Sunday, September 27, 2020
Home News Google Gulirkan Kids Space yang Ramah Anak

Google Gulirkan Kids Space yang Ramah Anak

-

Jakarta, Selular.ID – Banyaknya anak yang menggunakan tablet tak luput dari perhatian Google. Mesin pencarian raksasa itu baru saja memperkenalkan Kids Space yang dikhususkan bagi anak.

Mode itu hadir khusus tablet Android. Kids Space sendiri merupakan tampilan antarmuka khusus untuk anak-anak yang sengaja hadir di tengah pandemi, mengingat keluarga lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan berbagi tablet pada anak-anak.

Menurut Google, Kids Space dirancang untuk memupuk keingintahuan dan kreativitas anak-anak. Setelah pengguna (anak) memilih minat mereka (dan membangun avatar sendiri), Google akan menyesuaikan konten-konten berkualitas dengan hal tersebut, seperti dilaporkan dari Gizmochina, Selasa (1/9).

Konten-konten itu bisa berupa buku, aplikasi, game, hingga sebuah video. Perlu dicatat, aplikasi dan game tersebut telah disetujui oleh guru dan spesialis pendidikan dan media anak-anak yang dipimpin oleh penasihat dari sekolah Pascasarjana Pendidikan Universitas Havard dan Universitas Georgetown.

Baca juga: Panggilan Google Meet Bisa Terhubung Melalui TV

Bahkan, Google secara khusus telah bermitra dengan sebuah penerbit eksklusif dalam menyediakan 400 buku secara gratis di AS.

Lebih lanjut, Kids Space memiliki 5 tab yang meliputi tab beranda pada ikon bawah layar. Ini berguna untuk memudahkan anak-anak beralih antar aplikasi. Tersedia juga tab ‘Play’ yang berisi game dan aplikasi yang telah direkomendasi Google.

Selanjutnya, tab ‘Read’ dan ‘Watch’ yang menawarkan tayangan kreatif dari Youtube. Anak juga bisa berimajinasi dengan videonya sendir melalui tab ‘create’.

Jika pengguna ingin menambahkan aplikasi di luar dari rekomendasi, harus beralih ke mode orang tua. Dalam hal ini, dapat menggunakan aplikasi Family link untuk menyetel kontrol orang tua.

Saat ini, Kids Space hanya tersedia untuk 2 tablet, yakni Lenovo tab HD M10 (Gen-2), dan Lenovo SmartTab M10 HD (Gen-2). Meski begitu, Google mengatakan sistem antarmuka ini siap digulirkan di lebih banyak tablet Android.

Latest