Google Drive Segera Bisa Edit File Office Secara Langsung

Jakarta, Selular.ID – Google melakukan pembaruan, update ini membuat pengguna Google Drive dimudahkan dalam mengedit file office secara langsung.

Sebelumnya, untuk dapat membuka file terkait Microsoft Office seperti dokumen word dan spreadsheet, itu tidak selalu instan. Biasanya dibuka dalam bentuk pratinjau, sebelum pengguna dapat memilih untuk membukanya dengan Google Docs atau Google Sheets.

Dilaporkan Android Headlines, kini perusahaan mengumumkan perubahan pada Google Drive, penguna hanya mengklik dua kali pada file Office akan langsung dapat meluncurkannya dalam mode pengeditan, sehingga memungkinkan pengguna untuk langsung mengeditnya.

Perubahan ini mempercepat membuka dan mulai mengedit dokumen. Pengguna dapat langsung mengedit, berkomentar, dan berkolaborasi pada file Office menggunakan antarmuka Google Doc, Spreadsheet, dan Slide, yang sudah tidak asing lagi dengan perubahan otomatis disimpan ke file dalam format Office yang sudah ada.

Dan pengguna masih dapat melihat file, jika ingin melihat, dengan mengklik kanan dan memilih pratinjau, atau mengklik file sekali dan menekan tombol pada keyboard mereka.

Google mencatat bahwa dalam hal kompatibilitas, ini akan berlaku untuk file dengan ekstensi yang diakhiri dengan .docx, .doc, .ppt, .pptx, .xls, .xlsx, .xlsm. Tetapi mereka juga mencatat bahwa file yang dilindungi kata sandi tidak akan bisa dibuka langsung dalam mode pengeditan.

Perubahan ini dikatakan telah diterapkan, sehingga pengguna dapat langsung menggunakannya, tetapi jika tidak bisa, berikan waktu beberapa minggu hingga aplikasi tersebut akan dikirimkan kepada pengguna secara luas di seluruh dunia.

Sebelumnya, Google menambahkan fitur keamanan baru dalam layanan penyimpanan dokumen, Google Drive.Fitur Layar Privasi baru ini untuk Google Drive di iOS dan iPadOS, berupa Touch ID dan Face ID.

Sistem akan meminta otentikasi Face ID dan Touch ID setiap kali ada orang yang mencoba membuka aplikasi di perangkat.

Baca Juga :Google Drive Dukung Fitur Keamanan Face ID dan Touch ID

Dengan begitu, dokumen kerja penting atau file pribadi yang sensitif akan dijauhkan dari orang asing. Pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan Layar Privasi dengan segera, setelah beralih ke aplikasi lain.

Face ID dan Touch ID akan muncul ketika kembali ke Drive, atau tunda selama 10 detik, satu menit, atau 10 menit agar sewaktu beralih antar aplikasi lain dengan Google Drive tidak mengganggu kinerja sistem keamanan tersebut.