Beranda News Social Media Jack Dorsey Akan Mengakuisisi Layanan Streaming Musik Tidal

Jack Dorsey Akan Mengakuisisi Layanan Streaming Musik Tidal

-

Jakarta, Selular.ID – Nama Jack Dorsey dikenal sebagai salah satu pendiri dan CEO Twitter. Apa yang mungkin tidak ketahui banyak orang adalah Dorsey juga merupakan pendiri dan CEO Square, yaitu perusahaan jasa keuangan yang memungkinkan smartphone digunakan sebagai kartu kredit seluler.

Saat ini, Bloomberg melaporkan Square sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi layanan streaming musik Tidal dengan harga yang tidak diketahui.

Layanan streaming musik itu diakuisisi oleh musisi/pengusaha Jay-Z pada 2015 seharga $56 juta. Informasi tersebut berasal dari sumber yang tidak disebutkan namanya karena pembicaraan antara Dorsey dan Jay-Z dilakukan secara tertutup. Sumber itu menjelaskan masih ada kemungkinan tidak ada kesepakatan yang dilakukan.

Ada spekulasi tentang kesehatan finansial Tidal setelah Jay-Z merilis lagu-lagunya ke Spotify setelah secara eksklusif dialirkan melalui Tidal. Saat itu, Tidal memiliki tiga juta pelanggan berbayar.

Bahkan dengan asumsi Tidal mampu menghasilkan pertumbuhan yang kuat selama tiga hingga empat tahun terakhir, layanan ini masih akan berada jauh di belakang streamer musik terkemuka dunia, Spotify.

Pada kuartal ketiga tahun ini Spotify memiliki 144 juta pelanggan berbayar, naik 27% dari 113 juta pada kuartal yang sama tahun lalu. Sejak awal 2017, basis langganan Spotify berlipat ganda. Apple Music juga akan dianggap sebagai salah satu saingan Tidal.

Selain Jay-Z, artis terkenal lainnya terlibat dalam Tidal termasuk Beyoncé, Alicia Keys, Coldplay, Madonna, dan Rihanna. Dengan inventaris lebih dari 70 juta lagu dan 250.000 video, Tidal tersedia di lebih dari 53 negara tanpa iklan.

Sebuah fitur Tidal bisa memilihkan playlist untuk Anda, atau Anda dapat memutar playlist tamu yang dikurasi oleh artis favorit Anda.

Tidal dan Square akan saling melengkapi tetapi masing-masing akan berjalan secara terpisah. Tidak diketahui seberapa jauh pembicaraan antara Square dan Tidal telah berlangsung.

Jay-Z membeli layanan seharga $56 juta. Bergantung pada premi yang dicari Tidal dari Square dalam sebuah transaksi, nilai kesepakatan bisa berkisar antara $800 juta hingga $1 miliar.

Artikel Terbaru