Beranda Apps Jelang Pilkada, WhatsApp Ajak Pengguna Lawan Hoaks

Jelang Pilkada, WhatsApp Ajak Pengguna Lawan Hoaks

-

Jakarta, Selular.ID – WhatsApp meluncurkan kampanye untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mengenali dan mencegah penyebaran disinformasi di Indonesia, terutama menjelang pilkada pada akhir 2020 nanti. Dalam acara bertajuk “Hempaskan Hoaks Semudah ABC: Jari Pintar untuk Negeri”, WhatsApp mengajak masyarakat Indonesia atasi hoaks dengan tiga langkah mudah ABC, meliputi Amati konten pesan, Baca sampai habis, Cek sumber informasi.

Kampanye ini mencakup peluncuran versi terbaru chatbot pengecek fakta hasil kerja sama WhatsApp dengan Mafindo, serta kolaborasi dengan komunitas pemeriksa fakta dan influencer di media sosial untuk menyosialisasikan sekaligus mendorong keterlibatan masyarakat Indonesia melawan disinformasi.

“WhatsApp sangat berkomitmen memberantas isu disinformasi yang marak, inilah sebabnya kami terus-menerus membarui produk kami guna berkontribusi terhadap tantangan sosial ini,” kata Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi WhatsApp APAC, Kamis (19/11).

Pengecekan fakta melalui chatbot Mafindo dikembangkan dengan dukungan finansial dari WhatsApp. Chatbot tersebut juga mudah diakses, dimana pengguna cukup menambahkan nomor chatbot +62-859-2160-0500 ke kontak WhatsApp mereka. Setelah itu, pengguna dapat mengirimkan pesan ke chatbot untuk memeriksa fakta dan mempelajari tips melindungi diri dari hoaks.

Baca juga: Lebih Mudah, WhatsApp Kini Punya Tombol Belanja

“Dengan chatbot ini, kami berharap dapat memberikan cara efisien dan mudah kepada jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia untuk memverifikasi informasi yang mereka terima. Dengan begitu, semua orang bisa berperan dalam menekan disinformasi,” ujar Septiaji Eko Nugroho, Ketua Presidium MAFINDO.

Selain itu, WhatsApp juga melibatkan Cek Fakta Liputan6.com untuk menyosialisasikan langkah-langkah ABC dalam kampanye edukasinya. Komunitas ini beranggotakan sekitar 2.000 pemeriksa fakta dan relawan independen dari seluruh Indonesia.

Agar membuat pesan ini menjadi lebih menarik dan mudah untuk diingat, WhatsApp mengemas tiga langkah mudah ABC dalam bentuk jingle yang seru, diikuti dengan dance challenge hasil koreografi bintang TikTok yang sedang naik daun, Triarona. WhatsApp juga bermitra dengan komedian Abdul Kadir dan tokoh masyarakat Rosianna Silalahi untuk menyebarluaskan pesan penting ini di berbagai platform, termasuk Facebook dan Instagram.

Buyer's Guide

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Oppo Obral Produk Andalan...

Jakarta, Selular.ID - Di penghujung tahun 2020, konsumen bisa memboyong produk Oppo dengan potongan...

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait