BerandaNewsMarket UpdateInduk Usaha Tri Indonesia Raup € 10 Miliar Dari Penjualan Menara 

Induk Usaha Tri Indonesia Raup € 10 Miliar Dari Penjualan Menara 

-

Jakarta, Selular.ID – Raksasa telekomunikasi, CK Hutchison mengungkapkan sedang dalam negosiasi lanjutan dengan perusahaan infrastruktur telekomunikasi Cellnex untuk menjual portofolionya menara selular di Eropa. Sebuah kesepakatan yang akan menghasilkan pendapatan senilai € 10 miliar untuk perusahaan yang berbasis di Hong Kong itu.

Dalam pengajuan peraturan, CK Hutchison yang merupakan induk usaha Tri Indonesia, menyatakan telah mencapai kesepakatan substansial tentang persyaratan komersial utama untuk pembuangan, meskipun menambahkan tidak ada keputusan pasti yang diambil.

CK Hutchison memisahkan aset, yang terdiri dari 29.100 menara di enam negara, menjadi unit terpisah pada Agustus dan mengatakan pada saat itu sedang menjajaki opsi.

Bloomberg pertama kali melaporkan Cellnex yang berbasis di Spanyol sedang dalam pembicaraan dengan CK Hutchison tentang kesepakatan itu pada Oktober lalu, meskipun nilainya tidak diungkapkan pada saat itu.

Jika kesepakatan selesai, CK Hutchison akan mengikuti sejumlah operator yang mengatur penjualan aset menara mereka, sebagai bagian dari langkah untuk meningkatkan modal untuk berinvestasi dalam 5G dan mengurangi hutang.

CK Hutchison menambahkan pihaknya akan mengadakan perjanjian layanan dengan Cellnex untuk menyediakan operator dengan layanan infrastruktur dan untuk mendukung peluncuran jaringan 5G yang dipercepat.

Sebagai perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi, Cellnex telah berinvestasi besar-besaran untuk memperluas jejaknya di Eropa. Perusahaan baru-baru ini mencapai kesepakatan dengan Iliad untuk mengoperasikan 7.000 menara di Polandia, selain perjanjian di Portugal dan Inggris tahun ini. Secara total, telah menyetujui kesepakatan untuk mengelola 73.000 BTS di Eropa.

Pada Juli, Cellnex juga merinci rencana untuk meningkatkan modal sahamnya sebesar € 4 miliar, karena mencari dana baru untuk memperluas portofolionya melalui akuisisi.

Artikel Terbaru