Saturday, October 24, 2020
Home Insight Riset Q3-2020: Pengguna Menghabiskan Banyak Waktu dan Uang di Aplikasi Mobile

Riset Q3-2020: Pengguna Menghabiskan Banyak Waktu dan Uang di Aplikasi Mobile

-

Jakarta, Selular.ID – Selama Juli, Agustus, dan September tahun ini orang-orang di seluruh dunia menghabiskan 180+ miliar jam secara kumulatif menggunakan aplikasi mobile, peningkatan 25% dari tahun ke tahun, menurut data dari App Annie.

Aplikasi yang paling banyak digunakan dimiliki oleh Facebook, termasuk aplikasi Facebook itu sendiri, WhatsApp, Messenger dan Instagram.

Diikuti oleh Amazon, Twitter, Netflix, Spotify dan TikTok. Tip virtual TikTok menjadikannya aplikasi non-game paling menguntungkan kedua.

Pengeluaran dalam aplikasi naik 20% dari tahun ke tahun mencatatkan rekor jumlah $28 miliar. Sebagian besar berasal dari platform Apple, $18 miliar (naik 20% YoY), sementara pengeluaran untuk platform Google mencapai $10 miliar (naik 35%).

Pengguna mengunduh total 33 miliar aplikasi baru di Q3, 25 miliar di antaranya melalui Google Play Store (naik 10% YoY) dan 9 miliar melalui Apple App Store (naik 20%). Perhatikan bahwa ada beberapa pembulatan pada angka-angka tersebut dan mereka mengecualikan toko pihak ketiga.

Menariknya, unduhan dari Play Store cukup seimbang (45% game, 55% aplikasi lain) sementara hanya 30% unduhan perangkat lunak iOS adalah game.

Meski begitu, kategori game sejauh ini paling menguntungkan di kedua platform – game menyumbang 65% dari uang yang dihabiskan di toko Apple dan 80% di Play Store.

Langganan adalah penghasil uang non-game terbesar, terutama dalam kategori Hiburan, yang menampilkan beberapa layanan streaming baru tahun ini.

Latest