih menghadirkan kualitas. Sehingga tiap produk selalu menghadirkan inovasi terbaru, yang ditunggu-tunggu oleh konsumen.

Smartphone yang seperti apa yang lebih diminati konsumen Indonesia?

Pertama, pasar smartphone di indonesia cenderung menyukai smartphone dengan kamera yang bagus dan memiliki resolusi tinggi. Kedua, smartphone dengan spesifikasi tampilan layar yang tajam dan kaya akan warna, serta didukung dengan chipset mumpuni juga digemari. Ketiga, kapasitas baterai yang mumpuni dan mampu menunjang kebutuhan pengguna dalam satu hari penuh akan menjadi pertimbangan khusus oleh konsumen di Indonesia.

Bagaimana respon konsumen terhadap produk terbaru Sharp?

Smartphone Sharp mendapatkan respon hangat dari konsumen, karena fitur yang yang ditawarkan oleh Aquos R3 dan Aquos Zero 2 sangat memanjakan penggunanya. Layar yang memiliki refresh rate 120Hz untuk Aquos R3 dan refresh rate 240Hz untuk Aquos Zero 2 yang membuat layar pergerakan di layar sangat halus, bahkan ketika menampilkan gerakan yang sangat cepat.

Menggunakan teknologi Pro-IGZO yang diadopsi dari TV Sharp, pengguna dapat melihat gambar dan video dengan nyaman berkat tampilan yang tajam dan kaya akan warna. Selain itu, pada kamera Sharp memiliki fitur AI Live Shutter dan AI Live Story, yang dapat menggabungkan serangkaian video pendek mejadi satu video yang indah tanpa harus meng-edit sendiri.

Apa yang menjadi ciri khas smartphone Sharp?

Smartphone Sharp selalu memiliki spesifikasi terbaik untuk di kelasnya, dan juga memberikan inovasi yang tidak tanggung-tanggung dalam setiap produknya. Contohnya kualitas layar yang ditawarkan pada Sharp Aquos Zero 2 yang memiliki 1 miliar warna, terpaut jauh dari kompetitor lainnya.

Inovasi yang diberikan pada setiap produk kami juga tidak main-main, berkaca pada produk-produk ponsel keluaran Sharp, seperti di tahun 2000 menjadi ponsel pertama yang memiliki kamera, di tahun 2015 Sharp mengeluarkan bezelless pertama melalui Aquos Crystal, pada tahun 2016 meluncurkan Sharp Corner R ponsel pertama dengan siku lengkung, sebelum inovasi Aquos Zero 2 terdapat Sharp Aquos R2 Compact smartphone dengan notch pertama.

Bagaimana strategi Sharp bersaing dengan vendor smartphone lain di Indonesia?

Sharp menawarkan inovasi dan teknologi baru pada tiap produknya, dengan tetap menjaga kualitas khas jepang yang memiliki standar tinggi, dan merupakan brand nomor 1 di Jepang. Dari segi pelayanan, Sharp menawarkan layanan purna jual premium untuk service rutin, yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Terakhir, Sharp selalu berupaya untuk memberikan teknologi yang dibutuhkan oleh konsumen setianya sehingga pada setiap produk yang dikeluarkan dapat memberikan manfaat manfaat.

Apa target Sharp di pasar smartphone Indonesia?

Sharp bertujuan untuk melengkapi ekosistem AIoT yang telah dibangun perusahaan melalui kategori-kategori produk lainnya, dengan maksud untuk mengintegrasikan antar lininya. Selain itu karena pasar smartphone di indonesia cukup besar, ke depannya Sharp memiliki keinginan untuk menjadi pemimpin pasar, seperti kategori produk elektronik lainnya.

Dalam mengedarkan produk smartphone, apakah Sharp bekerja sama dengan mitra di Indonesia?

Iya benar, Sharp memiliki 25 cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Setiap cabang memiliki dealer elektronik yang berkerja sama dengan Sharp.

Artikel Terbaru