Monday, October 26, 2020
Home News Iklan Vivo Keciduk Pakai Lagu Tanpa Izin, Intip Detilnya

Iklan Vivo Keciduk Pakai Lagu Tanpa Izin, Intip Detilnya

-

Jakarta, Selular.ID – Kabar buruk harus diterima Vivo Indonesia jelang peluncuran V20 nanti. Salah satu video iklan V20, dilaporkan menggunakan lagu tanpa izin dari sang kreator.

Informasi ini diunggah langsung oleh pelantun lagu Dream Girl, Anna of the North, melalui akun Instagram resminya, Sabtu (26/9). Penyanyi asal Norwegia itu mengutarakan kekesalannya atas penggunaan tanpa izin yang dilakukan oleh Vivo untuk kebutuhan komersil.

Dirinya bahkan secara terbuka menyertakan bagaimana raut wajahnya saat mengetahui peristiwa tersebut.

“Wajah saya ketika seseorang mencuri lagu saya, menggunakannya untuk iklan besar dan mendapatkan banyak bayaran untuk itu bahkan tanpa memberi saya credit,” tulis Anna.

Lebih lanjut, Anna juga mengunggah cuplikan video iklan Vivo V20 Series yang dibintangi oleh Maudy Ayunda dengan lantunan nada lagu ‘Dream Girls’ miliknya. Video pendek berdurasi 1 menit itu sudah tayang sejak 23 September lalu dan telah ditonton sebanyak 9.9 juta kali.

Baca juga: Vivo V20 dan V20 SE Sudah Bisa Dipesan di Tokopedia dan Lazada

Dalam video iklan Vivo V20 Series, memang terdengar lantunan musik ‘Dream Girl’, tetapi dengan lirik yang berbeda. Mengonfirmasi masalah ini, Selular sudah mencoba menghubungi pihak Vivo Indonesia. Namun, sampai berita ini ditulis, belum ada tanggapan apapun.

Dream Girls Sudah Dipakai Iklan iPad Pro

Lantunan musik ‘Dream Girl’ sebenarnya bukan pertama kali digunakan dalam iklan. Menurut pantauan Selular dalam akun Youtube Anna of the North, lagu tersebut juga pernah ada dalam iklan perangkat teknologi, yakni iPad Pro.

Berbeda dengan Vivo yang tanpa izin, Apple secara resmi menyematkan credit pada Anna selaku kreator lagu. Begitu juga Anna, yang menyematkan salinan URL iklan iPad Pro dalam unggahan Dream Grils di Youtube.

Sebagai perbandingan, Vivo tak menyertakan credit musik apapun dalam description box di Youtube. Hanya ada salinan url untuk melakukan pemesanan Vivo V20 Series di sejumlah e-commerce, serta informasi lebih lanjut mengenai perangkat.

Latest