Monday, October 26, 2020
Home Apps Permudah Transaksi, Oyo Gandeng E-wallet Ovo dan Gopay

Permudah Transaksi, Oyo Gandeng E-wallet Ovo dan Gopay

-

 Jakarta, Selular.ID – Oyo Indonesia menggandeng Ovo dan Gopay untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi Oyo. Selain mempermudah pembayaran dan proses refund bagi tamu, layanan ini sekaligus memperkuat penerapan protokol kesehatan di ekosistem Oyo melalui digitalisasi, sehingga mengurangi kontak fisik.

“Hadirnya integrasi fitur e-wallet ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para tamu di Indonesia. Sebagai jaringan akomodasi terkemuka yang menggunakan pendekatan teknologi sebagai DNA perusahaan, kami juga secara proaktif berinovasi untuk mendigitalisasi pengalaman menginap para tamu, terlebih di tengah pandemi saat ini. Hadirnya e-wallet ini diharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses refund dan pembayaran, serta mengurangi kontak fisik pada point-of-purchase yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel saat bertransaksi,” jelas Agus Hartono Wijaya, Country Head Oyo Hotels and Home Indonesia, Selasa (6/10).

Layanan e-wallet ini bisa digunakan sebagai metode pembayaran serta pengajuan refund melalui aplikasi Oyo. Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi Oyo, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit, atau e-wallet.

Sementara itu untuk proses refund, tamu akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengajukan proses refund. Kemudian tamu dapat mengakses link yang ada di email tersebut untuk mengisi detail pemesanan seperti booking id, email, dan nomor telepon. Kemudian, tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, Oyo akan segera memproses permintaan tersebut.

Baca juga : RUU PDP Dikebut, Tapi Ruang Pendidikan Berbasis Kurikulum Siber Belum Menjadi Prioritas?

Integrasi sistem pembayaran ini juga turut hadir sebagai inisiatif lanjutan dari Sanitized Stay, komitmen jangka panjang Oyo dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out.

Lebih lanjut, adanya peraturan pembatasan wilayah yang dilakukan pemerintah saat awal masa pandemi berdampak pada peningkatan permintaan pengembalian dana. Meskipun begitu, Selama 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2 persen dari total pelanggan Oyo di Indonesia yang membuat permintaan pengembalian dana, dan saat ini Oyo telah menyelesaikan lebih dari 99.4 persen permintaan pengembalian dana tersebut.

Hal ini berarti hanya terdapat sekitar 0,6 persen pelanggan yang mengalami penundaan pengembalian dana saat ini, dikarenakan Oyo masih menunggu tamu untuk menginput nomor rekening atau e-wallet melalui link yang diberikan.

Adapun beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat seperti email yang tidak lengkap, nomor telepon atau detail rekening bank yang diberikan tidak tepat.

“Prioritas utama Oyo dalam menjalankan bisnis adalah selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset, tamu, dan karyawan kami. Kami berharap bahwa kombinasi fitur pembayaran e-wallet, program sanitize stay serta contactless check-in dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada tamu kami dalam pengalaman menginap mereka di Oyo, terlebih di masa pandemi saat ini,” tutup Agus.

Latest