spot_img
BerandaBincang EksekutifTumbuh Pesat, Palson Yi: Realme Fokus Hadirkan Trendsetting Teknologi dan Desain yang...

Tumbuh Pesat, Palson Yi: Realme Fokus Hadirkan Trendsetting Teknologi dan Desain yang Berkualitas    

-

Jakarta, Selular.ID – Realme saat ini menjadi salah satu vendor smartphone dan AIoT yang cukup aktif di pasar Indonesia. Bahkan, hanya dalam waktu 2 tahun, realme berhasil meraih Top 5 Smartphone Indonesia. Selama interval waktu itu, realme mampu bersaing dengan vendor lain yang sudah cukup lama hadir di Indonesia.

Secara global, Counterpoint Research melaporkan realme memperoleh pertumbuhan 45% (on-year) dan 132% (on-quarter) pada kuartal ketiga tahun ini. Dengan nilai itu, realme dinobatkan sebagai vendor dengan pertumbuhan tercepat. Perolehan prestasi dapat diraih Realme dengan membawa strategi 1 + 4 + N yang berfokus pada trendsetting smartphone & AIoT.

Lantas, bagaimana perkembangan bisnis realme di Indonesia, produk-produk apa saja yang sudah dihadirkan realme, serta upaya apa yang dilakukan Realme dalam menghadapi vendor lain dan juga bagaimana upaya Realme untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 saat ini? Redaksi Selular.ID melakukan wawancara eksklusif dengan Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia, dalam Bincang Eksekutif. Berikut rangkumannya.

Bincang Eksekutif Realme Indonesia

Palson Yi - Marketing Director Realme Indonesia

Bagaimana perkembangan bisnis realme di Indonesia? 

Berkat dukungan dari jutaan fans Indonesia, sejak pertama kami hadir di Indonesia pertumbuhan bisnis realme bisa dibilang sangat pesat, hanya dalam 2 tahun pengguna smartphone kami sudah mencapai 8 juta di Indonesia dan menjadi Favoritnya Anak Muda. Kami bahkan bisa meraih Top 5 Brand Smartphone hanya dalam satu tahun beroperasi di Indonesia. realme lalu menduduki posisi Top 4 hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun di Indonesia. Bisnis AIoT kami juga berkembang dengan sangat cepat dan menjadi yang terlaris di platform e-commerce.

Pada November 2020, realme menjadi merek tercepat di dunia yang mengirimkan 50 juta smartphones hanya dalam 9 kuartal dan berada di urutan ke-7 dalam pengiriman smartphone global. realme menjadi merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat secara global. realme juga satu-satunya merek smartphone yang mempertahankan tingkat pertumbuhan. Selama dua kuartal berturut-turut pada tahun 2020, realme adalah satu-satunya merek smartphone di dunia yang mempertahankan angka dua digit, yang menunjukkan masa depan realme. realme juga memperoleh pertumbuhan 45% (on-year) dan 132% (on-quarter) secara global pada kuartal ketiga tahun ini, menurut Counterpoint Research. Sedangkan menurut Canalys pada merek smartphone Q3 di Indonesia, realme mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 15% sedangkan merek lain mengalami penurunan.

Produk apa saja yang dihadirkan realme di Indonesia? 

Sebagai merek trendsetter teknologi, kami fokus membawa trendsetting smartphone & AIoT, kepada pelanggan Indonesia di bawah strategi 1 + 4 + N kami, seperti:

  • 1 Core. Bagi kami, smartphone akan selalu menjadi inti dari portofolioproduk kami, poin utama ekosistem AIoT kami. Jadi, semua produk AloT akan terkoneksi dan diatur dalam realme smartphone. Ditambah dengan aplikasi realme Link, smartphone realme akan menjadi sebuah perangkat premium dengan kemudahan mengelola berbagai produk AIoT sembari meningkatkan user exprience pada kategori personal, smart home dan travel. Smartphone realme akan selalu menghadirkan trendsetting teknologi dan trendsetting desain, guna menawarkan user exerience yang lebih banyak dan menjadi yang terbaik di setiap segmennya. realme juga memiliki seri untuk smartphonenya, seperti:
  • Seri C dikenal sebagai Entry-Level King, terbaik di baterai besar layar besar
  • Seri Angka yang dikenal sebagai Unggulan untuk Muda, menawarkan spesifikasi kelas unggulan dengan harga terbaik
  • Seri X adalah segmen andalan kami, di mana semua teknologi canggih dan baru dipasang di dalamnya
  • Sedangkan untuk Narzo Series, ini berfokus pada spesifikasi game dan hiburan dan tersedia online terlebih dahulu yang menargetkan konsumen yang lebih muda.
  • 4 Smart Hub. Gagasan ini dimunculkan agar semua orang dapat menikmati hidup yang jauh lebih keren dengan produk lifestyle AIoT utama, dalam mengatur dan mengontrol produk AIoT di smartphone. Oleh karena itu, sektor ini dibagi menjadi 4 kategori – Smart TV, Smart Earphones, Smart Watch, dan Smart Speakers. Kami telah memperkenalkan realme Buds Air, realme Buds Air Neo, realme Buds Air Pro, realme Buds Q, realme Band, realme Watch, dan realme Watch S. Nantinya, kami akan memperkenalkan produk-produk dari produk AIoT unggulan lainnya seperti Smart Scale, Smart Lock dan masih banyak lagi, bersama dengan smartphone. Seperti smartphone kami, AIoT kami menawarkan banyak fungsi dan ditawarkan dalam berbagai segmen harga.
  • N produk aksesoris AIoT. “N” merepresentasikan komitmen realme dalam menyediakan produk-produk baru dalam tatanan AIoT dan lifestyle untuk realme Fans, termasuk beragam aksesoris mulai dari Smart Cam, Electric Toothbrush, Powerbank, Backpack dan Koper dengan kapasitas besar dan trendi.

Bagaimana dampak pandemi terhadap perusahaan, dan bagaimana cara mengatasinya?

Dalam hal strategi produk. realme mengidentifikasi kebutuhan pelanggan selama pandemi dan meluncurkan teknologi yang berguna seperti baterai besar 6000mAh, oksigen darah dan monitor detak jantung pada jam tangan pintar, ANC (Active Noise Cancellation) dengan Mode Transparansi di TWS Pro kami, kamera pintar yang dapat diandalkan untuk menjaga Anda rumah dan peliharaan di rumah saat Anda pergi. Semua teknologi ini ditawarkan dengan harga yang bervariasi dan membantu orang-orang untuk beradaptasi dengan situasi.

Dari segi strategi pemasaran. Tim pemasaran dinamis kami dengan cepat mengubah kampanye pemasaran kami menjadi online seperti acara peluncuran oline, sesi streaming langsung untuk menjaga interaksi yang erat dengan pengguna. Semua berfungsi untuk meminimalkan dampak dari mendorong kampanye pemasaran, sehingga kami tetap dapat terus memperkenalkan teknologi terbaru.

Dari segi pengalaman belanja. Kami menyediakan layanan belanja melalui WhatsApp, memperluas platform e-commerce, dan lebih lanjut mempromosikan belanja online di situs resmi kami untuk memfasilitasi pelanggan mengakses produk kami selama pandemi. Kami memperkuat Callme Service kami dimana pengguna realme tidak perlu meninggalkan rumah mereka untuk memperbaiki smartphone, cukup menghubungi Callme Service dan smartphone akan diambil untuk diperbaiki dan dikirim setelah selesai.

Untuk menunjukkan nilai inti dari tanggung jawab sosial kami dan memberikan dampak positif bagi pengguna muda kami, kami telah menyerahkan bantuan alat proteksi kesehatan kepada pengemudi ojek online di mana mereka masih menawarkan layanan untuk karyawan yang bekerja dari rumah dan pelajar yang bersekolah dari rumah dan kami juga memberikan donasi kepada ACT untuk setiap pembelian realme C2 selama periode tertentu. Inisiatif kami diikuti oleh realme Fans di daerah lain seperti Surabaya, Bandung, Solo dan masih banyak lagi.

Baca juga: Menguak Jurus ‘Terbaru’ Nokia Untuk Pasar Smartphone Indonesia    

Khusus divisi smartphone, realme sepertinya cukup aktif dalam mengeluarkan produk baru. Apa yang menjadi pertimbangan realme dalam merilis produk baru?

Dengan filosofi “Dare to Leap”, tim kami berkomitmen untuk memperkenalkan teknologi terbaru dengan spesifikasi yang kompetitif, harga dan kualitas yang dapat diandalkan baik di smartphone maupun produk AIoT kepada pelanggan Indonesia. Tentu banyak sekali pertimbangan kami sebelum meluncurkan beberapa smartphone kami di Indonesia. Hal pertama yang kami lakukan adalah melakukan riset pasar agar kami dapat memberikan banyak pilihan smartphone yang bisa dipilih oleh calon konsumen sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka sendiri. Kemudian kami juga mengambil beberapa masukan dari realme Fans agar setiap smartphone baru yang diluncurkan dapat memenuhi ekspektasi mereka dan dapat memaksimalkan fungsinya bersama mereka.

Setiap produk yang kemi luncurkan, kami menyediakan sesuatu yang baru misalnya baterai besar 6000mAh di Seri-C, NFC dan 65W SuperDart Charge di Seri Angka, 65W SuperDart di seri narzo – di harga Rp 3 jutaan dan 60x Periscope Zoom di seri X.

Smartphone yang seperti apa yang lebih diminati konsumen Indonesia? (Boleh dibandingkan dengan negara lain)

realme Indonesia telah meluncurkan 16 smartphone sepanjang tahun 2020 di Indonesia. Dari empat seri smartphone yang dimiliki realme; C Series, Number Series, narzo Series, dan X Series- Number Series paling diminati oleh pasar Indonesia. Dengan kelebihan yang diembannya, Number Series bertujuan untuk menghadirkan teknologi kelas flagship dan menciptakan tolok ukur kelas baru mid-range dengan trendsetting teknologi dan trendsetting desain namun hadir dengan harga terbaik yang bisa didapatkan oleh anak muda di Indonesia. Untuk setiap segmen harga, kami menawarkan pilihan produk yang paling kompetitif dalam hal spesifikasi, harga, dan kualitas. Perubahan penting dari awal hingga sekarang adalah bahwa produk menengah ke atas kami mendapat porsi pelanggan yang lebih tinggi, yang menunjukkan realme benar-benar telah berpindah dari merek baru menjadi merek mainstream yang dapat dipercaya oleh pelanggan Indonesia.

Baca juga :  Realme GT Neo2 Versi Dimensity 1200 Terungkap, Dibandrol Rp4,4 Jutaan

Apa yang menjadi ciri khas smartphone Realme?

Dalam gen realme, hanya ada 3 kata kunci teratas, muda, teknologi, gaya. Ciri-ciri smartphone realme terbagi menjadi dua, yaitu trendsetting teknologi dan trendsetting desain. Berawal dari trendsetting technology, kami selalu berusaha menghadirkan fitur-fitur yang belum pernah ada sebelumnya di segmen tersebut. Misalnya di segmen kelas menengah, layar 90Hz Ultra Smooth Display sebelumnya hanya hadir di segmen smartphone flagship, namun kami menghadirkannya di segmen kelas menengah di kisaran harga Rp 2-3 jutaan. Contoh lainnya, teknologi fast charging yang ada di smartphone flagship hanya mengusung fast charging 25-35W, namun kami sudah menghadirkan SuperDart Charge 65W di segmen harga Rp 3 jutaan. Hal ini kami lakukan agar anak muda bisa merasakan teknologi kelas flagship di smartphone kelas menengah dengan harga terbaik.

Baca juga :  Realme C25Y Dengan Kamera Utama 50MP

Beralih ke desain, kami selalu menghadirkan trendsetting desain di seluruh segmen agar anak muda bisa tampil beda di keramaian saat membawa smartphone. realme seri C misalnya, mulai menghadirkan desain ala smartphone flagship dengan modul kamera berbentuk persegi. Bahkan desain dari rangkaian angka smartphone kami telah berhasil menarik minat anak-anak muda yang berkreasi untuk membuat item fashion yang desainnya terinspirasi dari desain smartphone kami.

Selain Smartphone, realme juga memiliki beberapa produk AIoT di Indonesia. Apa yang menjadi pertimbangan realme dalam merilis perangkat AIoT?

realme melihat tren teknologi saat ini mengarah pada produk kecerdasan buatan (AIoT) maka dari itu kami yakin bahwa strategy 1+4+N dan menyediakan beragam produk AIoT di Indonesia agar menjadi merek AIoT paling cepat bertumbuh di Indonesia. Strategi itu sendiri merupakan satu kesatuan lengkap karena produk AIoT kami dapat diatur dan dikendalikan di smartphone melalui aplikasi realme Link dan dilengkapi dengan aksesoris cerdas nan trendi.

Jadi pasar AIoT di Indonesia sedang bertumbuh dan banyak orang mengandalkan teknologi untuk mendukung keseharian mereka. Seperti yang sudah dikemukakan, pandemi ini telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatannya. Sebagai trendsetter teknologi khususnya merek smartphone, tahun ini diisi dengan AloT, realme memperkenalkan berbagai produk AloT untuk mendukung anak muda yang cerdas, sehat dan trendi dengan kualitas produk terbaik. Kami menggunakan waktu tersingkat untuk mengatur ekosistem produk AIoT kami, dan menjadi merek AIoT dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Tidak hanya itu, AIoT kami juga melejit ke premium dengan peluncuran terbaru realme Buds Air Pro dan realme Watch S. Menawarkan produk yang lebih beragam dalam kategori AIoT juga akan menjadi fokus utama dari strategi AIoT kami di tahun depan.

Bagaimana respon konsumen terhadap perangkat AIoT realme?

Keluarga realme AIoT di seluruh dunia telah meraih 1 juta pengguna pada pertengahan tahun. Ini adalah pencapaian hanya dalam waktu setengah tahun di mana kami telah memperkenalkan produk audio pintar AIoT dan banyak produk smart wearable.

Produk AIoT yang telah rilis di Indonesia selama ini diterima dengan baik oleh para penggemar kami. Sebut saja realme Band yang saat diperkenalkan langsung menjadi Top 2 best seller brand smart wearable pada bulan April di Shopee. Pada 11.11 kemarin, realme Watch S juga berhasil memecahkan rekor sebagai No 1 Best Selling Smart Wearable AIoT di Shopee. realme Buds Air Pro terbaru juga memecahkan rekornya sebagai AIoT Audio Cerdas Terlaris No. 2 di Shopee selama festival belanja online 11.11. Dengan komitmen untuk mempopulerkan produk AIoT dan tren gaya hidup di kalangan anak muda di seluruh dunia, kami telah mempersiapkan dengan baik produk AIoT yang menghadirkan trendsetting teknologi dan trendsetting desain  di tahun 2021.

Baca juga: Review realme Buds Air Pro: TWS Terbaik di Harga Rp1 Jutaan

Perangkat AIoT apa yang paling diminati konsumen Indonesia?

Hingga saat ini produk AIoT berupa smart wearable seperti realme Band dan realme Watch telah diterima dengan baik oleh para penggemar kami. Pasalnya, saat terjadi pandemi seperti ini, pengguna menginginkan perangkat yang bisa memantau kesehatannya. realme Watch S telah dilengkapi dengan SpO2 tracker untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan pelacak detak jantung secara real-time. realme Buds Air Pro kami dibanderol dengan harga 1 jutaan dilengkapi dengan Active Noise Cancellation (ANC) dan mode transparansi yang dapat menghilangkan noise secara signifikan dan saat dibutuhkan pengguna dapat mengaktifkan mode transparansi agar dapat sedikit mendengar suara sekitar.

Pada 11.11 kemarin, realme Watch S juga berhasil memecahkan rekor sebagai No 1 Best Selling Smart Wearable AIoT di Shopee. TWS Pro terbaru dari realme – realme Buds Air Pro juga memecahkan rekornya sebagai No 2 Smart Audio AIoT Terlaris di Shopee selama 11.11 festival belanja online.

Bagaimana strategi realme untuk bersaing dengan vendor lain di Indonesia?

Kami akan berusaha untuk menghadirkan produk dengan trendsetting teknologi dan trendsetting desain dengan kualitas yang dapat diandalkan, itulah yang telah membawa kami ke sini hari ini. Strategi produk kami masih dengan 1+4+N dimana smartphone sebagai pusatnya dan ditemani oleh produk AIoT dari empat kategori dan aksesoris AIoT untuk dilengkapi dengan gaya hidup trendi teknologi anak muda saat ini. Untuk melengkapi gaya hidup trendi berteknologi pintar, semua produk AIoT kami dapat dikontrol melalui smartphone melalui aplikasi realme Link.

Untuk smartphone, kami telah memberikan klasifikasi: mulai dari Seri C, Seri Angka dan Seri X dan Seri narzo yang masing-masing mengusung diferensiasi.

  • C Series dikenal sebagai Entry-Level King, terbaik di baterai besar layar besar
  • Seri Angka yang dikenal sebagai Unggulan untuk Muda, menawarkan spesifikasi kelas unggulan dengan harga terbaik
  • Seri X adalah segmen andalan kami, di mana semua teknologi canggih dan baru dipasang di atasnya
  • Sementara untuk Narzo Series, seri ini berfokus pada spesifikasi game dan hiburan, dan pertama kali tersedia online yang menargetkan konsumen yang lebih muda.

Apa target realme di pasar Indonesia?

Sebagai merek “Dare to Leap”, kami berambisi menjadi merek smartphone Top 3 berkat realme 7 Series kami yang mendapatkan banyak masukan positif dari pengguna. Di sektor AIoT, realme bertujuan untuk menjadi merek AIoT yang paling disukai dengan 30% penjualan dari smartphone. Secara bisnis, realme berencana untuk meresmikan lebih banyak toko resmi realme untuk benar-benar membuat produk smartphone dan AIoT kami dapat dengan mudah dinikmati oleh penggemar di seluruh wilayah Indonesia. Kami cukup yakin untuk potensi pertumbuhan 132% secara global menurut Counterpoint dan pertumbuhan 15% di Indonesia pada Q3 menurut Canalys.

Apakah kebijakan pemerintah Indonesia, sudah cukup mendukung bisnis smartphone dan AIoT realme? (atau malah mempersulit)

Sebagai produsen smartphone yang beroperasi di Indonesia, kami berupaya untuk mendukung dan mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Di setiap negara kami selalu berusaha mengikuti regulasi yang ditetapkan.

Apakah ada saran dari Mr Palson Yi kepada pemerintah Indonesia dalam mengeluarkan kebijakan seputar smartphone? Atau AIoT?

Sebagai merek teratas di pasar ini, realme mengambil kemajuan teknologi komunikasi pelanggan Indonesia sebagai tanggung jawab kami. Dengan teknologi 5G yang matang di dalam perusahaan kami dan beberapa perangkat yang mendukung 5G, realme lebih dari siap untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam memajukan 5G. Kami berharap dapat secara aktif memberikan kontribusi positif bagi industri smartphone dan AIoT secara keseluruhan.

spot_img

Artikel Terbaru